EFEKTIFITAS PENGGUNAAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI CIRI-CIRI MAKHLUK HIDUP DI MARDASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) MONTASIK KABUPATEN ACEH BESAR

Nursalmi Mahdi, Yusrizal Yusrizal

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji aktivitas dan hasil belajar siswa pada materi pembelajaran Ciri-ciri Makhluk Hidup dengan menggunakan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL). Penelitian ini didisain dengan menggunakan metode Pre-Experiment dengan The Static-Group Comparison. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN Montasik Kabupaten Aceh Besar pada kelas VII-2 (kelas eksperimen) dan VII-3 (kelas kontrol) yang dipilih secara random dengan melibatkan 54 siswa.Data penelitian diperoleh dengan instrumen Lembar Observasi Aktivitas Siswa (LOAS) dan Test. Aktivitas siswa meliputi membaca dan menulis, mengerjakan LKS, mengajukan pertanyaan, diskusi kelompok, menanggapi hasil kerja kelompok lain, mempresentasikan, menyimpulkan dan membuat laporan hasil observasi. Analisis data dilakukan secara kualitatif (aktivitas siswa) dan kuantitatif (hasil belajar). Hasil analisis data diketahui bahwa penggunaan pendekatakan Contextual Teaching and Learning (CTL) pada materi Ciri-ciri Makhluk Hidup berpengaruh terhadap aktivitas dan hasil belajar siswa. Hal ini terbukti bahwa nilai rata-rata aktivitas belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi (4,09) daripada kelas control (3,32), dan hasil pengujian hipotesis tentang hasil belajar siswa (post-test) diperoleh t-hitung (6,157) lebih besar dari t-table (2,007), sehingga Ho ditolah dan Ha diterima.Artinya aktivitas dan hasil belajar siswa dengan pendekatan CTL lebih baik daripada siswa yang tidak menggunakan pendekatan CTL.

Full Text:

PDF

References


Hendra Agus, “Aplikasi Pembelajaran dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Biologi pada Pokok Bahasan Organ Tumbuhan,†Skripsi, (online) http://biologi. fkip.uns.ac.Id/wp-content/uploads/2 merupakan inti kontruktivisme 011/05/27.pdf diakses 21 Januari 2012.

Ibnu Setiawan, CTL: Menjadikan Kegiatan Belajar Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna, Bandung: Kaifa,2011.

Nurhadi, Pembelajaran Kontekstual dan Penerapannya dalam KBK, Malang: Universitas Negeri Malang, 2003.

Sukardi, Metodologi Penelitian Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2003.

Sumadi Suryabrata, Metodologi Penelitian, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1998.

Trianto, Mendesain Model Pembelajaran InovatifProgresif, Jakarta: Kencana, 2009.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v3i1.2715

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0