PENINGKATAN KETERAMPILAN MEMECAHKAN MASALAH MATERI PENCEMARAN LINGKUNGAN MELALUI PROJECT BASED LEARNING PADA SISWA MAN MODEL BANDA ACEH

Fatemah Rosma

Abstract


Telah dilakukan penelitian tentang Upaya Peningkatan Keterampilan Memecahkan Masalah pada Materi Pencemaran Lingkungan Melalui pembelajaran berbasis proyek pada bulan Mei 2014 di MAN Model Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan keterampilan memecahkan masalah siswa sebelum dan sesudah diajarkan dengan model pembelajaran berbasis proyek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen dengan one group pretest posttes design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 240 siswa, sampelnya dipilih secara acak yaitu kelas X4 sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan adalah soal tes uraian untuk keterampilan memecahkan masalah. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes kemampuan awal (pretes) dan tes kemampuan akhir (postes). Data di analisis dengan menggunakan pair sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan keterampilan memecahkan masalah (N-gain) adalah 66,37 dengan kategori sedang dan nilaithitung 18,89>ttabel 2,045 pada taraf signifikan 0,05. Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis proyek berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan keterampilan memecahkan masalah siswa pada materi pencemaran lingkungan di MAN Model Banda Aceh.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta: Jakarta.

Karina, dkk. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Proyek terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kecerdasan Emosional Siswa SMP. Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha. 4 (1).

Miswanto., 2011. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Materi Program Linier Siswa Kelas X SMK Negeri 1 Singosari. Jurnal Penelitian dan Pemikiran Pendidikan.1 (1) 60-68.

Nurhayati, Lilik. 2010. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas VIII E MTsN Banyuwangi Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2009/2010, Tersedia pada http://www.fkip.untag-banyuwangi.ac.id/. Diakses pada tanggal9 Oktober 2014.

Rais. 2010. Project Based Learning: Inovasi Pembelajaran yang Berorientasi Soft Skills. Tersedia pada http://digilib.unm.ac.id/files/ universitas negeri makassar-digilib.pdf. diakses pada tanggal 11 oktober 2014.

Sutirman. 2013. Media dan Model-Model Pembelajaran Inovatif. Graha Ilmu: Yogyakarta.

Stevani, E.P. 2006. Pembelajaran Berbasis Proyek sebagai Upaya Mengembangkan Habit of Mind Studi Kasus di SMP Nasional KPS Balikpapan. Jurnal Pendidikan Inovatif.1(2).

Takwim, B., 2014. Mengajar Anak Berfikir Kritis. Tersedia pada www.kompas.com /kesehatan/news/1405/05/093521.htm. diakses pada tanggal 26 november 2014.

Wena, M. 2012. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Bumi Aksara: Jakarta.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v3i1.2736

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v3i1.2736.g1993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0