TANGGAPAN SISWA TERHADAP PROSES PEMBELAJARAN DENGAN PEMANFAATAN LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATERI CIRI MAKHLUK HIDUP DI SMPN 2 LHOONG ACEH BESAR

Nurhidayat Nurhidayat

Abstract


Pembelajaran biologi khususnya pada materi ciri-ciri makhluk hidup yang berlangsung selama ini lebih menitikberatkan pada implementasi gambar yang ada di buku paket dan belum pernah menggunakan media langsung, sehingga menimbulkan kebosanan bagi siswa dalam belajar. Oleh karena itu, peneliti ingin memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah sebagai media pembelajaran, karena dapat melatih siswa untuk lebih aktif dan berfikir kritis dalam menghubungkan apa yang diperoleh di kelas dengan objek nyata yang ada di lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat respon siswa terhadap pembelajaran dengan pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah sebagai media pembelajaran pada materi ciri-ciri makhluk hidup di kelas VII SMPN 2 Lhoong Aceh Besar. Adapun metodelogi penelitian yang digunakan adalah kuasi-eksperimen dengan sampel penelitian kelas VII yang berjumlah 21 siswa. Pengumpulan data dengan menggunakan lembar tanggapan siswa. Analisis data hasil lembar tanggapan siswa dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan lingkungan sekitar sekolah memiliki respon yang sangat positif terhadap pembelajaran dengan persentase rata-rata 80,94%.

Full Text:

PDF

References


Ali, Muhammad. 1985. Penelitian Kependidikan Proses Dan Strategi, Bandung: Angkasa.

Arikunto, Suharsimi. 1989. Jurnal Metodologi Penelitian (online) http://digilib.unnes.ac.id/ gsdl/collect/skripsi/archives/HASH9e4e.dir/doc.pdf, diakses 18 juni 2012.

Suharsimi Arikunto, 2006. Prosedur Penelitian, Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta: Rajawali Pers.

Rustaman, 1997. Pokok-pokok Pengajaran Biologi dan Kurikulum, Jakarta: Depdikbud.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v3i1.2737

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0