PEMANFAATAN MEDIA INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMA PADA MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI
Abstract
Media pembelajaran yang monoton dan kurang interaktif menyebabkan hasil belajar yang belum optimal pada siswa di MAT Daarut Tahfizh Al-Ikhlas, terutama pada mata pelajaran yang membutuhkan interaksi langsung dan pemahaman yang mendalam. Media interaktif dipilih sebagai altenatif untuk meningkatkan hasil belajar siswa dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk melihat pemanfaatan media interaktif dalam meningkatkan hasil belajar siswa SMA pada materi keanekaragaman hayati. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan desain pretest-posttest. Subjek penelitian adalah siswa kelas X1 di MAT Daarut Tahfizh Al-Ikhlas. Data dikumpulkan melalui tes untuk mengukur hasil belajar sebelum dan setelah pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media interaktif dapat meningkatkan hasil belajar siswa dilihat melalui nilai rata-rata pre-test sebesar 34 dan post-test 82,44. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media interaktif dapat menjadi altenatif yang efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi keanekaragman hayati.
Kata kunci: Media Pembelajaran, Media Interaktif, Hasil Belajar, Keanekaragaman Hayati
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, A., Lidwina, C. M., Ruth, M., Catur, F. D., & Hanida, L. (2024). Media Pembelajaran Interaktif. Jambi: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Annisa, M., Hadiyah, P., Nadia., Nur, K. T., & Embun, S. U. (2023). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(22), 99. https://jurnal.peneliti.net/index.php/JIWP
Ansyari, B. M. H. (2018). “Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Se-Kota Stabat”. Jurnal Bioloxus, 1(2), 111. http://dx.doi.org/10.30821/biolokus.v1i2.351
Dwi, A. A. (2020). Mengajarkan Sains dengan Permainan. Bandung: Tata Akbar.
Eka, W., Intan, A. P., & Yoni, N. (2022). Multimedia Interaktif Sebagai Altenatif Media Pembelajaran Berbasis Teknologi. Jurnal Tonggak Pendidikan Dasar, 1(2), 112. https://online-journal.unja.ac.id/jtpd/about
Joko, S., & Duta, C. A. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII SMP Al-Azhar 3 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2021/2022. Jurnal Ilmiah Kependidikan, 15(1), 246. https://doi.org/10.52217/lentera.v15i1.775
M. Andi, S. (2017). Belajar Dan Pembelajaran. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.
Rudy, S., Hisbiyatul, H. (2018). Media Pembelajaran. Jawa Timur: CV. Pustaka Abadi.
Rustaman, N. (2001). Ilmu dan Aplikasi Pendidikan. Bandung: Imperial Bhakti Utama.
Sugiono. (2007). Statistik Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Vika, F. U. (2023). Guru dalam Hubungannya dengan Proses Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Islam, 15(1), 100. https://doi.org/10.62490/latahzan.vl5il.383
Widiasih, R., Widodo, J., & Kartini, T. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Bervariasi Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomi Siswa Kelas Xi Ips Sma Negeri Dua Jember Tahun Pelajaran 2016/2017. Jurnal Pendidikan Ekonomi:Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, Ilmu Ekonomi dan Ilmu Sosial, 11(2), 103. https://doi.org/10.19184/jpe.vlli2.6454
Wina, S. (2010). Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana.
Wulandari, W., Azmi, S., Kurniati, N., & Hikmah, N. (2021). Pengaruh Motivasi Berprestasi dan Persepsi Siswa Tentang Cara Guru Mengajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 1(3), 455-466. https://doi.org/10.29303/griya.vli3.86
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v12i1.28524
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v12i1.28524.g10328
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN : 2828-1675
Email : official.semnasbiotik@gmail.com
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY-SA 4.0