ANALISIS MINAT BELAJAR SISWA BERBASIS APLIKASI PLICKERS PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA

Cut Ratna Dewi, Wittria Elvita

Abstract


Penilaian formatif dilaksanakan selama proses pembelajaran berlangsung dan digunakan sebagai dasar untuk meningkatkan proses belajar mengajar. Namun, dalam kenyataannya masih terdapat siswa yang kurang berminat dalam proses penilaian formatif karena kurangnya variasi media penilaian yang berbasis teknologi, sehingga berdampak pada minat siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan minat siswa melalui penilaian formatif berbasis aplikasi Plickers. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan One Group Pretest-Postest Design dengan melibatkan 30 siswa yang mengikuti penilaian berbasis aplikasi Plickers. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket minat belajar. Hasil data dianalisis menggunakan analisis deskriptif dan uji hipotesis yaitu uji paired sampel T-test dengan menggunakan program SPSS 23.0. Data hasil penelitian di dapatkan Minat belajar sebelum dan setelah penggunaan aplikasi Plickers berada pada kategori sedang menjadi kategori tinggi. Hasil uji hipotesis dengan uji sample paired t test menggunakan aplikasi SPSS adalah sig. (2- tailed) < 0,05 atau 0,000 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penilaian formatif berbasis aplikasi Plickers dapat meningkatkan minat belajar siswa pada materi Sistem Ekskresi Manusia di MTsN 3 Banda Aceh.

Kata kunci: Penilaian Formatif, Aplikasi Plickers, Minat Belajar Siswa


Full Text:

PDF

References


Sriyanti, Ika. 2019. Evaluasi Pembelajaran Matematika. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia.

Makkonen, Reino dan Karina Jaquet. The Association between Teachers’ Use of Formative Assessment Practices and Students’ Use of Self-Regulated Learning Strategies. November 2020. Diakses pada tanggal 6 juni 2023 dari situs https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED609117.

Elmahdi, Ismail. 2018. “Using Technology for Formative Assessment to Improve Students’ Learning” TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, Vol. 17 issue 2.

Slameto. 2015. Belajar Dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya, Jakarta: Rineka Cipta, 2015.

Ormrod J.E. 2018. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Erlangga.

Parnawi, Afi. 2019. Psikologi Belajar. Yogyakarta: Deepublish.

Sihwidi, Joko. 2018. Menilai Hasil Belajar Cepat, Tepat Dan Akurat Dengan Plickers Zipgrade. Yogyakarta: Deepublish.

Shana, Zuhrieh A. 2020. “Using Plickers in Formative Assessment to Augment Student Learning”. International Journal of Mobile and Blended Learning. Vol.12. No.2. DOI: 10.4018/IJMBL.2020040104

Kent, David Bradley. 2019. “Plickers and The Pedagogikal Practicality of Fast Formative Assessment”, Teaching English with Technology. Vol.19. No.3

Pratama, Krisna Raditya. 2019. “Persepsi Siswa Terhadap Penggunaan Plickers dalam Penilaian Hasil Belajar Kimia di Era Digital”, Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan Vol.17, No.3.

Adiningrum, Rachmadhani dan Dewi Nilam Tyas. 2023. “Needs Analysis A Development Usage Guide for The Plickers Application As Support Assessment Of Elementary School Learning Outcomes”. Cendekiawan. Vol.5. No.2.

Setiyani, Meita Sari dan Meini Sondang Sumbawati. 2020. “Penerapan Model Kooperatif Tipe Group Investigation Menggunakan Media Plickers Untuk meningkatkan Critical Thinking Skill dan Hasil Belajar Siswa”. Jurnal IT-EDU. Vol.4. No.2.

Rui, Tan Cheng dan Zaidatun Tasir. 2022. “Kesan Penggunaan Aplikasi Plickers dalam Pembelajaran Topik Imbuhan Berasaskan Gamifikasi Terhadap Pelajar Tahun Tiga”. Malaysian Journal of Social Sciences and Humanities. Vol.7. No.3.

Saragi, Ordina, dkk. 2024. “Evektivitas Penggunaan Media Video Pembelajaran Berbantuan Plickers dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial”. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Vol.7. No.3.

Yuliani, Nani, dkk. 2020. “Penilaian Formatif menggunakan Teknologi Pada Materi Pengawetan Bahan Pangan”. Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan. Vol.13. No.2.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v12i1.28601

DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v12i1.28601.g10338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0