IDENTIFIKASI Lichenes DI BRAYEUN KECAMATAN LEUPUNG KABUPATEN ACEH BESAR

Safiratul Fithri, Zuraidah Zuraidah, Eriawati Eriawati

Abstract


Lichenes merupakan tumbuhan yang bersimbiosis antara fungi dan alga. Lichenes memiliki habitat hidup di pepohonan, bebatuan, tanah, atau permukaan artifisial lainnya. Lichenes memang sudah sering dibahas, namun referensi mengenai Lichenes sangat minim, sehingga perlu dilakukan penelitian lebih lanjut mengenai Lichenes untuk menambah biodiversitas Lichenes. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui jenis-jenis Lichenes di Brayeun Aceh Besar dan untuk mengetahui manfaat hasil penelitian Lichenes di Brayeun Aceh Besar sebagai referensi matakuliah yang berhubungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kombinasi Line transek dan Petak kuadrat dengan pengambilan sampel secara Purposive sampling. Analisis data secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ditemukan sebanyak 1545 individu Lichenes yang termasuk di dalamnya 24 spesies dari 15 Familia. Hasil penelitian ini dimanfaatkan dalam bentuk buku saku, poster, dan herbarium.


Full Text:

PDF

References


Andi handoko, 2015, Keanekaragaman Lumut Kerak sebagai Bioindikator Kualitas Udara di Kawasan Asrama Internasional IPB, Artikel Oktober.

Campbell , 2012, Biologi Jilid 2 Edisi Kedelapan, Erlangga: Jakarta

.Efri roziaty, 2016, Kajian Lichen: Morfologi, Habitat Dan Bioindikator Kualitas Udara Ambien Akibat Polusi Kendaraan Bermotor Jurnal Bioeksperimen, Vol.2 No.1.

Efry roziati, 2016, Identifikasi Lumut Kerak (Lichen) Di Area Kampus Universitas Muhammadiyah Surakarta, Proceeding Biology Education Conference (ISSN: 2528-5742), Vol 13(1).

Ernilasari, 2014, Keanekaragaman Jenis Lichenes di Gle Jaba Kecamatan Lhoong Aceh Besar, (Skripsi).

Faisolhezim, 2014, Tingkat kepekaan Lichenes terhadap Kepekaan Polutan Udara, UNAIR.

Ferainti Fachrul, 2007, Metode Sampling Bioekologi, Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hasanuddin, 2014, Botani Tumbuhan Rendah, Banda Aceh : UIN Ar- Raniry.

Jonh A.Elix, Pyxine 2001, (Sharnoff & S.Sharnoff, Lichens of North America), Article.

Murningsih, 2016, Jenis –Jenis Lichens Di Kampus UNDIP Semarang, jurnal Bioma, Vol. 18, No.1.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v6i1.4248

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0