KARAKTERISTIK JAMUR MAKROSKOPIS DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT KECAMATAN MEUREUBO ACEH BARAT

Khairini Rahma, Nursalmi Mahdi, Muslich Hidayat

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik dan jenis jamur makroskopis yang terdapat di Perkebunan Kelapa Sawit Kecamatan Meureubo Aceh Barat pada habitat Pelepah Sawit. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah jelajah (Survey eksploratif). Luas lokasi penelitian adalah 6 Ha, pengambilan data dilakukan dengan melakukan penjelajahan pada seluruh kawasan perkebunan kelapa sawit yang diteliti, dan selanjutnya mengambil sampel jamur yang ditemukan pada saat penjelajahan. Analisis data dilakukan secara analisis deskriptif. Hasil penelitian diperoleh 13 spesies jamur yang tergolong dalam 7 famili: Dacrymycetaceae, Agaricaceae, Marasmiaceae, Bondarzewiaceae, Pleurotaceae, Polyporaceae, dan Inocybaceae. Jenis yang tergolong famili Dacrymycetaceae: Dacryopinax spathularia. Jenis yang tergolong famili Agaricaceae: Schizophyllum commune dan Schizophyllum sp. Jenis yang tergolong famili Marasmiaceae:  Marasmius marasoniellas. Jenis yang tergolong famili Bondarzewiaceae: Heterobasidion annosum. Jenis yang tergolong famili Pleurotaceae: Pleurotus pulmonarius dan Pleurotus ostreatus. Jenis yang tergolong famili Polyporaceae: Pycnoporus coccineus, Polyporus sanguineus, Trametes elegans, Microporus sp, dan Polyporus tuberaster. Jenis yang tergolong famili Inocybaceae: Crepidotus sp.


Full Text:

PDF

References


Achmad, dkk., 2011, Panduan Lengkap Jamur,Jakarta: Penebar Swadaya.

Agus Eko Wahyudi, dkk., 2012, “Inventarisasi Jamur Makroskopis di Hutan Rawa Gambut Desa Teluk Bakung Kecamatan Sungai Ambawang Kabupaten Kubu Raya”, Jurnal Protobiont, Vol. 1, No. 1.

Aida Muspiah, dkk., 2016, “Keragaman Ganodermataceae dari Beberapa Kawasan Hutan Pulau Lombok”, jurnal Ilmiah Ilmu Biologi, Vol. 2, No. 1.

Asmawati Munir, 2015, “Identifikasi Jamur Basidiomycetes Di Hutan Kampus Baru Universitas Haluoleo”, Jurnal Gema Pendidikan”, Vol. 22, No. 2.

Cherly Grgurinovic, 2003, Genus Mycena in Shout-eastern Australia, Australia: Fungal Diversity Press.

Efrida Br Sinurat, dkk., 2016 “Jenis-jenis Basidiomycota di Area Air Terjun Curug Embun Kota Pagaralam dan Sumbanganya Pada Pelajaran Biologi di SMA”, Jurnal Pembelajaran Biologi” Vol. 3, No. 1.

Elis Tambaru, dkk., 2016 “Jenis-jenis Jamur Basidiomycetes Familia Polyporaceae Di Hutan Pendidikan Universitas Hasanuddin Bengo-bengo Kecamatan Cenrana Kabupaten Maros”, Jurnal Biologi Makasasar (Bioma),”, Vol. 1. No. 1.

Hasanuddin, 2014, “Jenis Jamur Kayu Makroskopis Sebagai Media Pembelajaran Biologi (Studi di TNGL Blangjerango Kabupaten Gayo Lues)”, Jurnal Biotik, Vol. 2, No. 1.

Hasanuddin, dkk., 2014, Botani Tumbuhan Rendah, Banda Aceh: Ar Raniry Press.

Hengky Isnawan Hendrianto, 2010, Jamur Konsumsi Berkasiat Obat, Yogyakarta: Lily Publisher.

International Mycological Association (IMA), diakses tanggal 20 Desember 2017, dari situs: http://www.mycobank.org/BioloMICS.aspx.

Ita Maya Sari, 2015 “Jenis-jenis Jamur Basidiomycetes di Hutan Bukit Beluan Keamatan Hulu Gurung Kabupaten Kapuas Hulu”, Jurnal Protobiont’, Vol. 4, No. 1.

Lisa Oktaviani, dkk., 2017, “Analisis Pendapatan dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Petani Kecamatan Meureubo Kabupaten Aceh Barat”, Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pertanian Unsyiah, Vol. 2, No. 1.

Lisna Khayati, dkk., 2016, “Keanekaragaman Jamur Kelas Basidiomycetes di Kawasan Lindung KPHP Sorong Selatan”, Jurnal ISSN, Vol. 1, No. 1.

Meitini Proborini, 2012, “Eksplorasi dan Identifikasi Jenis-Jenis Jamur Kelas Basidiomycetes di Kawasan Bukit Jimbaran Bali”, Jurnal Biologi, Vol. 14, No. 2.

Nita Etikawati dan Shanti Listyawati, 1999, “Pertumbuhan Coriolus versicolor dan Schizophyllum commune Pada Media Yang Mengandung Oleum Caryophylli”, Jurnal BioSMART”, Vol. 1, No. 1.

Nur Alam,dkk., 2005, “Keragaman Jamur Basidiomycetes Makroskopis Di Kawasan Hutan Pendidikan Universitas Hasanuddin Bengo-bengo Kecamatan Cerana Kabupaten Maros”, Jurnal Alam dan Lingkungan”, Vol. 1, No. 1.

Odum, E. P., 1992, Dasar-Dasar Ekologi, Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Santa Dewi Bornok Mariana Tampubolon, 2010, ” Keanekaragaman Ajmur Makroskopis di Hutan Pendidikan Universitas Sumatera Utara Desa Tongkoh Kabupaten Karo Sumatera Utara”, Jurnal Ilmiah, Vol. 1, No. 2.

Sri Heriza, dkk., 2016, “Keanekaragaman Arthropoda Pada Perkebunan Kelapa Sawit Rakyat di Kabupaten Darmasraya, Sumatera Barat”, Jurnal BIODIVERSITAS Indonesia, Vol.2, No.

Sulastri, dkk., 2015, Identifikasi Jenis-jenis Jamur (Fungi) Di Perkebunan PT Bina Sains Cemerlang Kabupaten Musi Rawas”, Jurnal Biologi, Vol.1 No. 2.

Suyatno Risza, 1994, Kelapa Sawit Upaya Peningkatan Produktivitas, Yogyakarta: Kanisius.

Tri Roh Wahyudi, dkk., 2016, “Keanekaragaman Jamur Basidiomycota di Hutan Tropis Daratan Rendah Sumatera Indonesia (Studi Kasus di Arboretum Fakultas Kehutanan Universitas Lancang Kuning Pekanbaru), Jurnal Kehutanan, Vol. 11, No. 2.

Welly Darwis, dkk., 2011, “Inventarisasi Jamur yang Dapat di Konsumsi dan Beracun yang Terdapat di Hutan dan Sekitar Desa Tanjung Kemuning Kaur Bengkulu”, Jurnal Ilmiah, Vol. 07, No. 02.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v6i1.4252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0