KEANEKARAGAMAN JENIS BURUNG DI KAWASAN DEUDAP PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR

Dian Fentiany, Nina Asarmuna, Raudhatul Isma Anis, Rizky Ahadi

Abstract


Kawasan Deudap Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar merupakan habitat hidup bagi beranekaragam burung, sehingga perlu dijaga kelestariannya. Kehadiran burung merupakan suatu bioindikator, salah satunya untuk mengetahui kualitas suatu lingkungan. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui keanekaragaman jenis burung di Kawasan Deudap Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini dilakukan pada bulan April 2017 dengan menggunakan metode survey eksploratif. Pengumpulan data penelitian menggunakan titik hitung (IPA) dan Line Transect. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 43 spesies burung, yang terdiri dari 25 famili. Jumlah burung yang paling banyak terdapat pada famili Ploceidae dengan jumlah 102 individu sedangkan yang paling sedikit terdapat pada famili Muscicapidae dengan jumlah 6 individu. Nilai indeks keanekaragaman jenis burung di kawasan Deudap Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar tergolong tinggi dengan Ĥ= 3,704.


Full Text:

PDF

References


Anonym. 2011. Spesies burung, Bandung: Alfabeta.

Darmawan, M., P. 2006. Keanekaragaman Jenis Burung Pada Beberapa Habitat Di Hutan Lindung Gunung Lumut Kalimantan Timur. Bogor: Fakultas Kehutanan Institut Pertanian Bogor.

Deswati, Furgonita. 2007. Biologi Interaktif, Jakarta: Azka Press.

Fachruddin M. Mangunjaya. 2005. Konservasi Alam dalam Islam, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Muhammad rohyan, dkk. 2014. Keanekaragam Jenis Burung Dihutan Pinus dan Hutan Campuran Muarasipongi Kabupaten Mandaling Natal Sumatra Utara, Jurnal Syilvia Lestari, Vol 2, No 2, 2014.

Nurhayati, Nunung. 2009. Biologi bilingual. Bandung: Yrama widya, 2009.

Rosana. 2007. Atlas binatang, Aves dan inertebrata, Solo: Tiga serangkai.

Sinauer Associates Inc. 2007. Biologi Konservasi, Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v6i1.4263

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0