INDEKS KEANEKARAGAMAN ECHINODERMATA DI PERAIRAN PANTAI DESA DEUDAP PULO ACEH ACEH BESAR

Syafrijal Syafrijal, Nurul Mukarramah, Rizky Ahadi

Abstract


Desa Deudap merupakan salah satu desa yang terdapat di Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar yang memiliki biota perairan yang sangat beragam. Salah satu biota perairan yang terdapat di kawasan ini yaitu Echinodermata. Tujuan penelitian ini  untuk mengetahui indeks keanekaragaman Echinodermata yang terdapat di perairan pantai Desa Deudap Kecamatan Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar. Penelitian dilakukan pada bulan April 2017 dengan metode survey eksploratif. Teknik pengambilan data dilakukan dengan metode destruktif sampling dan non destruktif sampling. Daata dianalisis dengn menggunakan rumus indeks keanekaragaman (H’). Berdasarkan hasil pengamatan diperoleh 9 spesies dari 6 famili Echinodermata yaitu Ophiuroide brevispinum, Holothuroidea scabra, Holothuria edulis, Ophiocomina nigra, Ophiothrix fragilis, Cucumaria fromdosa, Thyone briareus Ophiuderma brevispinum, dan Linckia laevigata, dengan indeks keanekaragaman Echinodermata di perairan pantai Desa Deudap Kecamatan Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar tergolong sedang, dengan nilai H’ = 1,88626346.


Full Text:

PDF

References


Aziz, A. 1991. Beberapa Catatan Tentang Bintang Mengular (Ophiuroidea) Sebagai Biota Bentik. Oseana. XVI (1): 13-22.

Brower JE, and Zar JH. 1977. Field and laboratory methods for general ecology. WM. J. Brown Company Publ, Iowa. p.288.

Dahuri, Rokhmin. 2003. Keanekaragaman Ha-yati Laut. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Fachrul, Ferianita Melati. 2006. Metode Sam-pling Bioekologi. Jakarta: Bumi Aksara.

Katili, A.S. 2011. Struktur komunitas Echinodermata pada zona intertidal di Gorontalo. Jurnal Penelitian dan Pendidikan, 8(1): 51-61.

Supono dan Arbi, U.Y. 2010. Struktur Komunitas Ekhinodermata Di Padang Lamun Perairan Kema, Sulawesi Utara




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v6i1.4276

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0