PENGARUH PENGGUNAAN METODE PEMBELAJARAN CREATIVE LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA KONSEP SISTEM EKRESI MANUISA DI SMA NEGERI 2 BEUTONG KABUPATEN NAGAN RAYA
Abstract
Penelitian ini tentang “Pengaruh Penggunaan Metode Pembelajaran Creative Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Konsep Sistem Ekresi Manuisa Di Sma Negeri 2 Beutong Kabupaten Nagan Raya”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode pembelajaran creative learning terhadap hasil belajar siswa pada konsep system ekresi manusia di sma negeri 2 beutong kabupaten nagan raya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen. Adapun teknik pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretes dan posttes. Teknik analisi data dengan menggunakan uji statistic berupa uji t independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan hasil belajar siswa dengan penerapan etode pembelajaran creative learning dengan pembelajaran konvensional, perbedaan tersebut dapat terlihat dari hasil analisis data yang diperoleh yaitu t hitung ≥ t table dengan nilai 6.092 > 2.024 pada taraf signifikan 0. 05 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh penerapan metode pembelajaran creative learning terhadap hasil belajar siswa yang dapat dilihat dari perbedaan nilai rata-rata kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2006), hal. 228.
Budiningsih, Asri.2005. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudiarto, 2007, Peranan Penting Guru dalam PBM, Bandung: Bumi Aksara.
Suryabata, Metodelogi Penelitian, (Jakarta: Rineka Putra, 2004), hal. 124.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v6i1.4331
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v6i1.4331.g2867
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN : 2828-1675
Email : official.semnasbiotik@gmail.com
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY-SA 4.0