Analisis Vegetasi Tumbuhan Strata Pohon Di Kawasan Pantai Nipah Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar

Ainul Maghfirah, Afri Aini, Agustinawati Agustinawati, Mulyadi Mulyadi, Fakhri Fakhri

Abstract


Penelitian tentang Analisis vegetasi Tumbuhan dengan metode Kuadrat pada strata pohon di kawasan pantai Nipah di pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar telah di lakukan pada hari kamis tanggal 02 Mei 2019. Penelitian ini di lakukan dengan tujuan untuk mengetahui vegetasi tumbuhan strata pohon yang ada di kawasan Pantai Nipah Pulo Aceh Kabupatn Aceh besar. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi secara langsung dan menggunakan metode kuadran dengan menggunakan petak contoh berbentuk persegi empat. Ukuran petak contoh yng digunakan untuk tumbuhan strata pohon adalah 10x10 m2 dengan 12 plot pengambilan sampel. Hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa vegetasi tumbuhan strata pohon di kawasan Pantai Nipah adalah 15 spesies tumbuhan strata pohon dari 12 famili. Tumbuhan strata pohon yang paling banyak di jumpai adalah pohon Ficus pumnila.


Full Text:

PDF

References


Kusmana. 1997. Ekologi dan Sumberdaya Ekosistem Mangrove. Bogor: Jurusan Manajemen Hutan Fakultas Kehutanan IPB.

Mariadi. Dkk. 2015. “Analisis Struktur Vegetasi di Kecamatan Ampel Kabupaten Boyolali”. Jurnal Bioedukasi. Vol.8. No.1.

Muslich hidayat. (2017). “Analisis Vegetasi Dan Keanekaragam Tumbuhan di Kawasan Manifestasi Geotermal Ie Suum Kecamatan Mesjid Raya Kabupaten Aceh Besar”. Jurnal Biotik. Vol.5. No.2.

Soegianto A. 1994. Ekologi Kuantitatif: Metode Analisis populasi dan komunitas. Surabaya: Usaha Nasional.

Sucipto. Dkk. 2008. Teori dan Praktik Ekologi. Surabaya : University Press.

Setiadi, dkk. 2006. “Analisis Vegetasi Hulu DAS Cianjur Taman Nasional Gunung Gede- Pangrango”. Jurnal Biodiversitas . Vol.7. No.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v8i1.9417

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0