LAJU SERAPAN AIR DI KAWASAN PESISIR GLEE NIPAH, PULO ACEH KABUPATEN ACEH BESAR

Karmila Karmila, Khairunnissa Khairunnissa, Khairun Nisak, Khairun Nispa

Abstract


Kawasan Glee Nipah merupakan salah satu kawasan pesisir pantai yang terdapat di Pulo Aceh yang terletak di Kabupaten Aceh Besar, Provinsi Aceh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui laju infiltrasi serta sifat fisik tanahnya di Kawasan pesisir Glee Nipah Pulo Aceh, Kabupaten Aceh Besar. Pengukuran laju Infiltrasi dilakukan dengan menggunakan metode penelitian lapangan yaitu dengan menggunakan Mono Ring Infiltrometer dengan beberapa kali pengulangan pada 6 titik yang berbeda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa laju infiltrasi tertinggi terdapat pada titik 2,3, 4, 5 dan 6. Sedangkan laju infiltrasi terendah terdapat pada titik 1. Pengamatan dengan 6 titik pengukuran memiliki perbedaan penurunan air pada setiap waktu berjalan. Pada titik ke-1 pada waktu 5 menit laju infiltrasi sebesar  24 cm/jam, ketika sudah berjalan menuju 10 menit laju infiltrasinya 12 cm/jam dan seterusnya mengalami penurunan hingga konstan. Infiltrasi pada titik 4,5,6 dilakukan pada vegetasi pohon dengan tekstur tanah gersang dan kadar air sangat rendah, sehingga membuat laju infiltrasi pada tempat ini sangat cepat. Infiltrasi pada titik 2 dan 3 dilakukan pada vegetasi tiang, tekstur tanah kering dan kadar air sangat rendah sehingga laju infiltrasi juga sangat cepat.


Full Text:

PDF

References


Cindy Yunadagarsari. dkk. 2017. “Model Infiltrasi Pada Beberapa Pengunaan Lahan di Desa Tulo Kecamatan Dolo Kabupaten Sigli”. Jurnal Agrotekbis. Vol. 5. No. 3.

Hari Wibowo. 2010. “Laju Infiltrasi Pada Lahan Gambut Yang Dipengaruhi Air Tanah (Study Kasus Sei Raya Dalam Kecamatan Sei Raya Kabupaten Kubu Raya)”. Jurnal Belian. Vol. 9. No. 1.

Marino. 2008.Pengukuran Laju Infiltrasi Pada Tata Guna Lahan Yang Berbeda.Medan: USU Press

Mendoza dan Rusli Hari. 2017. “Kajian Laju Infitrasi Ditinjau Dari Perbedaan Lotologi Batuan Kemiringan Lahan Dan Sifat Fisik Tanah Pada DAS Sungai Pisang Kota Padang”. Jurnal Bina Tambang. Vol. 3. No.3.

Ryan Renhardilka. 2012. “Analisis Penentuan Laju Infiltrasi Pada Tanah Dengan Variasi Kepadatan”Jurnal Sumberdaya Alam Dan Lingkungan. Vol. 1. No. 1

Siti. 2011. Kajian Infiltrasi Dan Permeabilitas Tanah Pada Beberapa Model Tanaman. Surakarta: Universitas Sebelas Maret

Suryatmono2009. Konsep Dasar Hidrologi Hutan, Konservasisumber Daya Hutan, Fakultas Kehutanan. Yogyakarta: UGM

Widya. 2011. “Jenis-Jenis Tanah”. Jurnal Hutan. Vol.7, No. 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v8i1.9427

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0