JENIS-JENIS TERUMBU KARANG (Coral reef) DI PERAIRAN PANTAI BALEE DEUDAP PULO ACEH

Nurwani Rismona, Nurul Arifah, Nurmuna Saputri

Abstract


Terumbu karang merupakan ekosistem laut dangkal tropis yang paling kompleks dan produktif. Secara alami, terumbu karang merupakan habitat bagi banyak spesies laut untuk melakukan pemijahan, peneluran, pembesaran anak, dan mencari makan. Penelitian tentang “ jenis-jenis terumbu karang (coral reef)” dilaksanakan di Perairan Pantai Balee Deudap Pulo Aceh, Kec Pulo Aceh, Kab Aceh Besar. Pada hari Kamis, 29 Mei 2019. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis-jenis terumbu karang (coral reef) yang ada di Perairan Pantai Balee Deudap Pulo Aceh, Kec Pulo Aceh, Kab Aceh Besar. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan menggunakan metode pengamatan secara langsung. Prosedur penelitian yaitu dipilih zonalitoral sebagai salah satu kawasan pengamatan di perairan laut, dilakukan pengamatan dan diidentifikasi jenis-jenis terumbu karang. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan rumus indeks keanekargaman dengan rumus Shannon Wiener. Hasil penelitian ditemukan 14 spesies karang dari 7 family. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa di di Perairan Pantai Balee Deudap Pulo Aceh, Kec Pulo Aceh, Kab Aceh Besar. Banyak terdapat terumbu karang dengan filum anthozoa. 


Full Text:

PDF

References


Anugerah Nontji. 2005. Laut Nusantara. Jakarta: Djambatan.

Nybakken. 1988. Biologi Laut. Jakarta:

Gramedia.

Wibowo. 2000. Biologi Laut, Jakarta:

Gramedia.

Edi Rudi. 2013. “Penilaian Sumber Daya

Terumbu Karang dan Persepsi Masyarakat

tentang Daerah] Perlindungan Laut di

Ujong Pancu, Aceh Besar”, Jurnal

Biospecies, Vol. 6. No. 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v8i1.9603

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0