KEANEKARAGAMAN BENTHOS DI PERAIRAN PANTAI KACA KACU DEUDAP PULO ACEH, KABUPATEN ACEH BESAR

Sarah Annisa, Sarah Sakira, Sentia Lisna

Abstract


Bentos merupakan kelompok organisme laut baik tumbuhan maupun hewan laut yang hidupnya dengan cara menempel atau merayap di dasar laut, seperti rumput laut, bunga karang, siput, kerang, bulu babi dan bintang laut.. Berdasarkan ukurannya, benthos dikelompokan menjadi 3 yaitu: mikrobenthos, meiobenthos dan makrobenthos. Adapun peran benthos diantaranya mampu mendaur ulang bahan organik, membantu proses mineralisasi, menduduki posisi penting dalam rantai makanan  dan indikator pencemaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keanekaragaman benthos apa sajakah yang terdapat di pesisir pantai Kaca Kacu Deudap Pulo Aceh Kabupaten Aceh Besar. Penelitian ini dilakukan menggunakan dua metode, yaitu metode destruktif dan metode nondestruktif. Hasil identifikasi jenis organisme Benthos yang ditemukan di Gampong Deudap, secara keseluruhan teridentifikasi sebanyak 41 famili yang terdiri dari 106 spesies. Nilai keanekaragaman dikategorikan tinggi yaitu H’=6,17102.

 


Full Text:

PDF

References


Karmana Oman. 2007. Cerdas Belajar Biologi. Bandung : Grafindo Media Pratama.

Ompi Medy. 2016. Larva Avertebrata Dasar Laut. Yogyakarta : Deepublish.

Rahayu Siti. 2015. “Kelimpahan Dan Keanekaragaman Makrozoobentos Di Beberapa anak sungai Batang Lubuh”.Jurnal MIPA. Vol. 2. No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v8i2.9637

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


      

Prosiding Seminar Nasional Biotik
ISBN : 97-602-60401-3-8
ISSN : 2828-1675
Published By Biology Education Study Program Faculty of Tarbiyah and Teacher Training Ar-Raniry State Islamic University Banda Aceh, Indonesia.
Email : official.semnasbiotik@gmail.com

 Lisensi Creative Commons
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under  a Creative Commons Attribution 4.0 International License CC BY-SA 4.0