PEMANFAATAN MODUL PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PEREDARAN DARAH DI SMAN 5 KOTA BANDA ACEH
Abstract
Kurangnya pemanfaatan media dan bahan ajar dalam pembelajaran dapat menyebabkan menurunnya hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa melalui pemanfaatan modul pembelajaran pada materi sistem peredaran darah di SMAN 5 Kota Banda Aceh. Penelitian ini telah dilaksanakan di SMAN 5 Kota Banda Aceh pada Bulan Mei 2016. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA yang berjumlah 105 orang siswa. Sampel yang digunakan adalah siswa kelas XI MIA3 dan XI MIA4 yang berjumlah 49 orang siswa. Metode yang digunakan adalah metode True Experiment dengan desain Pre-Test Post-Test Control Group Design. Analisis data menggunakan uji t. Hasil uji t menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan ttabel = 2,02 dan thitung = 4,135 (sig. 0,000 < 0,05). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar yang signifikan antara pembelajaran menggunakan modul dengan pembelajaran konvensional pada materi sistem peredaran darah di SMAN 5 Kota Banda Aceh.
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Arsyad, A. 2013. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Hake, R.R. 1999. Interactive Engagement V.S Traditional Methods: Six- Thousand Student Survey Of Mechanics Test Data For Introductory Physics Courses. American Journal of Physics: 66(1).
Mulyasa, E. 2006. Implementasi Kurikulum 2004; Panduan Pembelajaran KBK. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Novianty, I., Oktavia S. dan Neena Z. 2013. Efektivitas Penerapan Modul Materi Analisis Elektrokimia Berbasis Inkuiri Terbimbing Terhadap Hasil Belajar dan Persepsi Siswa Kelas XI Semester 1 Kompetensi Keahlian Kimia Analisis SMKN 7 Malang. Jurnal Online Univ Negeri Malang. 2(1): 1-7.
Wagiran. 2006. Meningkatkan Keaktifan Mahasiswa dan reduksi Miskonsepsi Melalui Pembelajaran Kontruktivistik Model Kooperatif Berbantuan Modul. Jurnal Ilmu Pendidikan. 13(1): 25-32.
Yerita H., Haviz, M., dan Rahmi, E. 2014. Efektivitas Penggunaan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Kontekstual pada Pokok Bahasan Ekosistem di Siswa Kelas X Di SMAN 1 Rambatan. Edusainstika. 1(1): 8-10.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v8i2.9671
DOI (PDF): http://dx.doi.org/10.22373/pbio.v8i1.9671.g5448
Refbacks
- There are currently no refbacks.
ISSN : 2828-1675
Email : official.semnasbiotik@gmail.com
Prosiding Seminar Nasional Biotik : is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License / CC BY-SA 4.0