RESPON PESERTA DIDIK TERHADAP MEDIA PEMBELAJARAN FLIPCHART PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DI SMPN 6 SIMEULUE TIMUR

Authors

  • Rita Ramayulis Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Eva Naili Taib Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Nurlia Zahara Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh

DOI:

https://doi.org/10.22373/pbio.v9i1.11637

Abstract

Media pembelajaran merupakan suatu alat yang digunakan dalam proses belajar mengajar dengan maksud untuk menyampaikan informasi atau pesan pembelajaran dari guru kepada peserta didik. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui respon peserta didik terhadap media pembelajaran flipchart pada materi sistem pernapasan di SMP N 6 Simeulue Timur. Penelitian ini dilaksanakan di SMP N 6 Simeulue Timur, yang di laksanakan pada tanggal 11 Februari 2019. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif karena bertujuan untuk membuat deskripsi, gambaran secara sistematis atau terperinci tentang respon peserta didik terhadap media pembelajaran flipchart pada materi sistem pernapasan dengan menggunakan tahapan. Hasil respon peserta didik terhadap media pembelajaran flipchart pada materi sistem pernafasan di kelas VIII SMPN 6 Simeulue Timur mendapatkan hasil presentase 85% dengan kriteria sangat positif.

Author Biographies

  • Rita Ramayulis, Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh
    Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Eva Naili Taib, Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh
    Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh
  • Nurlia Zahara, Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh
    Program Studi Pendidikan Biologi FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh

References

R. Angkowo dan A. Kosasih. 2007. Optimalisasi Media Pembelajaran. Jakarta: Gramedia.

Talizaro Tafonao. 2018. Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. “Jurnal Komunikasi Pendidikan”. Vol. 2. No. 2.

Valentina Nunung Dea Ristanti. dkk. 2019 . “Respon Siswa Terhadap Model Pembelajaran Berbasis Savi (Somatic, Auditory, Visualitation, Intellegency) Pada Materi Ekosistem Dp SMA 1 Papar”. Jurnla Biologi dan Pembelajarannya. Vol. 6. No. 1.

Riya Umami. 2019. Pengembangan Media Fotonovel Bebasis PBL (Problem Based Learning) Materi Sistem Pernapasan Manusia Pada Siswa SMP Kelas VIII. Skripsi.

Serian Wijatno. 2009. Pengantar Entrepreneurship. Jakarta: Grasindo.

Ketut Sepdyana. Dkk. 2020. “Respon Siswa Terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android”. Jurnal Pendidikan Kmia Indonesia. Vol. 4. No. 1.

Downloads

Published

2022-06-07