THE STUDENTS’ SELF-PERCEPTION ANALYSIS TOWARD THE IMPLEMENTATION OF ONLINE INSTRUCTIONAL DURING THE COVID-19 PANDEMIC AT SMPS ADVENT NUSRA NOELBAKI
DOI:
https://doi.org/10.22373/pbio.v10i2.15335Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi diri siswa dalam pelaksanaan pembelajaran daring dimasa pandemi COVID-19 di SMPS Advent Nusra Noelbaki. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPS Advent Nusra Noelbaki yang berjumlah 29 siswa. Data persepsi diri siswa dikumpulkan mengunakan angket. Data persepsi diri siswa dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian terkait persepsi diri siswa menunjukkan bahwa persentase setiap indikator berada pada kategori cukup. Untuk indikator 1) 55,5%, indikator 2) 66%, dan indikator 3) 77,7%. Data tersebut menunjukan bahwa persepsis diri siswa dalam pelaksanaan pembelajaran daring dimasa pandemi di ukur dari segi pemahaman dan penilaian bisa dikatakan baik, namun untuk penerimaan siswanya hanya sebatas cukup baik. Hal tersebut terjadi karena media atau sumber pembelajaran yang dimiliki siswa dan sekolah tidak memadai dan juga dapat dipengaruhi karena rata-rata siswa tidak memiliki kuota internet, serta kondisi jaringan yang tidak menunjang proses pembelajaranReferences
Nadar, W. (2017). Issn : 2580 – 4197. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 1(2).
Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 4(2). 543. https://doi.org/10.31004/obs esi.v4i2.287.
Suyono, & Hariyanto. (2016). Belajar dan Pembelajaran (6th ed.; A. S. Wardan, ed.). Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Syarifudin, A. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling. Jurnal Pendidikan. 6(1).
Walgito, Bimo. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Downloads
Published
2022-10-10
Issue
Section
Articles