THE STUDENTS’ SELF-PERCEPTION ANALYSIS TOWARD THE IMPLEMENTATION OF ONLINE INSTRUCTIONAL DURING THE COVID-19 PANDEMIC AT SMPS ADVENT NUSRA NOELBAKI

Authors

  • Imelda Tefa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, universitas Kristen Artha Wacana Kupang
  • Agus Maramba Meha Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, universitas Kristen Artha Wacana Kupang
  • Theodora S.N Manu Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, universitas Kristen Artha Wacana Kupang
  • Daniel F. Kamengko Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, universitas Kristen Artha Wacana Kupang
  • Drikben E. P. Nggadas Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, universitas Kristen Artha Wacana Kupang

DOI:

https://doi.org/10.22373/pbio.v10i2.15335

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan persepsi diri siswa dalam pelaksanaan pembelajaran daring dimasa pandemi COVID-19 di SMPS Advent Nusra Noelbaki. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMPS Advent Nusra Noelbaki yang berjumlah 29 siswa. Data persepsi diri siswa dikumpulkan mengunakan angket. Data persepsi diri siswa dianalisis menggunakan rumus persentase. Hasil penelitian terkait persepsi diri  siswa menunjukkan bahwa persentase setiap indikator berada pada kategori cukup.  Untuk indikator 1) 55,5%, indikator 2) 66%, dan indikator 3) 77,7%. Data tersebut menunjukan bahwa persepsis diri siswa dalam pelaksanaan pembelajaran daring dimasa pandemi di ukur dari segi pemahaman dan penilaian bisa dikatakan baik, namun untuk penerimaan siswanya hanya sebatas cukup baik. Hal tersebut terjadi karena media  atau sumber pembelajaran yang dimiliki siswa dan sekolah tidak memadai dan  juga dapat dipengaruhi karena rata-rata siswa tidak memiliki kuota internet, serta kondisi jaringan yang tidak menunjang proses pembelajaran

References

Nadar, W. (2017). Issn : 2580 – 4197. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 1(2).

Sum, T. A., & Taran, E. G. M. (2020). Kompetensi Pedagogik Guru PAUD dalam Perencanaan dan Pelaksanaan Pembelajaran. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 4(2). 543. https://doi.org/10.31004/obs esi.v4i2.287.

Suyono, & Hariyanto. (2016). Belajar dan Pembelajaran (6th ed.; A. S. Wardan, ed.). Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.

Syarifudin, A. (2020). Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Darussalam Sungai Salak Kecamatan Tempuling. Jurnal Pendidikan. 6(1).

Walgito, Bimo. 2010. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Downloads

Published

2022-10-10