PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA REALIA TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK MIN 40 ACEH BESAR

Wati Oviana, Najla Desna Fhasya, Misbahul Jannah

Abstract


One of the factors causing low learning outcomes is the incompatibility of the media in delivering the material. Using media can make it easier for students to understand the material presented by the teacher, one of which is the use of Realia media. This study aims to analyze the effect of using Realia media on student learning outcomes in the material for changing the nature of objects in class V MIN 40 Aceh Besar. The research design used was Pre - Experimental Design type Intact Group Comparison. The population of this research is class V students totaling 28 people, using saturated sampling. Data was collected using tests and analyzed through statistical tests assisted by SPSS 20. The Independent Sample T-Test test results were obtained that tcount < ttable or -4.857 < 2.056. The results showed that there was a significant effect of using Realia media on student learning outcomes in the material for changing the nature of objects in class V MIN 40 Aceh Besar. 


Full Text:

PDF

References


Abdullah, Ramli. 2016. “Pembelajaran Dalam Perspektfi Kreativitas Guru Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran.” Dalam Lantanida Journal. Vol.4 No.1.

Algiranto, dkk. 2021. “Penggunaan Media Realia Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar”. Dalam Jurnal Elementary. Vol 4. No.2 Juni.

Arlianti, Nofyta. 2016. “Pengaruh Media Realia Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas XB2 SMK Negeri 3 Sungai Penuh.” Dalam Jurnal Curricula. Vol 2. No.1.

Arsyad, Azhar. 2010. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ayu Setyaningsih, Cris, dkk. 2019. “Keefektifan Penggunaan Media Realia Terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar”. Dalam Jurnal Muara Pendidikan. Vol. 4. No. 2.

Azizah, Nurul, dkk. 2020. “Pengembangan Media Pembelajaran IPA berbasis Information Communication and Technology (ICT).” Dalam Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Vol. 7. No.4.

Habibah, Umi dan Dyah Ayu Pramoda Wardhani. 2019. “Pengaruh Penggunaan Media Realia Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Kelas 1.” Dalam Jurnal PGSD Universitas Islam Raden Rahmat Malang. Vol. 1. No. 2.

Kemendikbud. 2013. Peraturan Pemerintah No 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah No 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan, (Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia)

Kurnia Wardani, Tri. 2012. “Penggunaan Media Komik Dalam Pembelajaran Sosiologi Pada Pokok Bahasan Masyarakat Multikultural.” Dalam Jurnal Komunitas. Vol.4. No.2.

Lestari,dkk. 2014. “Pengaruh Penggunaan Media Realia Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Di Sekolah Dasar Negeri Setia Darma 03 Tambun Selatan”. Dalam Jurnal Pedagogik. Vol. II. No.2 Sepetember.

Mukhlesi Yeni, Ety. 2011. “Pemanfaatan Benda-benda Manipulatif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Geometri dan Kemampuan Tilikan Ruang Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Dalam Jurnal Edisi Khusus. No.1 ISSN 1412-565X Agustus.

Mulyasa, Enco. 2011. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Munadi, Yusdhi. 2008. Media Pembelajaran: Selama Sebuah Pendekatan Baru. Jakarta: GP Press.

Nurfadillah, Septy, dkk. 2021. “Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SD Negeri Pinang 1.” Dalam Jurnal Pendidikan dan sains. Vol. 3. No.1 April.

Nurhayati, Lia dan Salatifah. 2021. “Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Menggunakan Media Realia Pada Pembelajaran IPA di SD.” Dalam Jurnal Ilmiah Media Publikasi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Vol. 10. No.1.

Nur Ibad, Taqwa dan Maisyatus Sarifah. 2021. “Penggunaan Media Realia Dalam Meningkatkan Pengalaman Belajar Siswa.” Dalam Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah. Vol. 4. No.2 Oktober.

Nurrita, Teni. 2018. “Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa”. Dalam Jurnal Misykat. Vol. 03. No. 01 Juni.

Pambudi, Bayu, dkk. 2018. “Pengembangan Alat Peraga IPA dari Barang Bekas Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Siswa Sekolah Dasar.” Dalam Indonesian Journal of Primary Education. Vol.2. No.2.

Ramadhanty, Vio. 2021. “Media Realia Bagi Siswa Smk.” Dalam e-Journal. Vol.10. No.2.

Sadiman, dkk. 2011. Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Saleh, Khairul. 2019. “Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) di Provinsi Kalimantan Timur.” Dalam Jurnal Penelitian. Vol. 11. No.2.

Siti Fatimah, Kiki. 2020. “Efektivitas Penggunaan Realia Pada Penulisan Teks Deskripstif.” Dalam Journal For Islamic Social Sciences. Vol.4. No.1.

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metode Penelitian: Lengkap, Praktis, dan Mudah Dipahami. Yogyakarta: Pusataka Baru Press.

Sulikhah. 2018. “Peningkatan Hasil Belajar Perubahan Sifat Benda Melalui Model Kontekstual Yang Dilengkapi Media Realia Di SDN Wonoketingal 1 Demak”. Dalam Jurnal Prakarsa Paedagogia. Vol. 1. No. 1 Juni.

Susiyanti, Emmi. 2017. “Penggunaan Metode Demonstrasi Dan Media Nyata Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Tentang Struktur Akar Pada Siswa Kelas Iv Sdn 11 Tebatkarai Kabupaten Kepahiang.” Dalam Jurnal PGSD. Vol. 10. No.1.

Syahri Nasution, Amanda dan Dwi Septi Anjas Wulan. 2017. “Peningkatan Kemampuan Berhitung Anak Melalui Benda Realia”. Dalam Jurnal Penelitian MIPA. Vol. 2. No. 1 Juli.

Samatowa, Usman. 2011. Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Jakarta: Indeks.

Tafonao, Talizaro. 2018. “Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa.” Dalam Jurnal Komunikasi Pendidikan. Vol. 2. No.2 Juli.

Wahid, Abdul. 2001. “Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkanprestasi Belajar.” Dalam Jurnal ISTIQRA’. Vol.5. No.2 Maret.

Yulia Susilowati, Anna, dkk. 2021. “Penerapan Media Realia untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Siswa Sekolah Dasar.” Jurnal Basicedu. Vol. 5. No.4.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v12i2.18996

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Wati Oviana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.