Upaya Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Al Quran Hadits Di Min Rukoh Darussalam Banda Aceh
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v4i1.152Keywords:
Upaya Guru, Kesulitan Belajar, Al-Quran HaditsAbstract
Guru merupakan salah satu faktor yang sangat mendukung dalam keberhasilan belajar siswa. Oleh karena itu guru harus dapat menggunakan berbagai macam strategi yang tepat dalam proses pembelajaran. Penelitian ini berjudul “upaya guru dalam mengatasi kesulitan belajar Al-Qur’an Hadits di MIN Rukoh Darussalam Banda Acehâ€. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tujuan pembelajaran Al-Qur’an Hadits, metode yang digunakan dalam pembelajaran Al- Qur’an Hadits, strategi dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits, kesulitan yang dihadapi murid dalam pembelajaran Al-Qur’an Hadits, dan usaha yang dilakukan guru dalam mengatasi kesulitan belajar siswa di MIN Rukoh. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian , menunjukkan bahwa guru berupaya keras supaya murid tidak mengalami kesulitan dalam belajar,yaitu dengan cara memperbanyak latihan membaca, memperbanyak latihan menghafal, membuat remedial dan memanggil secara khusus siswa yang benar benar bermasalah dalam belajar Al Quran Hadits. Namun demikian masih tetap ada siswa yang mengalami kesulitan dalam belajar Al-Qur’an Hadits. Oleh sebab itu adanya kerjasama antara guru dengan orang tua merupakan salah satu upaya untuk mengatasi kesulitan belajar Al Quran Hadits.References
Abu Ahmadi dan Widodo Supriyono, psikologi Belajar, Jakarta: Rineka Cipta, 2004.
Alisuf Sabri, Psikologi Pendidikan Berdasarkan Kurikulum Nasional, Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1996.
Departemen Agama RI , Al-Quran dan Terjemahannya, Semarang, CV Toha Putra, 1989.
Imam Az-zabidi, Ringkasan Shahih Al-Bukhari, Bandung: Crescent News, 2004.
Meleong, Lexi, J, Metodelogi penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Rosda Karya, 2005.
Muhammad Fuad‟ Abdu Al-baqi, „Aujazul Masalik Ila Muwatta‟ Malik, Kitab Al- Jamik‟, Juz v, (Beirut: Dar Al- Kutub Al-ilmiah, t. th), hal. 371
Mulyasa, E., Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2006.
Mulyasa, E., Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008.
Nawir Yuslem, Ulumul Hadits, Jakarta: PT. Mutiara Sumber Widya, 2001.
Ngalim Purnomo, M., Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran, Jakarta: Remaja Rosda Karya, 1997.
Omear Hamalik, Metode Belajar dan Kesulitan Belajar, Jakarta: PT. Mutiara Sumber Widya, 2001.
Peraturan Menteri Agama Republik Indonesia NO. 2 Tahun 2008.
Ramayulis, H, Metodologi Penelitian Agama Islam, Jakarta, Kalam Mulia, 2005. Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 1993.
Syaikh Muhammad Al-Utsaimin, , Jakarta: Darul Falah, 2006.
Tasnim Idris, Penerapan Metode Targhib dan Tarhib Dalam Pendidikan Islam, (Thesis DPS IAIN Ar-Raniry Banda Aceh), 2005.
Usman Al-Bukhari Abi Abdillah Muhammad, Sahih Bukhari, Beirut: Darussa, tt, 1999.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).