Dimensi Historis Pendidikan Islam (Masa Pertumbuhan, Perkembangan, Kejayaan, dan Kemunduran)
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v4i1.158Keywords:
Dimensi Historis, Pendidikan Islam.Abstract
Mengkaji sejarah pendidikan Islam, tidak hanya sekedar memberikan romantisme tetapi merupakan refleksi historis yang dapat memberikan semangat (back projecting theory) untuk membuka lembaran dan mengukir kejayaan dan kemajuan pendidikan Islam yang baru dan lebih baik. Proses pendidikan yang dilakukan oleh Rasulullah berjalan 2 periode, yakni 13 tahun di Mekah dan di sisa usianya dilanjutkan di Madinah. Ada beberapa aspek yang diperbaiki Rasul ketika berada di Mekkah, yaitu pendidikan akidah, pengajaran al-Qur‟an, dan pendidikan akhlak. Di Madinah, Rasul membentuk dan membina masyarakat baru menuju satu kesatuan sosial politik, pendidikan sosial politik dan kewarganegaraan, prioritas pendidikan anak dalam Islam. Masa perkembangan pendidikan Islam dimulai sejak masa khullafaurrasyidin. Pendidikan pada masa khalifah Abu Bakar tidak jauh berbeda dengan pendidikan pada masa Rasul.References
A. Mustafa, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Bandung: Pustaka Setia, 1999. Abbudin Nata, dkk, Integrasi Ilmu Agama dan Ilmu Umum, Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2005.
Abdul Raup Silahudin, Membela Islam Bekal Kaum Muda, Bandung, MQ Publishing, 2006.
Armai Arief, Sejarah Pertumbuhan dan Perkembangan Lembaga Pendidikan Islam Klasik. Bandung: Penerbit Angkasa, 2005.
Asama Hasan Fahmi, Sejarah dan Filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bulan Bintang t.t.
Badri Yatim, Sejarah Peradaban Islam, Cet. XIII, Jakarta: RajaGrafido Persada, 2002.
Departemen Agama, Rekontruksi Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Jakarta: Departemen Agama RI, 2005.
Enung K. Rukiati, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia, Bandung: Pustaka Setia, 2006.
Fazlur Rahman, Islam, Bandung: Pustaka, 1984.
Mahmud Yunus, Sejarah Pendidikan Islam, Jakarta: Hidakarya Agung, 1992. Muhammad Syadid, Konsep Pendidikan dalam al-Qur'an, Jakarta: Penebar Salam, 2001.
Munawiyah, dkk, Sejarah Peradaban Islam, Banda Aceh: PSW IAIN Ar-Raniry, 2009.
Musyrifah Sunanto, Sejarah Islam Klasik: Perkembangan Ilmu Pengetahuan Islam, Jakarta: Kencana, 2004.
Samsul Nizar (ed), Sejarah Pendidikan Islam: Menelusuri Sejarah Pendidikan Era Rasulullah Sampai Indonesia, Cet. I, Jakarta: Kencana, 2007.
Suwito, Sejarah Sosial Pendidikan Islam, Jakarta: Perenada Media, 2005.
Usman Husen, Sejarah Pendidikan Islam, Cet. I, Yogyakarta: AK Group/Ar- Raniry Press Banda Aceh, 2008.
Zuhairini, dkk, Sejarah Pendidikan Islam, Cet. IX, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).