Komite Sekolah Sumber Daya Pendidikan
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v5i1.165Abstract
Pelaksanaan pembelajaran tentu berkeinginan untuk mencapai tujuan yang bersifat kognitif, psikomotor, dan afektif. Kurikulum 13 yang diberlakukan sekarang mengedepan-kan pembentukan sikap. Ini terlihat pada keharusan mencapai kompetensi inti satu dan dua,tiga dan empat (KI 1,KI 2,KI 3, dan KI 4 ). KI 1 merupakan tujuan yang terkait dengan pembentukan sikap relegious dan KI 2 pembentukan sikap sosial pada peserta didik. Sedangkan KI 3 terkait dengan pengusaan pengetahuan, dan KI 4 berbentuk penguasaan keterampilan. Tercapainya KI dan KI 2 sangat membutuhkan kerjasama yang erat antara sekolah dengan orang tua dan masyarakat. Tulisan ini ingin mengungkap bagaimana memberdayakan Komite sekolah untuk mencapai tujuan pembelajaran yang disebut KI1, KI 2, KI 3, dan KI 4. Komite sekolah bisa berhasil bila fungsi perencanaannya, pengorganisasiannya, kepemimpinannya, pengendaliannya, dan pengawasannya berjalan dengan baik. Alternatif kerjasama komite sekolah dengan sekolah antara lain dapat berbentuk: mengadakan rapat untuk pemecahan masalah, mengadakan kunjungan ke rumah peserta didik, melibatkan orang tua peserta didik dalam proses pendidikan, pemberian bantuan-bantuan orang tua kepada sekolah, ikut serta dalam penentuan kebijakan, berkirim surat, bertelepon, mengadakan pameran. Hubungn kerjasama orang tua, sekolah dan masya-rakat dapat membuahkan hasil dan efektif bila tertanam rasa saling percaya dan saling jujur dalam bertindak.References
Atmodiwiryo, Subagio, 2000. Manjemen Pendidikan Indonesia, Jakarta, Ardadizya.
“ Dinas Pendidikan Belum Salurkan Dana BP 3â€, Serambi Indonesia, 26-10-2002.
Djoyonegoro, Wardiman, 1998. Pengembangan Sumber Daya Manusia Melalui Sekolah Menengah Kejuruan, Jakarta, Jayakarta Agung Ofset.
Fattah, Nanang, 2001. Landasan Managemen Pendidikan, Bandung, Remaja Rosdakarya.
Hidayanto, Dwi Nugroho, 1992. Pengantar Komunikasi Interpersonal Suatu Keterampilan dalam Pendidikan, Yogyakarta, Liberty.
Irawan, Prasetyo dkk., Teori Belajar, Motivasi, dan Keterampilan Mengajar, Jakarta, Depdikbud.
Pidarta, Made,1988 a,Manajemen Pendidikan Indonesia, Jakarta, Bumi Aksara.
Pidarta, Made, 1991 b. Pemikiran Tentang Supervisi Pendidikan, Jakarta, Bumi Aksara.
S. Supriono, Achmad Sapari, 2001, Manajemen Berbasis Sekolah, Jakarta, SIC.
Soetopo, Hendiyat, Wasty Soemanto, 1984. Kepemimpinan dan Supervisi Pendidikan, Jakarta, Bina Aksara.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).