Penerapan Pendekatan Problem Solving Pada Materi Volume Bangun Ruang Kubus Dan Balok Dengan Menggunakan Alat Peraga Di Kelas V Min Mesjid Raya Banda Aceh
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v5i1.166Keywords:
Pendekatan Problem Solving, Materi Volume Bangun Ruang Kubus dan Balok, Alat PeragaAbstract
Dalam proses pembelajaran saat ini masih saja ditemukan dominasi peranan/fungsi guru dalam pembelajaran. Selain itu, kreatifitas dan inovasi guru dalam memvariasikan model dan menggunakan alat peraga dalam mengajar masih rendah. Hal ini dapat menyebabkan rendahnya motivasi dan hasil belajar siswa. Salah satu inovasi dalam pembelajaran adalah dengan penerapan pendekatan problem solving. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui proses penerapan pendekatan problem solving pada materi volume bangun ruang kubus dan balok dengan menggunakan alat peraga di kelas V MIN Mesjid Raya Banda Aceh. Data penelitian diperoleh dengan menggunakan lembar observasi kemampuan guru mengajar, tes dan respon siswa. Kemudian, data dianalisis menggunakan rumus deskriptif presentase. Berdasarkan hasil penelitian terlihat bahwa pembelajaran melalui pendekatan problem solving dapat menciptakan proses belajar mengajar lebih menarik dan membantu mengembangkan keterampilan intelektual siswa. Kemampuan guru dalam mengajar dan aktivitas siswa menjadi lebih baik. Hal ini disebabkan karena guru dapat mengembangkan kreatifitas siswa melalui penggunaan alat peraga yang dapat memperkuat daya ingat siswa dan diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci: .References
Abbas, Problem Solving, (Http//www. Problem solving menurut John Dewey.) Com.
Alimufi, Pola Pelaksanaan Pendidikan Kecakapan Hidup, Surabaya:SIC,2003.
Harun, Penilaian hasil belajar, Bandung: CV Wacana Prima,2007.
Jesi Alexander, Pembelajan Matematika dengan Pendekatan Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis dan Kreatif siswa sekolah dasar Bandung: 2008.
Khairullah Yusuf, Mengupas Tuntas Matematika Dengan Fun Method , B.Aceh: LBB Phi Beta, 2004.
Mohammad Asrori, Penelitian Tindakan Kelas, Bandung : CV Ketenangan,2006.
Mukhtar, 10 Kiat SuksesMengajar di Kelas, Jakarta:PT Multimas Jaya, 2007.
Rahmah dkk, Pembelajan Matematika SD 1, Banda Aceh: 2007
Soedijarto, Memantapkan Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta : PT Grasindo, 1993.
Suharjo, Mengenal Pendidikan Sekolah Dasar Teori dan Praktek, Jakarta: Direktorat
Sumiati, Metode Pembelajaran, Bandung: CV Wacana Prima,2007.
Winarno, Pengantar Penelitian Ilmiah, Bandung: Tarsito, 1985.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).