Faham Jabariyah Dan Faham Qadariyah Dalam Perdebatan Mahasiswa Pada Matakuliah Ilmu Kalam
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v5i1.169Keywords:
Debat Aktif, Faham Jabariyah, Faham Qadariyah, PartisipasiAbstract
Pembelajaran menjadi bermakna apabila pembelajar memberikan perhatian penuh kepada materi pembelajaran yang sedang digeluti. Keseriusan di dalam proses pembelajaran dipengaruhi oleh beberapa faktor termasuk pemilihan metode yang tepat. Ketepatan sebuah metode tergantung erat dengan karakteristik dari materi pembelajaran. Untuk materi yang sifatnya menimbulkan pro dan kontra dalam penerimaannya maka metode debat akan sangat efektif diterapkan. Salah satu ciri keberhasilan penerapan sebuah metode terlihat pada partisipasi peserta didik dalam proses pembelajaran. Faham jabariyah dan faham qadariyah adalah salah satu isu kontroversi yang selalu menyisakan debat panjang di kalangan mahasiswa. Maka metode debat untuk membelajarkan materi tersebut adalah suatu kelayakan. Tulisan ini ingin menyingkap desaian pembelajaran dengan metode debat dan pelaksanaannya di perguruan tinggi untuk materi ajar yang mengundang setuju atau tidak setuju.References
Harun Nasution, Teologi Islam, aliran-aliran sejarah analisa Perbandingan, UI Press, 2007 jakarta
Harun Nasution, Islam ditinjau Dari Berbagai Aspeknya, jilid I, UI Press Jakarta
Abdul Razaq dkk, ilmu Kalam, untuk IAIN, STAIN, PTAIS, Pustaka Setia Bandung, cet III, April 2007
Ismail SM, Strategi Pembelajaran Agama Islam berbasis Paikem, Rasail Media Group, Semarang
Istarani, 58 Model Pembelajaran Inovatif, Media Persada Medan
Hisyam Zaini, dkk, STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF, CTSD IAIN Sunan Kalijaga, cet 6 Maret 2007
Melvin L. Silberman, ACTIVE LEARNING, 101 Strategies to Teach Any Subject (terj. Raisul Muttaqien: ACTIVE LEARNING, 101 cara Belajar Siswa Aktif), Nuansa dan Nusa Media, cetakan III, 2006
Erbe Sentanu, QUANTUM IKHLAS, Teknologi Aktivasi Kekuatan Hati, Katahati Institute, PT elex Media Komputindo, Gramedia Jakarta
Ronald L. Partin, Classroom Teacher‟s Survival Guide, second Edition, (terj. Bambang Sarwaji,: Kiat Nyaman Mengajar di Dalam Kelas), Indeks, Jakarta, 2009,
HD Iriyanto, Learning Metamorphosis, HEBAT GURUNYA DAHSYAT MURIDNYA, penerbit Erlangga
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).