KEMAMPUAN GURU PAUD DALAM MEMBACA AL-QURAN DI KABUPATEN GAYO LUES
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v12i1.17448Keywords:
Membaca, Al-Qur’an, Kemampuan Guru PAUDAbstract
Kemampuan membaca Al-Qur’an merupakan salah satu keteladanan dalam mengembangkan aspek agama anak. Berdasarkan observasi awal terhadap kemampuan guru PAUD tingkat Kabupaten Gayo Lues dalam membaca Al-Qur’an masih sangat kurang, baik dari segi kemampuan; mengenal huruf, hukum tajwid, maupun tartil. Tiga indikator tersebut menjadi perhatian khusus bagi guru dalam kemampuan membaca Al-Quran untuk mengembangkan aspek agama anak. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan guru PAUD dalam membaca Al-Qur’an di Kabupaten Gayo Lues. Penelitian kualitatif ini menggunakan lembaran wawancara dan dokumentasi hasil tes bacaan Al-Quran sebagai instrumen penelitian. Subjek penelitian berjumlah 30 guru (tes baca Al-Qur’an) dan 12 guru (wawancara). Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAUD perlu perhatian khusus dalam membaca Al-Qur’an, dimana kemampuan tartil diperoleh 16.66 % (5 guru). Selain itu guru perlu pembinaan dalam tahsin huruf dan tajwid dimana data ditemukan bahwa 46,66 % (14 guru) dapat melafadhkan huruf dengan benar dan 30 % (9 guru) mampu membaca Al-Qur’an dengan tajwid yang benar. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru PAUD Gayo Lues dalam membaca Al-Quran masih perlu peningkatan baik dari segi membaca huruf, ilmu tajwid, maupun kemampuan bacaan Al-Qur’an dengan tartil. Kemampuan mengenal huruf dan tajwid serta aplikasi dalam kehidupan sehari-hari dapat menghasilkan kemampuan tartil.
References
Al-Qur’an, Departemen Agama Republik Indonesia.
A. Malik Fajar, Holistika Pemikiran Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2005).
Abdullah Nashih Ulwan, Tarbiyatu Al-aulaad fi Al-Islam, terj. Jamaluddin Miri, Jilid II, (Jakarta: Pustaka Amani, Cet. II, 1999)
Abu Ya'la Kurnaedi dan Nizar Sa’ad Jabal, Metode Asy-Syafi’i: Ilmu Tajwid Praktis, Pestaka Imam Asy-Syafi’I, Cet. 12, Tahun 2020).
Fitriyah Mahdali, Analisis Kemampuan Membaca Al-Qur’an dalam Perspektif Sosiologi Pengetahuan, Mashdar; Jurnal Studi Al-Qur’an dan Hadits, Vol. 2, No. 2, Tahun 2020.
Hasbi Siddiq, Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an dan Motivasi Tadarus Al-Qur’an, Al-Riwayah: Jurnal Kependidikan, Vol. 8, No. 2, Tahun 2016. ISSN 1979-2549 (e): 2461-0461.
Imam Al-Tirmidzi, Jami’i As-Shahih Sunan Al-Tirmidzi, (Indonesia: Maktabah Rahlan, Jilid IV)
Jessy Okta Nalysta dan Ahmad Kosasih, Analisis Kesulitan Membaca dan Menulis Al-Qur’an Peserta Didik di Sekolah Menengah Pertama, An-Nuha; Jurnal Pendidikan Islam, P-ISSN: 2775-7226, Vol. 1, No. 2, Tahun 2021.
Lina Amelia, dkk. Pengaruh APE Es Krim Huruf Hijaiyah terhadap Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf Hijaiyah di TK ABA Ie Dingen Meukek, Aceh Selatan, Hadlonah: Jurnal Pendidikan dan Pengasuhan Anak, Volume 3 Nomor 2, 2022.
Manna Khalil Al-Qattan, Al-Mahabits fi Ulum Al-Qur’an, terj. Mudzakir, Studi Ilmu-ilmu Qur’an (Jakarta: PT. Litera Antar Nusa, 2010.
Musthafa Muhammad Imarah, Jawahiru Al-Bukhari, terj. Muhammad Zuhri, (Indonesia: Darul Ihya’, 1993)
Muthmainnah, Urgensi Baca Tulis Al-Qur’an bagi Mahasiswa Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Jurnal Bunayya, Vol. IV. Nomor 1. Januari – Juni 2018.
Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: Rosda), 2013.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, No. 37 Pasal 24 Bab VII, ayat 2 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Tahun 2014.
Rosihan Anwar, Ulum Al-Qur’an (Bandung: Penerbit Pustaka Setia), 2007.
Safrina Ariani dan Realita, Program Bengkel Mengaji; Upaya Peningkatan Kemampuan Tahsin Al-Qur’an Mahasiswa PAI), Jurnal Mudarrisuna, Vol. 5 No. 1 Tahun 2015.
Sigit Purnama, dkk. Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini (Mengacu KKNI, SNPT, Integrasi, Interkoneksi, dan Kebijakan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka), Yogyakarta, 2020.
Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, (Jakarta: PT Rineka Cipta), 2006.
Suharsono, Mencerdaskan Anak Sejak dalam Rahim Ibu Hingga Remaja, Cet. I, (Jakarta: Umma Publishing), 2009.
Yusuf Qardhawi, Berinteraksi dengan Al-Qur’an, (Jakarta: Gema Insani), 1999.
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).