INTEGRASI NILAI-NILAI KEARIFAN LOKAL GUNA MENGOPTIMALKAN PROJEK PENGUATAN PELAJAR PANCASILA MADRASAH IBTIDAIYAH DI BOJONEGORO
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v12i1.17480Keywords:
Integrasi Nilai, Kearifan Lokal, Projek Penguatan Pelajar PancasilaAbstract
Integrasi nilai kearifan lokal dalam projek penguatan profil pelajar pancasila intinya peserta didik diajarkan menyelesaikan projek yang disiapkan oleh guru dengan mengusung kearifan lokal. Paradigma dalam kurikulum merdeka mencoba menggali kompetensi siswa melalui minat dan bakatnya dengan menggali keragaman global yang ada di lingkungan peserta didik agar peserta didik mengalami pengalaman belajar, internalisasi nilai, belajar sepanjang hidup dan mempertahankan kompetensi yang dimilikinya dengan karakter kuat berdasarkan nilai-nilai Pancasila yang diajarkan melalui nilai-nilai kearifan lokal yang ada di sekitarnya. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan integrasi nilai-nilai kearifan lokal Bojonegoro memalui konsep profil pelajar pancasila sehingga nantinya dapat diimplementasikan siswa dalam kehidupan sehari-hari. Metode yang digunakan adalah pendekatan kepustakaan (study literature). Berdasarkan hasil penelitian ada beberapa tahapan dalam mendesain projek penguatan profil pelajar pancasila berbasis tema kearifan lokal, antara lain: 1) Proses perencanaan projek penguatan profil pelajar Pancasila, 2) Proses mengidentifikasi kesiapan Madrasah dalam menjalankan projek, 3) Menentukan dimensi, tema, dan alokasi projek penguatan profil pelajar Pancasila, 4) Menyusun modul projek penguatan profil pelajar Pancasila, 5) Tahap terakhir adalah pengembangan asesmen projek penguatan profil pelajar pancasila. Penanaman pendidikan melalui proyek profil pelajar Pancasila yang diintegrasikan dengan kearifan lokal adalah langkah yang tepat karena selain menanamkan karakter juga menanamkan nilai-nilai budaya lingkungan sekitar.References
Aji Saputra, Mochammad Ronaldy, Dewa Agung Gede Agung, and Agik Nur Efendi, ‘Nilai Budaya Dan Historis Bangunan Museum Keraton Sumenep Sebagai Muatan Karakter Profil Pelajar Pancasila’, GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 2022, 14–34 <https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.7085>
Ali, Kholid, Churriya Rikha Rachman, Nila Anjani, and Andri Prasetyo, ‘Implementasi Pembelajaran Projek Berbasis Kearifan Lokal Di SD Jagalan 1 Kota Kediri’, Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran), 2022, 1018–25 <https://proceeding.unpkediri.ac.id/index.php/semdikjar/index>
Anggriana, Tyas Martika, and Noviyanti Kartika Dewi, ‘Integrasi Tilai Tradisi Sambatan Etnis Samin Untuk Penguatan Profil Pelajar Pancasila’, in Prosiding Seminar & Lokakarya Nasional Bimbingan Dan Konseling (Surabaya: PD ABKIN JATIM & UNIPA, 2022), pp. 98–106
Annisa, M. N., Wiliah, A., & Rahmawati, N., ‘Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Zaman Serba Digital.’, Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2.1 (2020), 35–48 <https://doi.org/Https://Doi.Org/10.36088/Bintang.V2i1.558>
Arfiyah, Nur, Ghina Rokhimah, and Lu Maknun, ‘Penanaman Nilai Kearifan Lokal Melalui Konsep Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar’, MISOOL : Jurnal Pendidikan Dasar, 4.1 (2022), 35–45 <https://e-jurnal.iainsorong.ac.id/index.php/Misool/article/view/838>
Burman, E., ‘Child as Method: Implications for Decolonising Educational Research’, International Studies in Sociology of Education, 28.1 (2019), 4–26
Curren, Randall, ‘Why Character Education?’, Impact, 2017.24 (2017), 1–44 <https://doi.org/10.1111/2048-416x.2017.12004.x>
Darwis, M, ‘Paradigma Baru Pendidikan Dalam Perspektif Pemikiran Paulo Freire’, FITRA, 2.2 (2018)
Dasar, Direktorat Sekolah, ‘Profil Pelajar Pancasila - Direktorat Sekolah Dasar’, Media Sosial Direktorat Sekolah Dasar, 2022 <https://ditpsd.kemdikbud.go.id/hal/profil-pelajar-pancasila> [accessed 30 July 2022]
Fajar, W. M., & Putra, E. D., ‘Peran Guru Melalui Program Adiwiyata Dalam Mengembangkan Karakter Peduli Lingkungan Di SD’, MIMBAR PGSD Undiksha, 9.3 (2021), 468–474. <https://doi.org/Https://Doi.Org/10.23887/Jjpgsd.V9i3.40646>
Hakim, A N, and D A Dewi, ‘Pentingnya Implementasi Nilai Pancasila Agar Tidak Terjadi Penyimpangan Dalam Masyarakat Luas’, Jurnal Kewarganegaraan, 5.1 (2021), 239–248 <https://doi.org/10.31316/jk.v5i1.1391>
Handayani, Shinta Dwi, Ari Irawan, Chatarina Febriyanti, Gita Kencanawaty, Program Studi, and Teknik Informatika, ‘Mewujudan Pelajar Pancasila Dengan Mengintegrasikan Kearifan Budaya Lokal Dalam Kurikulum Merdeka’, Ilma (Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Keagamaan), 1.1 (2022), 76–81 <https://doi.org/https://doi.org/10.58569/ilma.v1i1.457>
Hughson, T. A., & Wood, B. E., ‘The Oecd Learning Compass 2030 And The Future Of Disciplinary Learning : A Bernsteinian Critique.’, Journal Of Education Policy, 2020, 1–21 <https://doi.org/10.1080/02680939.2020.1865573>
Iswatiningsih, D, ‘Penguatan Pendidikan Karakter Berbasis Nilai-Nilai Kearifan Lokal Di Sekolah’, Satwika: Kajian Ilmu Budaya Dan Perubahan Sosial, 3.2 (2019), 155–164
Juliani, A. J., & Bastian, A., ‘Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Wujudkan Pelajar Pancasila’, in Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang (Palembang: Universitas Pgri Palembang, 2021), pp. 257–265 <https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/Index.Php/Prosidingpps/Article/View/5621/4871%0D>
Kurniawan, M. W, and R. F Lutfiana, ‘Penguatan Nilai-Nilai Pancasila Melalui Budaya Sekolah Berbasis Kearifan Lokal Di SMA Se-Malang Raya’, Jurnal Civic Hukum, 6.1 (2021), 61–70 <https://doi.org/https://doi.org/10.22219/jch.v6i1.15254>
Lestariningrum, A, and I P Wijaya, ‘Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Budaya Lokal Di TK Negeri Pembina Kota Kediri’, PAUDIA : Jurnal Penelitian Dalam Bidang Pendidikan Anak Usia Dini, 8.2 (2019) <https://doi.org/10.26877/paudia.v8i2.4755>
Maharani, L A, Y F Furnamasari, and D A Dewi, ‘Menumbuhkuatkan Pengetahuan Mengenai Nilai-Nilai Pancasila Di Sekolah Dasar’, Jurnal Pendidikan Tambusai, 5.3 (2021), 9387–9389
Majir, A, Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Abad 21 (Deepublish, 2020)
Marfai, M A, Pengantar Etika Lingkungan Dan Kearifan Lokal (UGM PRESS, 2019)
Mungmachon, Miss Roikhwanphut., ‘Knowledge and Local Wisdom: Community Treasure’, International Journal of Humanities and Social Science, 2.13 (2012)
Naryatmojo, Deby Luriawati, ‘Internalization the Concept of Local Wisdom for Students in the Listening Class.’, Arab World English Journal (AWEJ), 10.1 (2019)
Nurasiah, Iis, Arita Marini, Maratun Nafiah, and Nugraheni Rachmawati, ‘Nilai Kearifan Lokal: Projek Paradigma Baru Program Sekolah Penggerak Untuk Mewujudkan Profil Pelajar Pancasila’, Jurnal Basicedu, 6.3 (2022), 3639–48 <https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.2727>
Pesurnay, A J, ‘Local Wisdom in a New Paradigm: Applying System Theory to the Study of Local Culture in Indonesia’, 175.1 (2018), 20–37
Pingge, Heronimus Delu, ‘Kearifan Lokal Dan Penerapannya Di Sekolah’, Jurnal Edukasi Sumba, 1.2 (2017), 128–135. <https://doi.org/Https://Doi.Org/10.53395/Jes.V1i2.27>
Rasyidi, M. A., ‘Filosofi Klenengan Sebagai Sarana Pendidikan Karakter Dalam Upaya Pelestarian Kearifan Lokal’, Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 5.1 (2019), 43–54
Resmana, M T, and D A Dewi, ‘Pentingnya Pendidikan Pancasila Untuk Merealisasikan Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kehidupan Bermasyarakat’, JURNAL PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 9.2 (2021), 473–485 <https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i2.134>
Rifai, A. H., Fahrudin Ghozali, M., & Nurhakim, M., ‘Strategi Pembentukan Karakter Dalam Perspektif Imam Al-Haddad’, 8.2 (2021), 117–136. <https://doi.org/Https://Doi.Org/10.22373/Jar.V8i2.10532>
Rudiawan, Rofi, and Ambiro Puji Asmaroini, ‘Peran Guru Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Di Sekolah’, Edupedia, 6.1 (2022), 55–63 <https://doi.org/10.24269/ed.v6i1.1332>
Rusnaini, Rusnaini, Raharjo Raharjo, Anis Suryaningsih, and Widya Noventari, ‘Intensifikasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implikasinya Terhadap Ketahanan Pribadi Siswa’, Jurnal Ketahanan Nasional, 27.2 (2021), 230 <https://doi.org/10.22146/jkn.67613>
Santika, I Wayan Eka, ‘Penguatan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Bali Dalam Membentuk Profil Pelajar Pancasila’, Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4.4 (2022), 6182–95
Sebayang, Karmila Bru, ‘Peran Guru Dalam Menanamkan Nilai-Nilai Kearifan Lokal Untuk Mewujudkan Pelajar Pancasila Di Sekolah Dasar’, Universitas Negeri Medan, 1 (2022), 29
Shih, Y.-H., ‘Some Critical Thinking on Paulo Freire’s Critical Pedagogy and Its Educational Implications.’, International Education Studies, 11.9 (2018), 64–70
Shoshani, A, ‘Young Children’s Character Strengths and Emotional Well-Being: Development of the Character Strengths Inventory for Early Childhood (CSI-EC).’, The Journal of Positive Psychology, 14.1 (2019), 86–102 <https://doi.org/https://doi.org/10.1080/17439760.2018.1424925>
Sri Utami, Wahyu Widayati, Victor Marolitua L Tobing, ‘Tradisi Lisan Kejhung Sebagai Sumber Pendidikan Dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Berbasis Kearifan Lokal Madura’, Jurnal Ilmiah Hospitality, 11.2 (2022), 671 <https://doi.org/https://doi.org/10.47492/jih.v11i2.2275>
Sulistiawati, Anjar, Ahmad Khawani, Junari Yulianti, Agus Kamaludin, and Abdul Munip, ‘Implementasi Profil Pelajar Pancasila Melalui Proyek Bermuatan Kearifan Lokal Di SD Negeri Trayu’, Jurnal Fundadikdas (Fundamental Pendidikan Dasar), 5.3 (2023), 195–208 <https://doi.org/10.12928/fundadikdas.v5i3.7082>
Sulistyati, D M, ‘Proyek Profil Pelajar Pancasila’, 2021
Suttrisno, S., Riyanto, Y., & Subroto, W. T., ‘Pengaruh Model Value Clarification Technique (Vct) Berbasis Kearifan Lokal Terhadap Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa’, 5.1 (2020), 718–29
Umami, N N A, ‘Eksistensi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kearifan Lokal Desa Cikalong, Kecamatan Idamulih, Kabupaten Pangandaran.’, 2020
Veronica Eka Desi Natalia, V.E.D.N., ‘The Implementation of Pancasila Values in Character Education’, Social Science Studies, 1.1 (2021), 023–031 <https://doi.org/10.47153/sss11.1732021>
Wafiqni, N, and S Nurani, ‘Model Pembelajaran Tematik Berbasis Kearifan Lokal’, Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 10.2 (2018), 225–70
Wala, Gusta Bara Daku, and Lanny I.D Koroh, ‘Studi Etnografi Tentang Budaya Sekolah Dalam Kurikulum Merdeka Belajar Di Smk Negeri 2 Loli’, CENDEKIA: Jurnal Ilmu Pengetahuan, 2.4 (2022), 285–95 <https://doi.org/10.51878/cendekia.v2i4.1675>
Walker, L J, ‘The Character of Character: The 2019 Kohlberg Memorial Lecture’, Journal of Moral Education, 49.4 (2020), 381–95 <https://doi.org/https://doi.org/10.1080/03057240.2019.1698415>
Wiratmaja, I N, I W G Suacana, and I W Sudana, ‘Penggalian Nilai-Nilai Pancasila Berbasis Kearifan Lokal Bali Dalam Rangka Penguatan Wawasan Kebangsaan.’, POLITICOS: Jurnal Politik Dan Pemerintahan, 1.1 (2021), 43–45
Wirawan, I. G. N., Suteja, I. K., & Wiryawan, M. E., ‘Tri Hita Karana Dalam Pendidikan Kewirausahaan’, Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Bisnis (JPEB), 5.3 (2017), 359–69
Zuhron, Daniel, ‘Tunas Pancasila’, in Direktorat Sekolah Dasar (Direktorat Sekolah Dasar, 2021), I
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).