Penggunaan Model Pemebelajaran Inkuiri Terbimbing Pada Mata Kuliah IPA Terhadap Sikap Ilmiah Dan Hasil Belajar Mahasiswa Jurusan PGMI UIN Ar-Raniry
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v4i2.182Keywords:
inkuiri terbimbing, sikap ilmiah, hasil belajarAbstract
Model pembelajaran inkuiri terbimbing merupakan model pembelajaran di mana siswa dapat menggali potensi diri dalam merumuskan, memecahkan, menganalisis serta menyimpulkan permasalahan yang dihadapkan pada mereka melalui data yang diperoleh melalui pembelajaran di bawah bimbingan dan pengawasan guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan sikap ilmiah dan hasil belajar antara mahasiswa yang mendapatkan model pembelajaran inkuiri terbimbing dengan mahasiswa yang mendapatkan pembelajaran konvensional pada Jurusan PGMI UIN Ar-Raniry. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen semu yang dilakukan pada beberapa unit yang mengambil mata kuliah IPA MI-1 di Jurusan PGMI UIN Ar-Raniry. Instrumen penelitian meliputi Satuan Acara Perkuliahan (SAP), Lembar Kerja Mahasiswa (LKM), tes hasil belajar, angket sikap ilmiah, angket mahasiswa, wawancara dan pedoman observasi. Data dianalisis dengan menggunakan uji-t untuk melihat perbedaan gain yang dinormalisasi sikap ilmiah dan hasil belajar mahasiswa pada kedua kelompok. Hasil uji statistik menunjukkan bahwa nilai t-hitung untuk kelas eksperimen adalah 5,08 dan t-tabel 1,645. Sikap ilmiah kelas eksperimen t-hitung 1,36 maka nilai t-hitung > t-tabel. Simpulan dari penelitian ini adalah adanya peningkatan sikap ilmiah dan hasil belajar dengan penggunaan model pembelajaran inkuiri terbimbing. Kata kunci:References
BSNP, (2012). Standar Isi Ilmu Pengetahuan Alam SD/MI. Jakarta: Kemdiknas.
Carin, A. A., & Sund, R. B. (1990). Teaching Modern Science. New York: Merril Publishing Company.
Fakhruddin., Eprina, E., dan Syahril. (2010). Sikap Ilmiah Siswa dalam Pembelajaran Fisika dengan Penggunaan Media Komputer melalui Model Kooperatif Tipe Stad pada Siswa Kelas X3 SMA Negeri 1 Bangkinang Barat. Jurnal Geliga Sains. 4: 18-22. [Online]. Tersedia: [25 September 2013].
Hammond, D. L., & Goodwin, A. L. (1993). Progress Toward Profesionalism in Teaching, dalam: G. Cawelti (ed). Challenges and Achievements of American Education, The 1993 ASCD Year Book. Alexandria: ASCD.
Hattie, J. (2003). “Teachers Make a Difference What is The Research Evidence?†Makalah pada University of Auckland, Australian Council for Education Research.
Iskandar. (2009). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada Press.
Istikomah, H., Hendratto, S., dan Bambang, S. (2010). Penggunaan Model Pembelajaran Group Investigation untuk Menumbuhkan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 6: 40-43. [Online]. Tersedia: http://journal.unnes.ac.id. [25 September 2013].
Jauhar, M. (2011). Implementasi Paikem dari Behavioristik sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Kholifudin, Y. M. (2012). Pembelajaran Fisika dengan Inkuiri Terbimbing melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi ditinjau dari Gaya Belajar Siswa. Prosiding Pertemuan Ilmiah XXVI HFI Jateng & DIY, Purworejo. [Online]. Tersedia: hfi-diyjateng.or.id/.../FULL-PEMBELAJARAN%20FI. [18 April 2014].
Kuhlthau, Carol. C dan Todd, Ross. J (2006). Guided Inkuiry: A framework for Learning through School Libraries in Century School. [Online]. Tersedia http://www.scils.rutgers.edu. [Oktober 2006].
Lestari. (2009). Inkuiri Terbimbing. [Online]. Tersedia: http://trilestarisman1kbm.blogspot.com. [29 Maret 2014].
Mailizar. (2013). Pendidikan Aceh; Menanti “Supermanâ€. [Online]. Tersedia: http://ifullwoyla.blogspot.com/2013/06/pendidikan-aceh-menanti-superman.html. [29 Maret 2014].
Natalina, M., Mahadi, I., dan Suzane, C. A. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) untuk Meningkatkan Sikap Ilmiah dan Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas XI IPA-5 SMA Negeri 5 Pekan Baru Tahun Ajaran 2011/2012. Prosiding Semirata FMIPA Universitas Lampung. [Online]. Tersedia: jurnal.fmipa.unila.ac.id/index.php/semirata/article/download/591/411. [29 Maret 2014].
Sanjaya, W. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.
Sayekti, C. I., Sarmanto dan Suparmi. (2012). Pembelajaran IPA Menggunakan Pendekatan Inkuiri Terbimbing melalui Metode Eksperimen dan Demonstrasi ditinjau dari Kemampuan Analisis dan Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal Inkuiri. 1, (2), 142-153. [Online]. Tersedia: http://jurnal.pasca.uns.ac.id. [25 September 2013].
Suparno, P. (2007). Metodologi Pembelajaran Fisika. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Tursinawati. (2010). Penerapan Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Pemahaman Hakikat Sains Siswa. Tesis Magister pada SPs UPI. Bandung: Tesis tidak diterbitkan.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).