Perkembangan Kreativitas dan Perilaku Personal Peserta Didik SD
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v12i3.18564Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk memahami perkembangan kreativitas dan perkembangan perilaku personal pada anak SD. Penelitian menggunakan studi kepustakaan (library research) dengan mengumpulkan berbagai buku dan artikel jurnal yang relevan dengan pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kreativitas peserta didik SD merupakan kemampuan anak berkreasi untuk mewujudkan dirinya, mudah menunjukan apa yang dia inginkan, dia sukai dan dia gemari; anak akan memiliki kemampuan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dengan caranya sendiri; anak dilatih untuk berpikir logis, kritis, bernalar dan penerimaan pengetahuannya. Kreativitas anak dapat dikembangkan melalui guru dan orang tua yang saling berkoordinasi. Guru dapat memberikan rangsangan dalam pembelajaran yang dapat memicu munculnya kreativitas. Ciptakan suasana pembelajaran yang kondusif seperti penggunaan model pembelajaran, penggunaan media, atau pun sarana dan prasarana yang mendukung pengembangan kreativitas anak, menumbuhkan motivasi pada anak. Selain itu, guru dapat mengevaluasi perkembangan anak di sekolah untuk mengetahui minat dan bakatnya. Perilaku personal merupakan hasil interaksi antara seseorang dengan lingkungannya. Pengalaman yang menyenangkan akan menimbulkan perilaku positif dan sebaliknya. Perilaku personal anak SD terbentuk karena adanya rangsangan secara internal maupun eksternal yang diproses melalui kognitif, afektif,dan psikomotorik. Pembentukan terjadi akibat dari kebutuhan dalam diri anak SD.
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).