Perkembangan Kreativitas dan Perilaku Personal Peserta Didik SD
Abstract
Tulisan ini bertujuan untuk memahami perkembangan kreativitas dan perkembangan perilaku personal pada anak SD. Penelitian menggunakan studi kepustakaan (library research) dengan mengumpulkan berbagai buku dan artikel jurnal yang relevan dengan pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perkembangan kreativitas peserta didik SD merupakan kemampuan anak berkreasi untuk mewujudkan dirinya, mudah menunjukan apa yang dia inginkan, dia sukai dan dia gemari; anak akan memiliki kemampuan untuk menyelesaikan permasalahan yang dihadapi dengan caranya sendiri; anak dilatih untuk berpikir logis, kritis, bernalar dan penerimaan pengetahuannya. Kreativitas anak dapat dikembangkan melalui guru dan orang tua yang saling berkoordinasi. Guru dapat memberikan rangsangan dalam pembelajaran yang dapat memicu munculnya kreativitas. Ciptakan suasana pembelajaran yang kondusif seperti penggunaan model pembelajaran, penggunaan media, atau pun sarana dan prasarana yang mendukung pengembangan kreativitas anak, menumbuhkan motivasi pada anak. Selain itu, guru dapat mengevaluasi perkembangan anak di sekolah untuk mengetahui minat dan bakatnya. Perilaku personal merupakan hasil interaksi antara seseorang dengan lingkungannya. Pengalaman yang menyenangkan akan menimbulkan perilaku positif dan sebaliknya. Perilaku personal anak SD terbentuk karena adanya rangsangan secara internal maupun eksternal yang diproses melalui kognitif, afektif,dan psikomotorik. Pembentukan terjadi akibat dari kebutuhan dalam diri anak SD.
Full Text:
PDFDOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v12i3.18564
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Huswatul Hasanah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.