PEMANFAATAN MEDIA RODA MISTERI DALAM PEMBELAJARAN FIKIH DI MIN 9 KOTA BANDA ACEH

Syukriani Syukriani

Abstract


Pembelajaran Fikih dengan belajar PAIKEM dan model pembelajaran siswa aktif yang berprinsip siswa harus terlibat aktif dalam setiap proses pembelajaran, salah satunya dengan Media Pembelajaran berupa Roda Misteri. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, pemanfaatan dan kelebihan dan kekurangan pemanfaatan media Roda Misteri dalam pembelajaran Fikih di MIN 9 Banda Aceh. Penelitian ini dilakukan dengan studi lapangan yang menggunakan metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi.  Hasil penelitian menunjukkan perencanaan pembelajaran Fikih dengan memanfaatkan media Roda Misteri di MIN 9 Banda Aceh direncanakan dengan memasukkan media Roda Misteri pada bagian inti RPP. Pemanfaatan media Roda Misteri dalam pembelajaran Fikih di MIN 9 Banda Aceh media Roda Misteri dilaksanakan guru menyiapkan RPP dengan menggunakan media Roda Misteri, menyiapkan materi yang akan diajarkan dengan menggunakan media Roda Misteri, menyiapkan kartu-kartu yang berisi tentang materi yang akan diajarkan dan guru menempel materi pada lapisan pertama pada Roda Misteri. Kemudian siswa mengambil kartu yang sama isinya yang ditunjukkan oleh jarum dan siswa mengemukakan pendapatnya di depan kelas. Kelebihan kelebihan media Roda Misteri dapat meningkatkan semangat siswa dalam belajar dan juga membuat pembelajaran tidak membosankan, sehingga siswa dapat dengan mudah memahami pembelajaran, sedangkan kekurangannya yaitu media Roda Misteri masih digunakan dengan manual sehingga tidak dapat dipakai untuk kelas-kelas digital.


Keywords


Media, Roda Misteri, Pembelajaran Fikih

Full Text:

PDF

References


Aan Komariah dan Dajam’an Satori, Metodologi Penelitian Kualitatif, (Bandung: Alfabeta, 2011).

Ali Mudlofir dan Evi Fatimatur Rusyidiyah, Desain Pembelajaran Inovatif dari Teori ke Praktik, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2017).

Ali Mudlofir dan Evi Fatimatur Rusyidiyah, Desain Pembelajaran Inovatif dari Teori ke Praktik, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2017).

Arief Sadiman, dkk, Media Pendidikan, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012).

Arif S. Sadiman, dkk, Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya, (Depok: Raja Grafindo Persada, 2014).

Mohamad Ali, Pendidikan Untuk Pembangunan Nasional, (Bandung: IMTIMA, 2009).

Muhammad Zulfiki Fahrizal Ardiansyah, “Pengembangan Media Permainan Roda Putar Materi Pokok Ekosistem Dalam Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam bagi Siswa Kelas V Sekolah Dasar”, Jurnal Mahasiswa Teknologi Pendidikan, Vol. 9 No. 2 (2018).

Nana Syaodih Sukmadinata, Metode penelitan Pendidikan, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011).

Nazar Bakry, Fiqh dan Ushul Fiqh, (Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2003).

Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar, (Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003).

R. Ibrahim, Nana Syaodih S, Perencanaan Pengajaran, (Jakarta: Renika Cipta, 2003).

Redina Simbolon, “Penggunaan Roda Pintar Untuk Kemampuan Membaca Anak”, Jurnal Pendidikan dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), Vol. 02, No. 02, September (2019).

Rusman, Deni Kurniawan dan Cepi Riyana, Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi, (Jakarta: RajaGrafindo Persada, 2013).

Sapriyah, “Media Pembelajaran dalam Proses Belajar Mengajar”, Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, Vol. 2, No.1, 2019.

Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan (Bandung: Alfabeta, 2011).

Syukriani, Implementasi Media Roda Misteri Pada Pendidikan Inklusif Serta Penanaman Nilai Toleransi Melalui Bahan Ajar Makanan Halal dan Haram, Makalah disampaikan dalam rangka mengikuti “Anugerah Guru Tenaga Kependidikan Madrasah Berprestasi” Tahun 2021.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v12i2.19379

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Syukriani Syukriani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

View My Stats


Indexed By:

 


PIONIR: Jurnal Pendidikan
P-ISSN 2339-2495
E-ISSN 2549-6611

Publised by Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter