Strategi Guru PAI dalam Mengembangkan Karakter Mandiri Anak Tunagrahita di SLB YPPC Banda Aceh

Tazkirah Khaira, Yusra Jamali, Mumtazul Fikri, Arief Sukino

Abstract


Siswa tunagrahita merupakan salah satu siswa yang mengalami hambatan dalam intelektual di bawah rata-rata dan belum mampu melakukan aktivitas dengan sendirinya. SLB YPPC Banda Aceh merupakan pendidikan khusus yang bertujuan untuk membantu siswa berkebutuhan khusus dalam mengembangkan dan mengaktualisasikan potensinya, salah satunya mengembangkan karakter mandiri siswa. Dalam hal ini peran kepala sekolah dan guru sangat penting dalam mengembangkan karakter mandiri siswa. Tujuan penelitian (1) untuk mengetahui strategi guru PAI dalam mengembangkan karakter mandiri siswa tunagrahita di SLB YPPC Banda Aceh (2) untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran PAI dalam mengembangkan karakter mandiri siswa tunagrahita di SLB YPPC Banda Aceh dan (3) untuk mengetahui hasil pengembangan karakter mandiri siswa tunagrahita di SLB YPPC Banda Aceh. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Subjek penelitian ialah kepala sekolah, guru PAI, guru kelas dan siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, terdapat tiga strategi guru dalam mengembangkan karakter mandiri siswa tunagrahita di SLB YPPC Banda Aceh yaitu melalui keteladanan, melalui pembiasaan dan melalui pembelajaran bina diri. Kedua, dalam pelaksanaan pembelajaran PAI terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Ketiga, Hasil pengembangan karakter mandiri siswa tunagrahita di SLB YPPC Banda Aceh dalam pembelajaran PAI pada indikator Wudhu dan Shalat menunjukkan sudah mampu mempraktekkannya walaupun tidak maksimal, karena keterbatasan mereka yang masih memerlukan bimbingan guru.


Keywords


strategi guru, karakter mandiri, anak tunagrahita

Full Text:

PDF

References


Abdul Majid. Dian Andayani. Pendidikan Karakter dalam Perspektif Islam. Cet Ke-2. Bandung: PT Remaja Rosdakarya 2012.

Atmaja. Jati Rinakri. Pendidikan dan Bimbingan Siswa Berkebutuhan Khusus. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2018.

Anita Lie. Sarah Prasasti. Menjadi Orang Tua Bijak. 101 Cara Membina Kemandirian dan Tanggung Jawab Siswa. Jakarta: Elex Media Komputindo. 2004.

Arief. Armai. Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam. Jakarta: Ciputat Pres 2002.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka. Edisi ke-2 Cet. Ke-4 1995.

Dodo Sudrajat. Lilis Rosida. Pendidikan Bina Diri Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Luxima Metro Media. 2013.

Gafur, Abdul. Desain Pembelajaran: Konsep. Model dan Aplikaisnya dalam Perencanaan Pelaksanaan Pembelajaran. Yogyakarta: Ombak. 2012.

Haedari, M. Amin. Pendidikan Agama di Indonesia Gagasan dan Realita. Jakarta: Puslitbang. 2010.

Hudiyono. Membangun Karakter Siswa Melalui Profesionalisme dan Gerakan Pramuka. Jakarta: Erlangga. 2014.

Kemendiknas. Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. 2010.

Kemis. Ati Rosnawati. Pendidikan Siswa Berkebutuhan Khusus Tunagrahita. Jakarta Timur: Luxima Metro Media. 2013.

Mangungang, Frieda. Psikologi dan Pendidikan Siswa Luar Biasa. Jakarta: LPSP3 UI. 1998.

Miles. Huberman. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press. 1992.

Muhammad Afandi. Galuh. Pendidikan Siswa Berkebutuhan Khusus. Semarang: Unisulla Press. 2013.

Muchlas Samawi. Hariyanto. Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2012.

Moleong, Lexy J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya. 2002.

Rambe, Riris Nur Kholidah. “Penerapan Strategi Index Card Match Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Mata pelajaran Bahasa Indonesia”. Jurnal Tarbiyah. Vol. 25. No. 1. Januari-Juli 2018.

Rosidatun. Model Implementasi Pendidikan Karakter. Gresik: Caremedia Communication. 2018.

Sodiq, M. Kamus Istilah Agama. Jakarta: Siaentarama. 1988.

Suparman Sumahamijaya dkk. Pendidikan Karakter Mandiri dan Kewiraswastaan. Bandung: Angkasa. 2003.

Suparno, P. Reformasi Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius. 2002.

Somantri, T. Sutjihati. Psikologi Siswa Luar Biasa. Bandung: PT Refika Aditama. Cet. 3. 2007.

Suyadi. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset. 2015.

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. 2010.

Sutiah. Buku Ajar Teori Belajar dan Pembelajaran. Malang: Universitas Negeri Malang. 2003.

Undang-undang Republik Indonesia No. 02 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas) dan Penjelasanya Pasal 1. Yogyakarta: Media Wacana Pres. 2003.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Zubaedi. Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. 2011.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v12i2.19398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Tazkirah Khaira, Yusra Jamali, Mumtazul Fikri, Arief Sukino

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

View My Stats


Indexed By:

 


PIONIR: Jurnal Pendidikan
P-ISSN 2339-2495
E-ISSN 2549-6611

Publised by Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter