PERKULIAHAN MICROTEACHING MENUJU KURIKULUM MERDEKA BELAJAR DITINJAU DARI KREATIVITAS MAHASISWA

AZIZ NURI SATRIYAWAN

Abstract


Dalam rangka memupuk kemampuan calon pendidik baik pengetahuan maupun keterampilan serta mempersiapkan generasi bangsa menuju merdeka belajar, diperlukan konsep perkuliahan perihal Microteaching, guna untuk mengembangkan dasar mengajar dan pengelolaan kelas, karena ini adalah bekal bagi calon guru sebelum terjun kedunia sekolah. Dengan adanya kurikulum merdeka, para calon pendidik diharapkan mampu memberikan inovasinya dalam rangka menerapkan kurikulum tersebut. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengembangkan kreativitas mahasiswa dalam mengajar. Jenis penelitian adalah kualitatif deskriptif dengan instrumen penilaian menggunakan rubrik. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi. Penelitian ini dilaksanakan di STIT Muhammadiyah Tempurrejo Ngawi pada Program Studi PGMI tahun akademik 2021/2022. Responden dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester enam yang berjumlah tujuh orang dengan mata kuliah microteaching. Sedangkan hasil penelitian adalah 1) Perencanaan dengan nilai 79, 2) Penguasaan materi dengan nilai 76, 3) Strategi pembelajaran dengan skor 80, 4) Media pembelajaran dengan nilai 75, 5) Evaluasi pembelajaran dengan skor 76, dari keseluruhan instrumen penilaian ini dapat diambil rata rata adalah dengan skor 77 dan masuk kriteria BAIK.


Keywords


Microteaching; Kreativitas Mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Adi, Banu Setyo, Djoko Pekik Irianto, and Yustinus Sukarmin. “Teachers’ Perspectives in Motor Learning with Traditional Game Approach for Early Childhood.” Cakrawala Pendidikan 41, no. 1 (2022): 1–11. https://doi.org/10.21831/cp.v41i1.36843.

Arviansyah, Muhammad Reza, and Ageng Shagena. “Efektivitas Dan Peran Dari Guru Dalam Kurikulum Merdeka Belajar.” LENTERA Jurnal Ilmiah Kependidikan 17, no. 1 (2022): 40–50.

Budiyasa, Wayan. “Analisis Kemampuan Menyusun RPP Kurikulum 2013 Dan Kemampuan Mengajar Pada Saat Praktik Microteaching Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FMIPA IKIP PGRI Bali” 21, no. 2 (2020): 487–99. https://doi.org/10.5281/zenodo.4048953.

Fauzi, Achmad. “Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak.” Pahlawan: Jurnal Pendidikan-Sosial-Budaya 18, no. 2 (2022): 18–22. https://doi.org/10.57216/pah.v18i2.480.

Haris, Abd. “HUBUNGAN PENGUASAAN MATERI MENGAJAR GURU DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA DI MTsN KADUR KECAMATAN KADUR KABUPATEN PAMEKASAN TAHUN 2018.” Al-Ulum : Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Ke Islaman 6, no. 1 (2019): 40–50. https://doi.org/10.31102/alulum.6.1.2019.40-50.

Herawati, Reni, Heru Kurnianto Tjahjono, Ika Nurul Qamari, and Sri Handari Wahyuningsih. “Teachers’ Willingness to Change in Adapting to Online Learning during the Covid-19 Pandemic.” Cakrawala Pendidikan 41, no. 2 (2022): 425–36. https://doi.org/10.21831/cp.v41i2.43233.

Kadri. “Pentingnya Pengelolaan Manajemen Kelas Dalam Pembelajaran.” Jurnal Bidayah: Studi Ilmu-Ilmu Keislaman 9, no. 1 (2018): 48.

Kurniawati, Farida, Airin Yustikarini Saleh, and Shahnaz Safitri. “How to Foster Students’ Creativity? The Effects of Teacher Subjective Well-Being Mediation on the Intellectual Humility” 41, no. 1 (2022): 31–42.

Magdalena, Ina, Alif Fatakhatus Shodikoh, Anis Rachma Pebrianti, Azzahra Wardatul Jannah, Iis Susilawati, and Universitas Muhammadiyah Tangerang. “Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sdn Meruya Selatan 06 Pagi.” EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains 3, no. 2 (2021): 312–25. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/edisi.

Magdalena, Ina, Hadana Nur Fauzi, and Raafiza Putri. “Pentingnya Evaluasi Dalam Pembelajaran Dan Akibat Memanipulasinya.” Jurnal Pendidikan Dan Sains 2, no. 2 (2020): 244–57. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang.

Mukti, Fajar Dwi. “The Development of Augmented Reality ( Ar ) Based Science Learning Media at MI Yaa Bunayya” 12, no. 2 (2022): 76–89. https://doi.org/10.18952/aladzkapgmi.v12i2.7274.

Nugraha, Tono Supriatna. “Kurikulum Merdeka Untuk Pemulihan Krisis Pembelajaran.” Inovasi Kurikulum 19, no. 2 (2022): 250–61.

Oktaviana, Dina, and Ahmad Barizi. “The Challenges of The Society 5.0 Era : The Evaluation of Learning in Primary Education.” Al-Adzka : Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah 12, no. 1 (2022): 10–17. https://doi.org/10.18952/aladzkapgmi.v12i1.5831.

Putra, Ino Angga, Novia Ayu Sekar Pertiwi, and Kartika Wulandari. “Keterampilan Mengajar Mahasiswa Pada Microteaching Di Program Studi Pendidikan Fisika.” Jurnal Pendidikan Fisika 9, no. 1 (2020): 12–18. http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpf.

Rizky Wandini, Rora dkk. “PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA MAHASISWA (LKM) PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MIKiR DI PRODI PGMI UIN SUMATERA UTARA MEDAN.” PIONIR: JURNAL PENDIDIKAN 4, no. 1 (2023): 88–100.

Rohman, Nur. “Literation Culture Living at MI Qurrota A ’ Yun” 12, no. 2 (2022): 109–20. https://doi.org/10.18952/aladzkapgmi.v12i2.7586.

Setiawan, Iyan, and Sri Mulyati. “EFEKTIVITAS MATA KULIAH PEMBELAJARAN MIKRO (MICROTEACHING) TERHADAP KETERAMPILAN DASAR MENGAJAR DAN KESIAPAN MENGAJAR (Survey Pada Mahasiswa FKIP Semester Genap T.A 2017/2018).” Equilibrium: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Ekonomi 15, no. 02 (2019): 51–60. https://doi.org/10.25134/equi.v15i02.1619.

Wicaksana, Arif, and Tahar Rachman. “EFEKTIVITAS APLIKASI KAHOOT SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENGHADAPI ERA SOCIETY 5.0.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 3, no. 1 (2023): 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf.

———. “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MODUL ILMU PENGETAHUAN ALAM KELAS IV DI SDN 3 REMPUNG.” Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952. 3, no. 1 (2023): 10–27. https://medium.com/@arifwicaksanaa/pengertian-use-case-a7e576e1b6bf.

Year Rezeki Patricia Tantu. “Analisis Pelaksanaan Microteaching Mahasiswa PGSD Pada Mata Kuliah PSAP Sains Dan Teknologi.” Jurnal Basicedu 3, no. 2 (2020): 524–32.

Yong, Ng Hooi, and Melissa Ng Lee Yen Abdullah. “Factors Influencing School Readiness and Behavioral Problems of Elementary Students.” Cakrawala Pendidikan 41, no. 1 (2022): 225–36. https://doi.org/10.21831/cp.v41i1.41526.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v12i2.19621

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 AZIZ NURI SATRIYAWAN

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

View My Stats


Indexed By:

 


PIONIR: Jurnal Pendidikan
P-ISSN 2339-2495
E-ISSN 2549-6611

Publised by Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter