Perencanaan Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Berbasis Project Based Learning Pada Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v12i3.20716Keywords:
Ilmu Pengetahuan Alam, Kurikulum Merdeka, Project Based Learning, Sekolah DasarAbstract
Di era saat ini, siswa dituntut untuk memiliki keterampilan yang luas seperti keterampilan pemecahan masalah, berpikir kreatif, berkolaborasi, dan berkomunikasi. Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) dianggap sebagai cara pembelajaran yang dapat memfasilitasi pengembangan keterampilan tersebut karena melibatkan siswa dalam proyek-proyek berbasis kehidupan nyata. Penelitian ini dilakukan dengan maksud untuk lebih memahami bagaimana guru dapat merencanakan pembelajaran IPA yang efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa. Penelitian ini dilakukan di Sekolah Dasar di OKU Timur. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dan pengumpulan data dilakukan melalui wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran melalui Pendekatan Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL) dapat menjadi cara yang efektif dalam menerapkan Kurikulum Merdeka di sekolah dasar. Implementasi Pembelajaran Berbasis Proyek dalam kurikulum ini memberikan dampak positif pada pemahaman dan motivasi siswa dalam pembelajaran IPAReferences
Ahmad, S., Aryanti, D., & Kurniawan, R. (2023). Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Pada Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED, 13(2), Article 2.
Aisyah, S., Arisanti, K., & Yaqin, F. A. (2023). Adaptasi dan Inovasi Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menyambut Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 9(1), Article 1. https://doi.org/10.31949/educatio.v9i1.4583
Akcanca, N. (2020). 21st Century Skills: The Predictive Role of Attitudes Regarding STEM Education and Problem-Based Learning. International Journal of Progressive Education, 16(5), 443–458.
Ardianti, Y., & Amalia, N. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), Article 3. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i3.55749
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE Publications.
Fitri, H., Dasna, I. W., & Suharjo, S. (2018). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Briliant: Jurnal Riset Dan Konseptual, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.28926/briliant.v3i2.187
Hadiasnyah, R. R., Pradhana, R. Y., & Mustiningsih, M. (2020). Dinamika Perubahan Kurikulum Di Indonesia. Seminar Nasional Arah Manajemen Sekolah Pada Masa Dan Pasca Pandemi Covid-19, 0, Article 0. http://conference.um.ac.id/index.php/apfip/article/view/424
Kusadi, N. M. R., Sriartha, I. P., & Kertih, I. W. (2020). Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Sosial Dan Berpikir Kreatif. Thinking Skills and Creativity Journal, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.23887/tscj.v3i1.24661
Kusuma, Y. Y. (2020). Peningkatan Hasil Belajar SIswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1460–1467. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.753
Makhrus, M., Harjono, A., Syukur, A., Bahri, S., & Muntari, M. (2019). Analisis Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Terhadap Kesiapan Guru Sebagai “Role Model” Keterampilan Abad 21 Pada Pembelajaran IPA SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 5(1), Article 1. https://doi.org/10.29303/jppipa.v5i1.171
Mubarok, R. (2022). Perencanaan Pembelajaran Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Madrasah Ibtidaiyah. Auladuna : Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.36835/au.v4i01.1096
Muhammedi, M. (2016). Perubahan Kurikulum Di Indonesia: Studi Kritis Tentang Upaya Menemukan Kurikulum Pendidikan Islam Yang Ideal. Jurnal Raudhah, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.30829/raudhah.v4i1.61
Nurhattati, Rahmawati, D., Rugaiyah, Ripki, A. J. H., & Wicaksono, D. (2023). The adaptability of school principal and teachers in curriculum design and lesson plan at COVID-19 pandemic. International Journal of Evaluation and Research in Education, 12(2), 1097–1104. Scopus. https://doi.org/10.11591/ijere.v12i2.24846
Pupik Dean, C. G., Grossman, P., Enumah, L., Herrmann, Z., & Kavanagh, S. S. (2023). Core practices for project-based learning: Learning from experienced practitioners in the United States. Teaching and Teacher Education, 133, 104275. https://doi.org/10.1016/j.tate.2023.104275
Reinita, R. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Tematik Terpadu dengan Model Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Journal of Moral and Civic Education, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.24036/8851412422020230
Saduakassova, A., Shynarbek, N., & Sagyndyk, N. (2023). Students’ perception towards project-based learning in enhancing 21st century skills in mathematics classes. Scientific Collection «InterConf», 150, 159–170.
Sari, R. T. (2017). Analisis Perencanaan Pembelajaran IPA pada Materi Ekosistem Kelas XII SMK Negeri 4 Padang. Jurnal VARIDIKA, 28(2), Article 2. https://doi.org/10.23917/varidika.v28i2.2710
Sarosa, S. (t.t.). Analisis Data Penelitian Kualitatif. PT Kanisius.
Sufiati, V., & Afifah, S. N. (2019). Peran perencanaan pembelajaran untuk performance mengajar guru pendidikan anak usia dini. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.21831/jpa.v8i1.26609
Suryapermana, N. (2017). Manajemen Perencanaan Pembelajaran. Tarbawi: Jurnal Keilmuan Manajemen Pendidikan, 3(02), Article 02. https://doi.org/10.32678/tarbawi.v3i02.1788
Suwandayani, B. I. (2018). Analisis Perencanaan Pembelajaran Tematik Pada Kurikulum 2013 di SD Negeri Kauman I Malang. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.30651/else.v2i1.1214
Suwastini, N. K. A., Puspawati, N. W. N., Adnyani, N. L. P. S., Dantes, G. R., & Rusnalasari, Z. D. (2021). Problem-based learning and 21st-century skills: Are they compatible? EduLite: Journal of English Education, Literature and Culture, 6(2), Article 2. https://doi.org/10.30659/e.6.2.326-340
Vhalery, R., Setyastanto, A. M., & Leksono, A. W. (2022). Kurikulum Merdeka Belajar Kampus Merdeka: Sebuah Kajian Literatur. Research and Development Journal of Education, 8(1), Article 1. https://doi.org/10.30998/rdje.v8i1.11718
Widiyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi Perencanaan Pembelajaran. Satya Sastraharing : Jurnal Manajemen, 4(2), Article 2. https://doi.org/10.33363/satya-sastraharing.v4i2.607
Wijayanti, I., & Ekantini, A. (2023). Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pembelajaran IPAS MI/SD. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), Article 2. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.9597
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).