EFEKTIFITAS PENGGUNAAN APLIKASI KAHOOT SEBAGAI ALAT EVALUASI PADA MATA KULIAH BACA TULIS AL-QUR’AN

Darmiah Darmiah

Abstract


Salah satu cara meningkatkan efektivitas pembelajaran adalah dengan memberikan unsur ransangan agar mahasiswa termotivasi dalam belajar, salah satunya melalui sistem evaluasi yang lebih inovatif dan kreatif yang dapat merangsang pola pikir kritis. Kahoot adalah website di internet yang mengahadirkan suasana kuis edukatif yang meriah dan heboh di dalam kelas, berbasis platform pembelajaran sebagai teknologi pendidikan. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Pre-Ekperimental Design dengan model One-Shot Case Study. Instrument pengumpulan data yang digunakan adalah soal tes yang dibagikan dengan menggunakan aplikasi kahoot. Data dianalisis untuk penentuan efektifitas dengan persentase. Hasil penelitian dapat diketahui median hasil belajar mahasiswa pada mata kuliah Baca Tulis Al-Qur’an adalah 80. Rentang nilai berada pada 40-100. Sedangkan rata-rata persentase keefektifan aplikasi kahoot sebagai alat evaluasi ditinjau dari hasil belajar adalah sebesar 80, 3% dan berada pada kategori sangat efektif. Secara keseluruhan penggunaan aplikasi kahoot sebagai alat evaluasi secara efektif dapat meningkatkan hasil belajar mahasiswa.


Full Text:

PDF

References


Andi, Andi, Jumardi Jumardi, dan Merina Merina. “Evaluasi Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi.” Humanis 19, no. 1 (2020): 1–5.

Bahar, Herwina, Dewi Setiyaningsih, Laily Nurmalia, dan Linda Astriani. “Efektifitas kahoot bagi guru dalam pembelajaran di sekolah dasar.” KACANEGARA Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat 3, no. 2 (2020): 155–62.

Daryanes, Febblina, dan Deci Ririen. “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Alat Evaluasi pada Mahasiswa.” Journal of Natural Science and Integration 3, no. 2 (2020): 172–86.

Daryanes, Febblina, dan Deci Ririen. “Efektivitas Penggunaan Aplikasi Kahoot Sebagai Alat Evaluasi pada Mahasiswa.” Journal of Natural Science and Integration 3, no. 2 (2020): 172–86.

Dewi, Cahya Kurnia. “Pengembangan alat evaluasi menggunakan Aplikasi Kahoot pada pembelajaran Matematika Kelas X.” UIN Raden Intan Lampung, 2018.

Febriana, Rina. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta Timur: Bumi Aksara, 2019.

Hardani. Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu Group Yogyakarta, 2020.

Hidayah, Rinda Wahyu, Sri Murdiyah, dan Tri Murti. “Pengembangan Alat Evaluasi melalui Aplikasi Kahoot Materi Karaktekteristik Ruang dan Pemanfaatan Sumber Daya Alam dengan Penguatan Karakter Mandiri Kelas IV Mi. Rn.” Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, dan Pengelolaan Pendidikan 1, no. 4 (2021): 280–88.

Lisnani, Lisnani, dan Gunadi Emmanuel. “Analisis Penggunaan Aplikasi KAHOOT dalam Pembelajaran IPA.” JIPI (Jurnal IPA & Pembelajaran IPA) 4, no. 2 (2020): 155–67.

Musianto, Lukas S. “Perbedaan pendekatan kuantitatif dengan pendekatan kualitatif dalam metode penelitian.” Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan (Journal of Management and Entrepreneurship) 4, no. 2 (2002): 123–36.

Prijuwuntato, S. Widanarto. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press, 2016.

Setemen, Komang. “Pengembangan evaluasi pembelajaran online.” Jurnal Pendidikan dan pengajaran 43, no. 3 (2010).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v12i3.20872

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Darmiah Darmiah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats

View My Stats


Indexed By:

 


PIONIR: Jurnal Pendidikan
P-ISSN 2339-2495
E-ISSN 2549-6611

Publised by Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter