Gerakan Literasi melalui Metode Pembelajaran Jolly Phonics Untuk Mengembangkan Kemampuan Membaca dan Menulis Anak
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Agustin, R., & Pambudi, W. (2020). Preferensi gaya belajar dan hasil prestasi akademis mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara dengan risiko disleksia. Tarumanagara Medical Journal, 2(1). https://doi.org/10.24912/tmj.v2i2.7853
Ahsani, E. luthfi F., & Azizah, N. R. (2021). IMPLEMENTASI LITERASI BUDAYA DAN KEWARGAAN UNTUK MENGEMBANGKAN KETERAMPILAN SOSIAL SISWA MADRASAH IBTIDAIYAH DI TENGAH PANDEMI. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(01). https://doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v11i01.10317
Aisyah, N., Mayasari, & Farida, I. (2021). Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah dengan Metode Jolly Phonics. Cendekia: Journal of Education and Teaching, 15(2), 251–277. https://doi.org/10.30957/cendekia.v15i2.726.memasuki
Andika, W. D., Utami, F., Sumarni, S., & Harini, B. (2022). Keterampilan Penting Sebelum Anak Siap Menulis. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i4.1973
Anggraeni, S., Suyono, S., & Kuswandi, D. (2019). Metode Jolly Phonics sebagai Metode Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 4(1), 91. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i1.11873
Arum Nisma Wulanjani, & Candradewi Wahyu Anggraeni. (2019). Meningkatkan Minat Membaca melalui Gerakan Literasi Membaca bagi Siswa Sekolah Dasar. Proceeding of Biology Education, 3(1), 26–31. https://doi.org/10.21009/pbe.3-1.4
Damayanti, M. S., Rasmani, U. E. E., & Syamsuddin, M. M. (2020). Penerapan Metode Jolly Phonics Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Kumara Cendekia, 8(1), 23. https://doi.org/10.20961/kc.v8i1.32822
Damsgaard, L., Nielsen, A. M. V., Topor, M. K., Hansen, R. A., Jensen, S. K., Markers, R. L., Gejl, A. K., Malling, A. S. B., & Wienecke, J. (2023). Embodied Learning Activities Focusing on Letter-Sound Knowledge Increase Spelling Performance in 1st Grade Children with Low and High Reading Ability. Educational Psychology Review, 35(3). https://doi.org/10.1007/s10648-023-09791-9
Dantes, N., & Handayani, N. N. L. (2021). Peningkatan Literasi Sekolah Dan Literasi Numerasi Melalui Model Blanded Learning Pada Siswa Kelas V SD Kota Singaraja. WIDYALAYA: Jurnal Ilmu Pendidikan, 1(3).
Elita, I. N., & Supriyanto, A. (2019). Peningkatan Minat Baca Peserta Didik Melalui Gerakan Literasi Sekolah. Seminar Nasional - Jurusan Administrasi Pendidikan Fakultas Ilmu PEndidikan Universitas Negeri Malang, 106–113. http://conference.um.ac.id/index.php/apfip/article/view/391
Endang Kusripinah, R. R., & Subrata, H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Untuk Meningkatan Literasi Baca Tulis: Literature Review. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(2), 29–38. https://doi.org/10.22373/pjp.v11i2.13507
Febri Artanto, D. (2023). Pengaruh Penerapan Gaya Belajar Auditori Mendengarkan Lagu Anak Terhadap Hasil Belajar Siswa Usia Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Sendratasik, 12(1).
Fringes, A. (2021). Multisensorik im stationären Einzelhandel – Grundlagen und Praxis in der kundenzentrierten Filialgestaltung. In Multisensorik im stationären Handel. https://doi.org/10.1007/978-3-658-31273-2_1
Golden Ages: Hasidic Singers and Cantorial Revival in the Digital Era. (2024). In Golden Ages: Hasidic Singers and Cantorial Revival in the Digital Era. https://doi.org/10.1525/luminos.175
Jatnika, S. A. (2019). Budaya Literasi untuk Menumbuhkan Minat Membaca dan Menulis. Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 1–6. https://doi.org/10.17509/ijpe.v3i2.18112
Kaiser, J.-P., Mitschke, N., Stricker, N., Heizmann, M., & Lanza, G. (2021). Konzept einer automatisierten und modularen Befundungsstation in der wandlungsfähigen Produktion. Zeitschrift Für Wirtschaftlichen Fabrikbetrieb, 116(5). https://doi.org/10.1515/zwf-2021-0070
Kementerian Komunikasi dan Informatika. (2023). Peran Penting Generasi Muda untuk Menyambut Indonesia Emas 2045. Kementerian Komunikasi Dan Informatika.
Marwiyati, S., & Hidayatulloh, M. A. (2018). Peran "Cakruk Baca Bergerak” Dalam Pengembangan Literasi Anak Usia Dini. AWLADY : Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 61. https://doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3236
Mujayanah, M. (2023). Pengembangan Kecakapan Hidup Anak Usia Dini Melalui Kuliner Tancok Ayu (Ketan Pencok Bumiayu) sebagai Produk Unggulan Kuliner di KB Mutiara Bunda. Pena Edukasia.
Nurhayani, N., & Nurhafizah, N. (2022). Media dan Metode Pengembangan Literasi Anak Usia Dini di Kuttab Al Huffazh Payakumbuh. Jurnal Basicedu, 6(6). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.3598
Pujiati, D., Basyar, M. A. K., & Wijayanti, A. (2022). Analisis Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Pedagogik Journal of Islamic Elementary School, 5(1), 57–68. https://doi.org/10.24256/pijies.v5i1.2615
Rumilah, S., & Cahyani, I. (2020). STRUKTUR BAHASA; Pembentukan Kata dan Morfem sebagai Proses Morfemis dan Morfofonemik dalam Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(1). https://doi.org/10.30659/j.8.1.70-87
Ruzain, R. B., Zulkifli, Z., Zulrafli, Z., Rosyida, R., Salsabila, A., Suhada, D., & Rosman, R. A. (2023). Menumbuhkan Budaya Literasi Membaca Dengan Menciptakan Lingkungan Literasi Di Sekolah Dasar Islam Plus YLPI Pekanbaru. Riau Journal of Empowerment, 6(1). https://doi.org/10.31258/raje.6.1.13-26
Safitri, L. E. (2020). Penerapan Metode Jolly Phonics dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Disleksia. Jurnal Pendidikan Khusus, 16(1).
Safitri, S., & Ramadan, Z. H. (2022). Implementasi Literasi Budaya dan Kewargaan di Sekolah Dasar. Mimbar Ilmu, 27(1). https://doi.org/10.23887/mi.v27i1.45034
Saputri, N. L., Febriyanti, R. H., & Hadi, I. (2022). PENGUATAN GURU TAMAN KANAK-KANAK DAN PAUD DENGAN METODE JOLLY PHONICS PADA PENGAJARAN BAHASA INGGRIS. Community Development Journal : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(3). https://doi.org/10.31004/cdj.v2i3.2166
Solichah, N., Solehah, H. Y., & Hikam, R. (2022). Persepsi Serta Peran Orang Tua dan Guru terhadap Pentingnya Stimulasi Literasi pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2453
W., S. (2022). Penerapan Pendidikan Islam Bagi Anak di Usia Emas Menurut Zakiah Dradjat. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5). https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i5.2418
Widyana, R., Astuti, K., Bahrussofa, M. F., & Githa, G. M. (2020). The effectiveness of jolly phonics and multisensory learning methods in improving preschoolers pre-reading skills. International Journal of Innovation, Creativity and Change, 11(8).
Wijayanti, T. I., & Utami, R. D. (2022). Mengembangkan Keterampilan Membaca dan Menulis Melalui Berbagai Metode dan Media Pembelajaran yang Bervariasi. Jurnal Basicedu, 6(3). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i3.3039
Wiratsiwi, W. (2020). Penerapan Gerakan Literasi Sekolah Di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(2), 230–238. https://doi.org/10.24176/re.v10i2.4663
Yusmar, F., & Fadilah, R. E. (2023). ANALISIS RENDAHNYA LITERASI SAINS PESERTA DIDIK INDONESIA: HASIL PISA DAN FAKTOR PENYEBAB. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13(1). https://doi.org/10.24929/lensa.v13i1.283
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v12i3.20950
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Fathor Rozi, Meylan Paputungan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.