Implementation of the Picture and Picture Learning Model to Improve Pancasila and Citizenship Education Learning Outcomes for Elementary School Students
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arikunto, S. (2018). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto, Suharsimi. (2005). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Boymau, H. G. C. ., & Hasyda, S. (2021). Penerapan Model Picture and Picture Untuk Meningkatkan Kemampuan Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Deni Normansyah, A. (2018). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunaakan Model Pembelajaran Picture and Picture Pada Pembelajaran PPKn dalam Materi Makna Persatuan dan Kesatuan dalam Keberagaman Siswa Kelas Tinggi SDN Pahlawan. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 3(1), 84–102. https://doi.org/10.23969/jp.v3i1.1028
Dewi, P. I. A., & Widinyani, N. (2021). Desain Pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar. Pidie: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Dewi, P. I. A., & Widiyani, N. (2021). Desain Pembelajaran PPKn Di Sekolah Dasar. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zaini.
Djajadi, M. (2019). Pengantar Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Arti Bumi Intaran.
Firdaus, F. M., Lubis, M. A., Razak, A., & Azizan, N. (2022). Penelitian tindakan kelas di SD/MI: dilengkapi tutorial olah data dan sitasi berbantuan software (Statcal, SPSS, Anates, Microsoft Excel, Publish or Perish, Mendeley). Yogyakarta: Samudra Biru.
Harahap, P. S. (2022). Penggunaan Model Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PPKn Materi Pancasila di Kelas II SDN 101670 Aek Huruaya Kecamatan Portibi Kabupaten Padang Lawas Utara. UIN Syekh Ali Hasan Ahmad Addary Padangsidimpuan.
Hasibuan, H. (2020). Landasan Dasar Pendidikan. Padang: CV. Rumahkayu Pustaka Utama.
Hayati, E., Rahmadi, I. F., & Muhidin, A. (2019). Strategi Pembelajaran PPKn. Tangerang Selatan: UNPAM PRESS.
Ishak. (2023). Penelitian Tindakan Kelas Pada Kurikulum Merdeka Belajar. Surabaya: CV. Dimar Jaya.
Kemmis, S., McTaggart, R., & Nixon, R. (2014). The Action Research Planner. Singapore: Springer Singapore. https://doi.org/10.1007/978-981-4560-67-2
Lubis, M. A., Hamidah, & Azizan, N. (2022). Model-model Pembelajaran PPKn di SD/MI: teori dan implementasinya untuk mewujudkan pelajar Pancasila. Yogyakarta: Samudra Biru.
Lubis, M. A., Sabri, Hamidah, & Azizan, N. (2022). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan SD/MI: buku ajar untuk PGSD/PGMI. Yogyakarta: Samudra Biru.
McNiff, J., & Whitehead, J. (2006). All You Need to Know About Action Research. London: Sage Publications.
Muhammad Tohir. (2019). Inti Sari Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Kencana.
Mulyoto, G. P. (2020). Konsep Dasar dan Pengembangan Pembelajaran PPKn Untuk MI/SD. Depok: Publica Institute Jakarta.
Parnawi, A. (2020). Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research). Yogyakarta: Deepublish. Diambil dari https://www.google.co.id/books/edition/Penelitian_Tindakan_Kelas_Classroom_Acti/djX4DwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=penelitian+tindakan+kelas&printsec=frontcover
Praseptia, D., & Zulherman, Z. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Picture and Picture Terhadap Peningkatan Prestasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 3018–3025. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.1073
Pratiwi, N., & Aslam, A. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Picture And Picture terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa di Sekolah Dasar. EDUKATIF : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 3697–3703. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1081
Salim, & Syahrum. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Medan: Citapustaka Media.
Shilphy, & Octavia. (2020). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.
Stringer, E. T., Christensen, L. M., & Baldwin, S. C. (2010). Integrating teaching, learning, and action research: enhancing instruction in the K–12. California: SAGE Publications.
Sutoyo. (2021). Teknik Penulisan Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta: UNISRI Pres.
Syaifuddin, & Arizal. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Guided Inquiry dengan Menggunakan Media Matlab. Malang: Media Nusa Kreatif.
Tyawati, Y. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Untuk Meningkatkan Hasil Belajar PKn Pada Peserta Didik Kelas V.A SD Negeri 256 Palembang. JS (JURNAL SEKOLAH), 5(1), 89–95. https://doi.org/10.24114/js.v5i1.22715
Undang-undang No. 20. (2003) Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Warso, A. W. D. D. (2021). Mengenal Penelitian Tindakan Kelas dan Dilengkapi Contohnya. Yogyakarta: Deepublish.
Zurwati. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Pembelajaran Picture and Picture Pada Materi Interaksi Sosial Di Kelas VII A SMP Negeri 5 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2022/2023. Aksara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 93–103. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33087/aksara.v6i0.455
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v12i3.20991
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Dewi Anzelina, Eliyawati Eliyawati, Nashran Azizan, Maulana Arafat Lubis
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.