PENERAPAN MODEL 3 CM LEARNING BERBANTUAN MEDIA KONKRET UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Abdillah, L. (2020). Bahan dan metode Artikel Ilmia . binadarma, 77-78.
Abdillah, L. A., Fauziah, A., Napitupulu, D. S., Sulistiyo, H., Fitriyani, Sakti, B. P., . . . Nurkanti, M. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Teori dan Penerapannya. Indramayu: penerbit Adab.
Alsaleh, N. J. (2020). Teaching Critical Thinking Skills: Literature Review. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 21.
Andriani, R., & Rasto. (2019). Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 80-86.
Ayu Chinintya Lestari, & Annizar, A. M. (2020). Proses Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah PISA. Jurnal Kiprah, 46.
Khairunnisa, G. F., & Ilmi, Y. I. (2020). edia Pembelajaran Matematika Konkret Versus Digital:Systematic Literature Reviewdi Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Tadris Matematika, 131-140.
Kusumaningrum, R. S., & Nuriadin, I. (2022). Pengaruh Pendekatan Matematika Realistik Berbantu Media Konkret terhadap Kemampuan Representasi Matematika Siswa. Jurnal Basicedu, 6613-6619.
Larasati, R., & Prihatnani, E. (2021). Pembelajaran Daring dengan Model Kolaboratif 3 CM dan Tutor Sebaya untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Kreatifitas. e-journal UKSW, 271-282.
Mizaniya. (2020). Analisis Materi Pokok Matematika MI/SD . Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 98-110.
Munandar, A. (2020). Sisitem Student Center Learning dan Teacher Center Learning. Bandung: Media Sains Indonesia .
Rizti, T. M., & Prihatnani, E. (2021). Efektivitas Model Pembelajaran 3CM (Cool-CriticalCreative-Meaningfull) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswi SMP. Mosharafa:Jurnal pendidikan Matematika, 213-224.
Ruqoyyah, S., Murni, S., & Wijaya, T. T. (2020). The Effect of VBA for Microsoft Excel as Teaching Material to Improve. Mimbar Sekolah , 251-268.
Setiawan, Y. (2020). 12Pengembangan Model Pembelajaran Matematika SD Berbasis Permainan Tradisional Indonesia danPendekatan Matematika Realistik. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 12-21.
Sholehah, S. H., Handayani, D. E., & Prasetyo, S. A. (2018). Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Mimbar Ilmu, 237.
Sidabutar, R. (2018). Hasil Belajar Matematika Siswa Ditinjau dari Kebiasaan Belajar dan. Jurnal Pendidikan, 98-100.
Suyetni, S. (2021). Impplementasi Konsep Pembelajaran Model RANI Terhadap Penguasaan Materi Matematika Di SDN 2 Jelapat Kecamatan Dusun Selatan Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Mitra Pendidikan(JMP Online), 560-570.
Syachtiyani, W. R., & Trisnawati, N. (2021). Analisis Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa Di Masa Pandemi Covid-19. Prima Magister: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 90-101.
Wahyudi, Nuryani, Setiawa, D., & Yohana. (2022). Pengembangan Media Smart Land Untuk Meningkatkan. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan SCHOLARIA, 21.
Widana, I. W., Parwata, I. M., Parmithi, N. N., Jayantika, I. G., Sukendra, K., & Sumandya, I. W. (2018). Higher Order Thinking Skills Assessment towards Critical Thinking on Mathematics Lesson. International Journal of Social Sciences and Humanities, 24-23.
Wildaniati, Y. (2019). Penggunaan Alat Peraga untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD N 2 Gunung Katun Kecamatan Baradatu. Jurnal Dewantara, 56-72.
Zubaidah, S. (2018). Mengenal 4C: Learning and Inovation Skills Untuk Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. 2nd Science Education National Converence , 1-18.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v12i3.21368
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Sherly Amelia Lidiani, Endang Indarini
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.