THE USE OF CANVA-BASED LEARNING ANIMATION MEDIA IN GRADE V SCIENCE SUBJECTS IN ELEMENTARY SCHOOLS
Abstract
This study aims to see how the learning process occurs using Canva-based animation media in science learning at SD IT Al-Fatih Peusangan. The subjects in this study were class teachers and class V students. Qualitative research is research that produces descriptive information in the form of written and spoken words. Data collection techniques are by interviews via mobile phones and filling in google from. The results of the study show that by using animation media, students like and feel happy because they can easily understand the material, learning, and also learning becomes more interesting. The difficulty of teachers in using animation media is the lack of projectors, LCDs, internet in schools and the difficulty of choosing characters when creating animation media.
Keywords: IPAS, Information technology, canva-based animation media
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Y. 2015. Pembelajaran multiliterasi. Bandung: Refika Aditama.
Andi Kristanto. 2016. Media Pembelajaran. Jawa Timur.
Andi Prastowo. 2011. Pengembangan Sumber Belajar. Yogyakarta.
Anshori, S. 2018. "Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi sebagai media pembelajaran". Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya, 2(1).
Anwar, S.Pd., S. P. I. 2015. Management Of Student Development. Indragiri TM.
Arifin, H. Z. 2017. "Perubahan perkembangan perilaku manusia karena belajar". SABILARRASYAD: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Kependidikan, 2(1).
Atep Sujana. 2014. Dasar-Dasar IPA : Konsep dan Aplikasinya. Bandung.
Azhar Arsyad. 2019. MediaPembelajaran. Depok Rajawali.
Azqiyya, M. R., dkk. 2023. "Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Berbasis Canva pada Mata Pelajaran IPA Materi Bentuk Tubuh Hewan dan Fungsinya". Tematik: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 2(1).
Batubara, H. 2020. Media pembelajaran efektif. Semarang: Fatawa Publishing.
Devila, R., Akib, I., & Agung, E. A. 2023. "Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Melalui Aplikasi Quizizz Dan Canva Di SDS Semen Tonasa II Kabupaten Pangkep". INCIDENTAL: Journal Of Community Service and Empowerment, 2(01 Juni).
Falahudin, I. 2014. "Pemanfaatan media dalam pembelajaran". Jurnal Lingkar Widyaiswara, 1(4).
Hanafy, M. S. 2014. "Konsep belajar dan pembelajaran". Lentera Pendidikan: Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 17(1).
Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. 2021. "Pengembangan media video animasi berbasis aplikasi canva untuk meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa". Jurnal Basicedu, 5(4).
Hasan, M., Milawati, dkk. 2021. Media pembelajaran.
Lestari, D., Rochadi, D., & Maulana, A. 2017. "Pengaruh media pembelajaran berbasis animasi terhadap hasil belajar siswa pada materi pelajaran menggambar bentuk bidang kompetensi keahlian teknik gambar bangunan di SMK 4 Tangerang Selatan".
Mashuri, D. K. 2020. "Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Materi Volume Bangun Ruang untuk SD Kelas V".
Moh. Suardi. 2018. Belajar dan Pembelajaran. Budi Utama.
Ningsih, S. 2020. Problematika Guru Dalam Menggunakan Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Dan Implikasinya di Sekolah Dasar.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. 2022. "Pengertian Pendidikan". Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6).
Rulviana, V., Yadita, I. R., & Yulianti, M. 2022. "Analisis Penggunaan Media Animasi Dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar".
Suardi, M. 2018. Belajar & pembelajaran. Deepublish.
Sudarsana, I. K. 2015. "Peningkatan mutu pendidikan luar sekolah dalam upayapembangunan sumber daya manusia". Jurnal Penjaminan Mutu, 1(1).
Sugiono. 2021. Metode Penelitian Kualitatif (3rd ed.). Alfabeta. www.cvalfabeta.com
Sukadari & Sulistyono. 2017. Ilmu Pendidikan. Cipta Bersama.
Syafrina, A., & Farhan, A. 2016. "Efektifitas Media Animasi Dalam Pencapaian Nilai Kriteria Ketuntasan Minimal". Jurnal Pesona Dasar, 2(4).
Tejo, Nurseto. 2011. Membuat Media Pembelajaran Yang Menarik.
Triwiyanto, T. 2021. Pengantar pendidikan. Bumi Aksara.
Wahyu, Y., Edu, A. L., & Nardi, M. 2020. "Problematika pemanfaatan media pembelajaran IPA di Sekolah Dasar". Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 6(1).
Wulandari, T., & Mudinillah, A. 2022. "Efektivitas Penggunaan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran IPA MI/SD". Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah, 2(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v13i1.21468
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Anisa Fadhlia, Andi Prastowo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.