TEACHER CHALLENGES IN AFFECTIVE ASSESSMENT AT PRIMARY SCHOOL
Abstract
One of the teacher's tasks in affective assessment is to measure students' talents, encouragement and interest in the material being taught. It is hoped that the assessment results will provide an overview of students' affective measures, so that teachers can analyze and make recommendations on how to improve students' attitudes, encouragement and motivation for learning. However, in practice teachers in elementary schools face various challenges in carrying out affective assessments. The method used in this research is a qualitative descriptive analysis method with a phenomenological approach. A phenomenological approach is also used to support literature studies from relevant books and journals. Challenges in affective assessment include teachers' lack of understanding of assessment standards, limitations in implementing authentic assessment, and difficulties in directing and observing students as a whole. The subjectivity of assessment is also a problem, considering that assessment results are often influenced by teachers' personal perceptions and preferences, which causes inconsistent assessment results. Other obstacles include limited assessment tools and methods, lack of training for teachers, and low involvement of parents and the community in supporting affective assessment.
Keywords: Teacher Challenges, Affective Assessment, Elementary School
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andriani, R. (2017). Keterbatasan Waktu dalam Penilaian Afektif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Anak, 10(4).
Astuti, P. (2018). Pendekatan Individual dalam Penilaian Afektif. Jurnal Psikologi Pendidikan, 18(2).
Cresswell, J. (2013). Desain Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Jurnal Pendidikan.
E. Kuusisto. (2021). Ilmu pendidikan Tantangan Mendidik Guru yang Memiliki Tujuan di Finlandia.
E.S, W. (2018). Persepsi Guru PAI dan Praktek Penilaian Sikap pada Kurikulum 2006 danKurikulum 2013 Studi Kasus di SMP Negeri Kecamatan Turi dan Sleman. Jurnal Studi Islam, 2.
H. C. Darong, E. M. Niman, & F. Nendi. (2022). Implementasi Penilaian Otentik oleh Guru Bahasa Inggris di Flores. 7.
Hanum, R. (2017). Evaluasi Pendidikan Anak Usia Dini. PIONIR: Jurnal Pendidikan, 6(2).
Ismail, F. (2021). Inovasi evaluasi hasil belajar pendidikan agama islam (model-model penilaian).
K. Handtke, & S. BöGeholz. (2022). Ilmu pendidikan Tantangan untuk Menghubungkan Biologi, Kimia, dan Fisika: Hasil Studi Longitudinal tentang Pengetahuan Konten yang Dinilai Sendiri.
Kurniasih, D. (2018). Kurangnya Pelatihan Penilaian Afektif untuk Guru SD. Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(2).
Kurniawan, D. (2021). Pendekatan Holistik dalam Pendidikan: Manfaat Penilaian Afektif. Jurnal Pendidikan Holistik, 9(2).
Kusumawati, R. (2019). Pelatihan Penilaian Afektif untuk Guru Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1).
Lestari, & Endang Titik. (2020). Cara praktis meningkatkan motivasi siswa sekolah dasar. Deepublish.
M, F., & D, A. (2023). Pentingnya Multikultural dalam Lembaga Pendidikan. J.BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi). Pendidikan), 5(2).
Mulyono, S. (2017). Keterbatasan guru dalam penilaian afektif di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1).
N , H., D, D., & I. A. Zuhriyah. (2023). Analisis Strategi Guru Dalam Mengembangkan Kepemimpinan Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Acad. Pendidikan. J., 14(2).
N. Bloom, & J. Van Reenen. (2013). Studi proses penilaian pengaruh domain oleh guru pai di smp negeri 2 bandung dan smp salman al-farisi bandung. Sedang Bekerja, 6(2).
Nur'alimah, E. O., M. E, H., & H. Basri. (2020). Calon Guru dalam Menerapkan Standar Penilaian dalam Mencapai Evaluasi Pendidikan Islam. MUKADIMAH J. Pendidikan, Sejarah, dan Ilmu-ilmu Sosial, 4(2).
Nurhidayati, I. (2019). Motivasi Belajar Siswa Melalui Penilaian Afektif di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 15(3).
Permana, D. (2019). Pengaruh Pendekatan Saintifik Terhadap Sikap Ilmiah Siswa. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inov. Pendidikan), 1(1).
Pramudiani, I, & Indrawan, I. G. A. (2019). Strategi Penilaian Autentik dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Indonesia, 17(2).
Prasetyo, T. (2020). Penilaian Afektif dan Kesejahteraan Emosional Siswa SD. Jurnal Psikologi Pendidikan, 18(4).
Pratama, I. G. S., & Putra, A. (2018). Pentingnya penilaian afektif dalam pembelajaran di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 8(2).
Pratiwi, L. (2020). Kolaborasi Guru dalam Penilaian Afektif. Jurnal Pendidikan Karakter, 14(3).
Putri, A. (2018). Informed consent dalam penelitian kualitatif: Perspektif etika penelitian. Jurnal Etika Penelitian Indonesia, 8(1).
Putri, A. (2021). Kolaborasi orang tua dan guru dalam penilaian afektif siswa SD. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(1).
Rahmawati, T. (2017). Integrasi Penilaian Afektif dalam Pembelajaran Sehari-hari. Jurnal Pendidikan Anak, 12(4).
S. Hajaroh, U. Islam, & N. Mataram. (2018). Kesadaran Guru dalam Memahami. 10(2).
Saraswati, L. (2019). Tantangan Guru dalam Penilaian Afektif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 14(1).
Sari, M, & Hidayat, R. (2019). Keamanan data dalam penelitian kualitatif: Studi kasus penggunaan aplikasi Mobile. Jurnal Teknologi Pendidikan Indonesia, 11(3).
Sari, M. (2018). Penilaian Afektif dan Beragamnya Karakter Siswa SD. Jurnal Psikologi Pendidikan, 15(2).
Sari, P, & Kurniawati, D. . (2021). Peran penilaian afektif dalam pendidikan karakter di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Karakter Bangsa, 10(1).
Setiadi, & Hari. (2016). Pelaksanaan penilaian pada Kurikulum 2013. Jurnal penelitian dan evaluasi pendidikan, 20(2).
Setiawan, R, & Fitriani, N. (2020). Pengaruh penilaian afektif terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(3).
Setiawati, O. T. (2020). Problematika Guru Dalam Penilaian Afektif Pada Kurikulum 2013 Di SD Negeri Jatibatur 1. Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sudarwan, N. (2020). Prinsip Penilaian Afektif dalam Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Din, 8(1).
Suryadi, D, & Suparno, P. (2020). Metode Penilaian dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan, 25(1).
Suryani, D. (2019). Pemanfaatan Teknologi dalam Penilaian Afektif di Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 16(2).
Susanti, E, & Hidayat, R. (2019). Pemanfaatan teknologi dalam penilaian afektif siswa. Jurnal Teknologi Pendidikan, 11(3).
Susanto, A. (2017). Pentingnya Penilaian Afektif dalam Pendidikan Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2).
Suyadi, H. (2020). Analisis kendala dalam penilaian afektif pada pembelajaran tematik. Jurnal Pendidikan Karakter Anak, 4(3).
Wahyuni, S, & Prasetyo, A. (2020). Pertimbangan etis dalam penelitian kualitatif menggunakan teknologi digital. Jurnal penelitian sosial dan humaniora, 15(2).
Wijayanti, R. (2018). Peran Penilaian Afektif dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa SD. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1).
Wijayanti, R. (2021). Wijayanti, R. (2021). Dukungan Administrasi Sekolah terhadap Penilaian Afektif. Jurnal Manajemen Pendidikan, 19(1).
Wulandari, A. (2018). Instrumen Penilaian Afektif di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 15(2).
Yulianti, E. (2020). Subjektivitas dalam Penilaian Afektif oleh Guru SD. Jurnal Pendidikan Karakter, 12(3).
Zuhera, Y. (2017). Kendala Guru dalam Memberikan Penilaian Terhadap Sikap Siswa dalam Proses Pembelajaran Berdasarkan Kurikulum 2013 di SD Negeri 14 Banda Aceh. Jurnal Ilmu Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v13i2.23659
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 Asfiana Asfiana, Raudhatul Alawiyah Ash Shodiq, Sigit Prasetyo
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.