THE PROCESS OF DEVELOPING STUDENTS' LEARNING ACTIVITIES THROUGH THE APPLICATION OF FUN LEARNING METHOD AT AN-NUR SDI
Abstract
Keywords: fun learning method, Implementation of learning, Learning activities using the fun learning method
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azwarini, F. M. (2022). Peran Guru Indonesia Dalam Menghadapi Tantangan Dalam Pembelajaran Abad 21.
Arnyana, I. B. P. (2019). Pembelajaran untuk meningkatkan kompetensi 4c (communication, collaboration, critical thinking dancreative thinking) untukmenyongsong era abad 21. Prosiding: Konferensi Nasional Matematika dan IPA Universitas PGRI Banyuwangi, 1(1), i-xiii.
Akbar, J. S., Dharmayanti, P. A., Nurhidayah, V. A., Lubis, S. I. S., Saputra, R., Sandy, W., ... & Yuliastuti, C. (2023). Model & Metode Pembelajaran Inovatif: Teori Dan Panduan Praktis. Pt. Sonpedia Publishing Indonesia.
Amalida, L., & Halimah, L. (2023). Tantangan Pembelajaran Abad-21: Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Power Point Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 4(1), 54-60.
Asmawadi, A. (2021). Fun learning melalui media whatsapp pada pembelajaran jarak jauh untuk kelas 1 sekolah dasar. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(1), 1-10.
Alfansyur, A., & Mariyani, M. (2020). Seni mengelola data: Penerapan triangulasi teknik, sumber dan waktu pada penelitian pendidikan sosial. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 5(2), 146-150.
Alhikmah, R. N., Roza, Y., & Maimunah, M. (2021). Analisis kesulitan guru matematika SMP dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) berdasarkan kurikulum 2013. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 655-669.
Annisa, A., Ridwan, F. D., & Paujiah, E. (2021). Implementasi Metode Fun Learning untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa SDN Curug 03. Proceedings Uin Sunan Gunung Djati Bandung, 1(46), 159-174.
Auliyah, D. D., Habibah, S. R. N., & Faelasup, F. (2024). Analisis pengaruh rencana pelaksanaan pembelajaran terhadap kualitas pembelajaran. Jurnal Ilmu Pendidikan & Sosial (SINOVA), 2(3), 203-216.
Ananda, R., & Amiruddin, A. (2019). Perencanaan pembelajaran.
Astuti, R. P. (2019). Upaya Guru Dalam Mengatasi Kecurangan Akademik Siswa Pada Mata Pelajaran PAI di SMP it Rabbi Radhiyya (Doctoral dissertation, IAIN Curup).
Anggraini, D. L., Yulianti, M., Nurfaizah, S., & Pandiangan, A. P. B. (2022). Peran guru dalam mengembangan kurikulum merdeka. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Sosial, 1(3), 290-298.
Chusna, N. L. (2023). Penerapan Metode Pembelajaran Fun Learning terhadap Hasil Belajar PKN materi Hidup Rukun II SDN Telang 2. ALENA: Journal of Elementary Education, 1(2), 106-113.
Cahyaningrum, A., Susetyo, A. M., & Citraningrum, D. M. (2024). Pengaruh Metode Fun Learning Terhadap Minat Belajar Menulis Cerpen Di Sdn Sumbersari 03 Jember. Jurnal Bastra (Bahasa dan Sastra), 9(1), 1-13.
Damayanti, N. E., Zwageri, A. J., Putri, E. S., Amalinda, H. P., Angelita, I., Hermawan, N., & Maharani, N. (2024). Analisis Kelayakan Bisnis Outdoor Plus: Peningkatan
Diana, E., & Rofiki, M. (2020). Analisis metode pembelajaran efektif di era new normal. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran (JRPP), 3(2), 336-342.
Djonomiarjo, T. (2020). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 39-46.
Fitriani, A., Kartini, A., Maulani, M., & Prihantini, P. (2022). Peran Guru dan Strategi Pembelajaran dalam Memenuhi Kompetensi Siswa Abad 21. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(2), 16491-16498.
Fauzi, S. E. H. P. P., Hawa, M., & Setiyono, J. (2022). Analisis Psikologi Sastra pada Novel My Step Brother Karya Niha Osh serta Hubungannya dengan Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA. Jubah Raja: Jurnal Bahasa, Sastra, Dan Pengajaran, 1(1), 113-121.
Fairus, R. N. (2023). Pengaruh Metode Fun Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar. Educare: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(2), 1-9
Fajriyah, K., Priyanto, W., Untari, M. F. A., & Putriyanti, L. (2024). Pelatihan Penyusunan Bahasa Ajar Berbasis Gambar Ilustrasi Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Gayamsari Semarang. JAMU: Jurnal Abdi Masyarakat UMUS, 4(02), 100-107.
Gazali, M., Pransisca, M. A., & Efendi, L. J. (2023). Penerapan Metode Fun Teaching Pada Pembelajaran Tematik Kelas Iii Di Sd Assunnah Assalafiyyah Suralaga Kecamatan Suralaga. Jurnal Ilmiah Global Education, 4(1), 288-295.
GITA, N. S. (2023). Implementasi Metode Fun Teaching Berbasis Pembelajaran Daring Terhadap Hasil Belajar Tematik Kelas Iv Di Mimuhammadiyah Tangkitbatunatar (Doctoral dissertation, UIN RADEN INTAN LAMPUNG).
Gazali, M., Pransisca, M. A., & Efendi, L. J. (2023). Penerapan Metode Fun Teaching Pada Pembelajaran Tematik Kelas III Di Sd Assunnah Assalafiyyah Suralaga Kecamatan Suralaga. Jurnal Ilmiah Global Education, 4(1), 288-295.
Hidayah, R., & Bakhtiar, A. M. (2022). Pengaruh Penggunaan Metode Fun Learning Untuk Menumbuhkan Semangat Siswa Kelas III. Joyful Learning Journal, 11(4), 174-178.
Hati, K., Lestari, D. S., Istiqamah, D., Siboro, E. N., & Hidayati, A. H. (2024). Pendampingan Pembelajaran Fun Learning untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Literasi di SDN JABUNG 1. Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara, 1(4), 5421-5432.
Hidayat, A., Sa'diyah, M., & Lisnawati, S. (2020). Metode pembelajaran aktif dan kreatif pada madrasah diniyah takmiliyah di kota bogor. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 9(01), 71-86.
Islam, A. F., Ni’amah, A., & Sholikhah, M. (2021, September). English Fun Learning (EFL): Pendampingan Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Hibryd Learning Bagi Siswa Ma Al-Asy’ari Keras Diwek Jombang. In Prosiding Conference on Research and Community Services (Vol. 3, No. 1, pp. 817-825).
Kosakata Bahasa Arab Siswa di Roudlotut Tholibin Kota Metro. Al Maghazi: Arabic Language in Higher Education, 1(1), 1-8.
Khotimah, U. (2022). Pengaruh Teknologi Terhadap Pembelajaran Abad 21.
Kosakata Bahasa Arab Siswa di Roudlotut Tholibin Kota Metro. Al Maghazi: Arabic Language in Higher Education, 1(1), 1-8.
Kartika, W., Nurrohmah, N., & As-Sikah, S. (2020). Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas 4 dalam Proses Pembelajaran di MI Yanida. MANAZHIM, 2(1), 70-80.
Kistian, A. (2019). Penerapan model pembelajaran problem based learning (PBL) dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SD Negeri Ujong Tanjong Kabupaten Aceh Barat. Jurnal Genta Mulia, 10(2).
Kober, D. D. B. A. Strategi Pembelajaran Fun Learning Dalam Menstimulasi Kemampuan Keaksaraan Anak Usia.
Kamal, F. (2020). Model Pembelajaran Sorogan Dan Bandongan Dalam Tradisi Pondok Pesantren. Paramurobi: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 15-26.
Lubis, A. (2019). Analisis Perspektif Global Guru Pengaruhnya Terhadap Efektivitas Pembelajaran Di Smk Negeri Kota Padangsidimpuan. Jurnal Education And Development, 7(4), 289-289.
Lestari, N. (2022). Pengaruh Metode Fun Learning Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Ips Terpadu Siswa Kelas Viii Smpn 2 Ponorogo (Doctoral dissertation, IAIN PONOROGO).
Mhb, R. J., & Mukhlis, M. (2023). Keterampilan Abad 21 Buku Teks Bahasa Indonesia pada Kelas X Terbitan Kemdikbud. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 9(1), 197-208
Minsih, M., Rusnilawati, R., & Mujahid, I. (2019). Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Membangun Sekolah Berkualitas Di Sekolah Dasar. Profesi Pendidikan Dasar, 6(1), 29-40.
Munawir, M., & Erindha, A. N. Indawan (2023). Memahami Karakteristik Guru Profesional. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 8(1), 384-390.
Mutiawati, M., & Herawati, H. (2020). Pelatihan Model Fun Learning Dalam Pembelajaran Matematika Di Paud Dan Sd Rumah Quran Lampriet Kota Banda Aceh. JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT BIDANG PENDIDIKAN, 2(2).
Murniatun, M. (2022). Peran Guru Dalam Pembelajaran Berbasis Kompetensi. Jurnal Kependidikan, 7(1), 88-96.
Mardhiyah, R. H., Aldriani, S. N. F., Chitta, F., & Zulfikar, M. R. (2021). Pentingnya keterampilan belajar di abad 21 sebagai tuntutan dalam pengembangan sumber daya manusia. Lectura: Jurnal Pendidikan, 12(1), 29-40.
Nisa, K., Amanda, N., & Pribadi, R. A. (2023). Kolaborasi Pendidik Dan Peserta Didik dalam Mewujudkan Digitalisasi dan Penguasaan Teknologi Pada Pembelajaran Abad 21. Jurnal Basicedu, 7(3), 1433-1445.
Nahdi, D. S., & Cahyaningsih, U. (2019). Keterampilan Guru SD Dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0. In Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series (Vol. 2, No. 1, pp. 57-63).
Nurma, A. (2021). Implementasi Metode Fun Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar SKI DI Tsanawiyah Al-Hikmah Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Novalita, R. (2014). Pengaruh perencanaan pembelajaran terhadap pelaksanaan pembelajaran (suatu penelitian terhadap mahasiswa pplk program studi pendidikan geografi fkip universitas almuslim).
Lentera: Jurnal Ilmiah Sains dan Teknologi, 147059.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan media pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal misykat, 3(1), 171-187.
Nopiani, S., Purnamasari, I., Nuvitalia, D., & Rahmawati, A. (2023). Kompetensi 4C Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Kelas IV Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 5202-5210.
Oktafia, A., Fadilah, F. N., & Zainuddin, A. (2023). Penerapan Metode Fun Learning untuk Menghafal Kosakata Bahasa Arab Siswa di Roudlotut Tholibin Kota Metro. Al Maghazi: Arabic Language in Higher Education, 1(1), 1-8.
Oktafia, A., Fadilah, F. N., & Zainuddin, A. (2023). Penerapan Metode Fun Learning untuk Menghafal
Oktafiana, Nur, dkk. "Penerapan Metode Fun Learning dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Bahasa Jawa Siswa Kelas V SD Negeri Percobaan 2 Depok." Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah 8.1 (2024): 342-349.
Padwa, T. R., & Erdi, P. N. (2021). Penggunaan e-modul dengan sistem project based learning. Jurnal Vokasi Informatika, 21-25.
Primadoniati, A. (2020). Pengaruh Metode Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 9(1), 77-97.
Prihartini, Y., Buska, W., Hasnah, N., & Ds, M. R. (2019). Peran dan Tugas Guru dalam Melaksanakan 4 Fungsi Manajemen EMASLIM dalam Pembelajaran di Workshop. Islamika: Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 19(02), 79-88.
Pradana, B. F. (2022). Pengenalan dan Penerapan Metode Fun Learning di Era New Normal untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa MI di Desa Pasunggingan. Kampelmas, 1(1).
Puspa, C. I. S., Rahayu, D. N. O., & Parhan, M. (2023). Transformasi pendidikan abad 21 dalam merealisasikan sumber daya manusia unggul menuju indonesia emas 2045. Jurnal Basicedu, 7(5), 3309-3321.
Rahayu, R., Iskandar, S., & Kurniawan, D. T. (2023). Karakteristik Keterampilan Guru Abad 21. Caruban: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Dasar, 6(1), 308-321.
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. (2022). Inovasi pembelajaran abad 21 dan penerapannya di Indonesia. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099-2104
Ramadhan, S. M., & Haryadi, R. (2022). Karakteristik, Keterampilan, Kompetensi pembelajaran dan peran guru di abad 21. Proceeding: Islamic University of Kalimantan.
Ramliyana, R., & Ramdhan, V. (2021). Penerapan Aplikasi Berbasis Smartphone Quizizz dalam Pembelajaran Online di Era New Normal. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 3(1), 60-70.
Rouf Marzuqi, N. I. M. (2022). Penerapan Metode Fun Learning dalam pembelajaran Bahasa Arab di MTs Futuhiyyah Bangorejo Banyuwangi Tahun Pelajaran 2021/2022. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
Robiyanto, A. (2021). Pengaruh model problem based learning terhadap hasil belajar siswa. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 114-121.
Safitri, D., Sos, S., & Pd, M. (2019). Menjadi guru profesional. PT. Indragiri Dot Com.
Sanjani, M. A. (2020). Tugas dan peranan guru dalam proses peningkatan belajar mengajar. Serunai: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(1), 35-42.
Salim, B. S., Ivander, F., & Cahyadi, A. (2023). Kesiapan dan Dampak Penggunaan Teknologi Metaverse dalam Pendidikan. Kesatria: Jurnal Penerapan Sistem Informasi (Komputer dan Manajemen), 4(1), 48-57.
Septikasari, R., & Frasandy, R. N. (2018). Keterampilan 4C abad 21 dalam pembelajaran pendidikan dasar. Tarbiyah Al-Awlad: Jurnal Kependidikan Islam Tingkat Dasar, 8(2), 107-117.
Syahid, A. A., Hernawan, A. H., & Dewi, L. (2022). Analisis Kompetensi Digital Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3), 4600-4611.
Susetyo, A. M., Hardovi, B. H., Aabid, M. F., & Aprilia, A. P. (2023). Model Pembelajaran Fun Learning Untuk Guru di Yayasan Nurussaalam Wonoasri Jember. Jurnal Pengabdian Masyarakat Manage, 4(02), 113-128.
Suadnyana, I. B. P. E. (2020). Pembelajaran Abad 21 Dan Pengembangan Program Studi Filsafat Hindu Di Stahn Mpu Kuturan Singaraja. PINTU: Jurnal Penjaminan Mutu, 1(2).
Sonia, T. N. (2019). Menjadi Guru Abad 21: Jawaban Tantangan Pembelajaran Revolusi Industri 4.0.
Sofiyulloh, M., & Ma’ruf, A. (2024). Pengembangan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Pembelajaran Pai Kisah Nabi Muhammad Saw Membangun Kota Madinah Di Sdn Oro-Oro Pule Kejayan Pasuruan. Al-Abshor: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(4), 258-264.
Sukatin, S., Nuri, L., Naddir, M. Y., Sari, S. N. I., & Indriani, W. (2022). Teori belajar dan strategi pembelajaran. Journal of Social Research, 1(8), 916-921.
Suratman, A., Afyaman, D., & Rakhmasari, R. (2019). Pembelajaran berbasis TIK terhadap hasil belajar matematika dan motivasi belajar matematika siswa. Jurnal Analisa, 5(1), 41-50.
Sesrita, A., & Marlina, M. (2023). Faktor dan Kendala Guru dalam Menyusun Komponen RPP Kurikulum 2013. Pena Anda: Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 1(2), 1-11.
Trisnawati, W. W., & Sari, A. K. (2019). Integrasi keterampilan abad 21 dalam modul sociolinguistics: Keterampilan 4c (collaboration, communication, critical thinking, dan creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 455-466.
Talia, M., Khodijah, N., & Suryana, E. (2022). Sistem Pendidikan Islam di Indonesia. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 9(1), 54-72.
Ubabuddin, U. (2020). Pelaksanaan Supervisi Pembelajaran Sebagai Upaya Meningkatkan Tugas Dan Peran Guru Dalam Mengajar. Nidhomul Haq: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(1), 102-118.
Wangid, M. N. (2023). Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Abad 21. Jurnal Educhild: Pendidikan dan Sosial, 12(1), 23-28.
Wulantari, V., Ermiana, I., & Oktaviyanti, I. (2021). Analisis kesulitan guru dalam pembuatan rencana pelaksanaan pembelajaran kurikulum 2013 gugus 1 Kecamatan Gerung. Jurnal Ilmiah PENDAS: Primary Educational Journal, 2(1), 72-81
Widiyanto, I. P., & Wahyuni, E. T. (2020). Implementasi perencanaan pembelajaran. Satya Sastraharing: Jurnal Manajemen, 4(2), 16-35.
Widyanto, I. P., & Vienlentia, R. (2022). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar Peserta Didik menggunakan Student Centered Learning (Doctoral dissertation, State University of Malang).
Yestiani, D. K., & Zahwa, N. (2020). Peran Guru dalam Pembelajaran pada Siswa Sekolah Dasar. Fondatia, 4(1), 41-47.
Zaeni, A. (2021). Penerapan Metode Fun Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Tematik Sekolah Dasar. Salimiya: Jurnal Studi Ilmu Keagamaan Islam, 2(3), 229-239.
Zurriyati, E., & Mudjiran, M. (2021). Kontribusi perhatian orang tua dan motivasi belajar terhadap keterlibatan siswa dalam belajar (student engagement) di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1555-1563.
DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v14i1.27904
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2025 susan nurwidianing

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









