PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATERI RUKUN IMAN PADA SISWA KELAS I SD NEGERI 49 KOTA BANDA ACEH
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v7i1.3321Keywords:
Media Audio Visual, Peningkatan Hasil Belajar, Rukun ImanAbstract
Penggunaan media yang tepat dalam proses belajar mengajar akan menjadikan suasana belajar yang menyenangkan. Dalam proses belajar mengajar, seorang guru diharapkan dapat memberikan pengajaran yang mudah dipahami oleh siswa. Akan tetapi kenyataannya dilapangan, masih terdapat guru yang belum tepat dalam menggunakan media pembelajaran dan kurang memanfaatkan media yang ada di sekolah. Mengingat hal yang demikian, guru harus mampu menggunakan media yang tepat dan efisien dalam pembelajaran, khususnya pada pembelajaran. sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan tidak membuat siswa bosan saat belajar. Salah satu cara yang dapat ditempuh oleh guru adalah dengan menggunakan media audio visual dalam pembelajaran. Pertanyaan peneliti dalam skripsi ini adalah Bagaimanakah aktivitas guru dan siswa dengan penggunaan media audio visual materi rukun iman pada siswa kelas I SDN 49 Kota Banda Aceh? Bagaimanakah hasil belajar siswa dengan menggunakan media audio visual materi rukun iman pada siswa kelas I SDN 49 Kota Banda Aceh? penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari beberapa tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Data tentang kegiatan pembelajaran diperoleh dari pengamatan guru dalam mengelola pembelajaran, pengamatan siswa dalam proses belajar, hasil tes belajar siswa, angket respon siswa, dan wawancara. Data yang diperoleh diolah dengan menggunakan rumus yang sesuai dengan kriteria aktivitas yang telah ditentukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa dengan menggunakan media audio visual pada siklus I pertemuan 1 dengan nilai rata-rata 53,43. Pada pertemuan 2 dengan nilai 57,28. Pada siklus II pertemuan 1 memperoleh nilai rata-rata 62,18 dan pertemuan 2 dengan nilai 76,25. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa penggunaan media audio visual sangat cocok di gunakan pada pembelajaran dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas I SDN 49 Kota Banda Aceh.References
Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktis, (Edisi Revisi).
B. Uno, Hamzah, dkk,. 2011. Menjadi Peneliti PTK yang Profesional. Jakarta: Bumi Aksara.
Darimi, Ismail. "Diagnosis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Aktif di Sekolah." JURNAL EDUKASI: Jurnal Bimbingan Konseling 2.1 (2016): 30-43.
Darimi, Ismail. "Information And Communication Technologies Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Efektif Era Teknologi Informasi." Cyberspace: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi 1.2 (2017): 111-121.
Darimi, Ismail. "Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Pembelajaran." Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 5.2 (2015): 309-324.
Defiya. 2014. “Penerapan Metode Diskusi Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di Kelas V MIN Mesjid Raya Banda Acehâ€, Skripsi: Banda Aceh: UIN Ar-Raniry.
Haryoko, Sapto. “ Efektifitas Pemanfaatan Media Audio-Visual Sebagai Alternatif Optimalisasi Model Pembelajaranâ€. Jurnal Edukasi@Elektro, Volume 5, (1):2009.
Ismail, Bachtiar, and Ismail Darimi. "Peningkatan Penguasaan Materi Hadits melalui Metode Resitasi pada Mahasiswa PAI FTK UIN Ar-Raniry." Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam 6.2 (2017): 219-232.
Mahmud & Priadi, Tedi. 2005. Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung: Sahifa.
Rijal, Fakhrul. "Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Pendekatan Contextual Teaching And Learning Pada Konsep Tumbuhan Hijau Di Kelas V MIN Tungkob Aceh Besar." PIONIR: Jurnal Pendidikan 3, no. 1 (2015).
Sukewi. 1994. Proses Belajar Mengajar. Semarang: IKIP Semarang Press.
Sukini, “Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar Kelas Rendah Dan Pelaksanaannyaâ€, Jurnal Magistra No. 82 Th,XXIV Desember 2012, ISSN 0215-9511.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).