MODEL PROJECT CITIZEN UNTUK MENINGKATKAN KECAKAPAN PENDIDIKAN KARAKTER PADA SISWA MIN MEUREUDU KABUPATEN PIDIE JAYA
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v7i1.3322Keywords:
Model Priject Citizent, Pendidikan KarakterAbstract
Penelitian ini merancang Model Project Citizen Untuk Meningkatkan Kecakapan Pendidikan Karakter siswa pada MIN di Pidie Jaya. Permasalahan yang dirumuskan, Apakah ada perbedaan kecakapan Karakter kecakapan intelektual, Kecakapan partisipantoris siswa yang menggunakan model project citizen dengan model konvensional? Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil pretest dan postest antara siswa yang proses belajar mengunakan project citizen dengan siswa yang belajar secara konvensional dalam meningkatkan kecakapan pendidikan karakter siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, metode yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan desain‖nonequivalent control group pre-test dan post test design. Dalam desain ini kedua kelompok tidak dipilih secara radom. Pengumpulan data dilakukan dengan pre dan post test dengan mengunakan tes angket. Dari hasil penelitian dapat ditemukan adanya peningkatan senifikan pada kecakapan intelektual, kecakapan kewarganegaraan dan kecakapan patisipatoris, antara kelas eksprimen dengan kelas control. Dan diharapkan Analisis data dapat menunjukkan bahwa siswa merespon positif pembelajaran Pendidikan Karakter dengan menggunakan model project citizen.References
Budimansyah, D. (2009). “Project Citizenâ€UPI Bandung.
Budimansyah, D. (2002). Model Pembelajaran dan Penilaian Berbasis Portofolio. Bandung: PT. Genesindo.
Maleong, L. J. (1999). Model Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Roda karya.
Sopiah, P. (2009). Pengaruh Aplikasi Pembelajaran Pendidikan Karakter Berbasis Fortofolio Terhadap Pengembangan Budaya Karakter (Civic Culture). Acta Civicus, Vol. 2, April 2009
Downloads
Published
2018-08-09
Issue
Section
Artikel
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).