PENGEMBANGAN METODE SAS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA

Silvia Sandi Wisuda Lubis

Abstract


Membaca permulaan merupakan tahapan proses belajar membaca bagi siswa sekolah dasar kelas awal. Siswa belajar untuk memperoleh kemampuan dan menguasai teknik-teknik membaca dan menangkap isi bacaan dengan baik. Kegiatan membaca permulaan dimulai dari taman kanak-kanak atau sekolah dasar tingkat awal. Pelajaran membaca dan menulis di kelas-kelas awal disebut pelajaran membaca dan menulis permulaan. Pentingnya membaca permulaan di kelas I adalah agar siswa dapat membaca kata-kata dan kalimat sederhana dengan lancar dan tepat. Metode SAS merupakan metode yang tepat dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa. Dalam proses operasionalnya, metode SAS mempunyai langkah-langkah dengan urutan sebagai berikut : (a) strukutur, menampilkan keseluruhan, (b) analisis, melakukan proses penguraian, (c) sintesis, melakukan penggabungan kembali pada struktur semula. Adapun langkah-langkah pengembangan metode SAS dalam keterampilan membaca permulaan yaitu : (1) Membagi kalimat menjadi beberapa kata; (2) Membagi kata menjadi beberapa suku kata: (3) Membagi suku kata menjadi bunyi huruf; (4) Menggabungkan bunyi-bunyi huruf menjadi suku kata; (5) Menggabungkan bunyi suku kata menjadi kata.

Keywords


Pengembangan, Metode SAS, Membaca Permulaan

Full Text:

PDF

References


Achmad, Tarmidzi. 2008. Penerapan Pembelajaran Cooperative Make a Match. Jakarta : Bumi aksara

Dahniar. Peningkatan Keterampilan Membaca Lanjutan Dengan Metode Sas Siswa Kelas II SDN 2 Ogowele. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 8 ISSN 2354-614X . Diakses pada 19 Juni 2018 @ http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/ index.php/JKTO/article/viewFile/3389/2424

Endah, Wiwik kus. 2014. Perbandingan pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan metode sas dan metode kata lembaga berdasarkan perbedaan gaya belajar pada peserta didik taman kanak-kanak. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SELOKA 3. Diakses pada 23 Juni 2018 @journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ seloka/.../4778

Juve, Akang. Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam Pembelajaran. Diakses pada 19 Juni 2018 @ http://www.webjuprani.com/ 2012 /11/ pengertian-metode-sas.html

Poerwadarminta, W.J.S. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka

Rusdiyanto, R. 2014. Upaya meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui metode struktural analitik sintetik (SAS) pada bidang studi bahasa indonesia siswa kelas 1 SD negeri 02 kunduran kecamatan kunduran kabupaten blora tahun pelajaran 2010/2011 Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sebelas maret surakarta. Diakses pada 19 Juni 2018 @ http://eprints.ums.ac.id/30144/13/ NASKAH_PUBLIKASI.pdf

Setyanai, Wilugeng dkk. 2012. Methode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Dalam Peningkatam Membaca Permulaan Di Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal FKIP Universitas Sebelas Maret. Diakses pada 23 Juni 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v7i1.3324

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PIONIR: Jurnal Pendidikan



View My Stats

View My Stats


Indexed By:

 


PIONIR: Jurnal Pendidikan
P-ISSN 2339-2495
E-ISSN 2549-6611

Publised by Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter