PENGEMBANGAN METODE SAS DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA PERMULAAN SISWA
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v7i1.3324Keywords:
Pengembangan, Metode SAS, Membaca PermulaanAbstract
Membaca permulaan merupakan tahapan proses belajar membaca bagi siswa sekolah dasar kelas awal. Siswa belajar untuk memperoleh kemampuan dan menguasai teknik-teknik membaca dan menangkap isi bacaan dengan baik. Kegiatan membaca permulaan dimulai dari taman kanak-kanak atau sekolah dasar tingkat awal. Pelajaran membaca dan menulis di kelas-kelas awal disebut pelajaran membaca dan menulis permulaan. Pentingnya membaca permulaan di kelas I adalah agar siswa dapat membaca kata-kata dan kalimat sederhana dengan lancar dan tepat. Metode SAS merupakan metode yang tepat dalam meningkatkan keterampilan membaca permulaan siswa. Dalam proses operasionalnya, metode SAS mempunyai langkah-langkah dengan urutan sebagai berikut : (a) strukutur, menampilkan keseluruhan, (b) analisis, melakukan proses penguraian, (c) sintesis, melakukan penggabungan kembali pada struktur semula. Adapun langkah-langkah pengembangan metode SAS dalam keterampilan membaca permulaan yaitu : (1) Membagi kalimat menjadi beberapa kata; (2) Membagi kata menjadi beberapa suku kata: (3) Membagi suku kata menjadi bunyi huruf; (4) Menggabungkan bunyi-bunyi huruf menjadi suku kata; (5) Menggabungkan bunyi suku kata menjadi kata.References
Achmad, Tarmidzi. 2008. Penerapan Pembelajaran Cooperative Make a Match. Jakarta : Bumi aksara
Dahniar. Peningkatan Keterampilan Membaca Lanjutan Dengan Metode Sas Siswa Kelas II SDN 2 Ogowele. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 8 ISSN 2354-614X . Diakses pada 19 Juni 2018 @ http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/ index.php/JKTO/article/viewFile/3389/2424
Endah, Wiwik kus. 2014. Perbandingan pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan metode sas dan metode kata lembaga berdasarkan perbedaan gaya belajar pada peserta didik taman kanak-kanak. Seloka: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia SELOKA 3. Diakses pada 23 Juni 2018 @journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ seloka/.../4778
Juve, Akang. Metode SAS (Struktural Analitik Sintetik) dalam Pembelajaran. Diakses pada 19 Juni 2018 @ http://www.webjuprani.com/ 2012 /11/ pengertian-metode-sas.html
Poerwadarminta, W.J.S. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : Balai Pustaka
Rusdiyanto, R. 2014. Upaya meningkatkan keterampilan membaca permulaan melalui metode struktural analitik sintetik (SAS) pada bidang studi bahasa indonesia siswa kelas 1 SD negeri 02 kunduran kecamatan kunduran kabupaten blora tahun pelajaran 2010/2011 Fakultas keguruan dan ilmu pendidikan universitas sebelas maret surakarta. Diakses pada 19 Juni 2018 @ http://eprints.ums.ac.id/30144/13/ NASKAH_PUBLIKASI.pdf
Setyanai, Wilugeng dkk. 2012. Methode SAS (Struktural Analitik Sintetik) Dalam Peningkatam Membaca Permulaan Di Kelas 1 Sekolah Dasar. Jurnal FKIP Universitas Sebelas Maret. Diakses pada 23 Juni 2018
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).