STRATEGI GURU DALAM PENCAPAIAN TUJUAN PEMBELAJARAN TEMATIK PADA MIN DI KOTA BANDA ACEH

Suhelli Suhelli

Abstract


Pembelajaran tematik dapat diartikan suatu kegiatan pembelajaran dengan mengintegrasikan materi beberapa mata pelajaran dalam satu tema/topik pembahasan. Pembelajaran tematik merupakan satu usaha untuk mengintegrasikan pengetahuan, keterampilan, nilai, atau sikap pembelajaran, serta pemikiran yang kreatif dengan menggunakan tema. Permasalahan yang muncul adalah berkaitan dengan kesiapan sekolah dalam mengapresiasi model pembelajaran tematik sangat beragam. Sebagian sekolah ada yang masih menerapkan model mata pelajaran ketika kegiatan belajar mengajar dilaksanakan didalam kelas. Hal ini banyak faktor yang mempengaruhinya diantaranya kesiapan guru untuk mengajar kurang memahami model pembelajaran tematik, dan sekolah yang masih kekurangn sarana. Untuk menjawab permasalahan tersebut di atas, penulis membuat rumusan masalah yaitu: (a) bagaimana strategi guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran tematik pada MIN di Kota Banda Aceh, (b) bagaimana implementasi guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran tematik pada MIN di Kota Banda Aceh, dan (c) bagaimana kendala dan solusi guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran tematik pada MIN di Kota Banda Aceh.
Penelitian ini bersifat kajian lapangan dengan menggunakan pendekatan kualitatif, dilaksanakan pada MIN di Kota Banda Aceh. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data dan verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi dalam pencapaian tujuan pembelajaran tematik yang dilakukan pada MIN Teladan Banda Aceh, yaitu: memilih dan menetapkan prosudur, metode, dan teknik belajar mengajar yang paling efektif, menetapkan KKM, dan evaluasi. Di MIN Merduati yaitu: bersahabat dengan siswa, pembelajaran yang menyenangkan, serta bermakna bagi anak, tema-tema yang digunakan dekat dengan keseharian siswa. Sedangkan di MIN Rukoh, yaitu: memilih tema, mengorganisir tema, mengumpulkan bahan dan sumber, merancang kegiatan, mengimplementasikan satuan pelajaran, menentukan jenis mata pelajaran dan jenis keterampilan yang dipadukan, memilih kajian materi, standar kompetensi, kompetensi dasar, dan indikator. (2) Implementasi guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran tematik pada Teladan yaitu: dilaksanakan sesuai dengan kurikulum K-13, menentukan tema yang dimungkinkan disepakati bersama siswa. Di MIN Merduati yaitu: tematik berpusat pada peserta didik (student centered). Sedangkan di MIN Rukoh yaitu: menelaah KD untuk mengidentifikasi tema yg dibutuhkan tema daftar tema yang dibutuhkan di setiap mata pelajaran memilih tema untuk setiap kelas sesuai kriteria pemilihan tema merumuskan tema dengan frasa yang menarik memilih KD dari setiap mata pelajaran yang sesuai dengan tema yang ditetapkan menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) menyusun silabus (merumuskan kegiatan pembelajaran, indikator, penilaian dan alokasi waktu). (3) Kendala dan solusi guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran tematik pada MIN di Kota Banda Aceh, yaitu: MIN Terpadu, kendalanya keterbatasan sarana dan prasaran dalam mendukung pelaksanaan pembelajaran tematik, dan solusinya menambahkan sarana prasarana. Di MIN Merduati, kendalanya guru masih banyak yang belum bisa men-tematik-kan semua pelajaran pada tema tertentu dan masih perlu pemahaman yang luas., dan solusinya guru mempersiapakan diri untuk menyongsong pembelajaran tematik kurikulum madrasah Ibtidaiyah. Sedangkan di MIN Rukoh, kendalanya masih terjadi selisih pendapat para guru tentang pengertian, maksud dan tujuan pembelajaran tematik, dan solusinya siswa mendapatkan informasi yang utuh keterkaitan mata pelajaran yang satu dengan yang lain untuk pengalaman belajarnya, sehingga dapat mencerdaskan penalarannya, penyedian buku panduan untuk guru, dan sering mengadakan pelatihan-pelatihan untuk guru.

Keywords


Strategi Guru, Pembelajaran Tematik

Full Text:

PDF

References


Undang-Undang No. 20 Tahun 2003, Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Pemerintah RI

Muhibbin Syah, Psikologi Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2010

Hemawan, Konsep Dasar dan Model-Model Pembelajaran Terpadu, Jakarta: Universitas Terbuka, 2009

Sutirjo dan Sri Istuti Mamik, Tematik: Pembelajaran Efektif dalam Kurikulum 2004, Malang: Bayumedia Publishing, 2005

Depdiknas, Model Pembelajaran Tematik Kelas Awal Sekolah Dasar, Jakarta: Puskur Balitbang, 2006

Abdul Majid, Perencanaan Pembelajaran: Mengembangkan Standar Kompetensi Guru, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009

Moh Uzer Usman, Menjadi Guru Profesional, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009, cet. XXIII

Hasan Basri dan Beni Ahmad Saebani, Ilmu Pendidikan Islam Jilid II, (Bandung: Pustaka Setia, 2010), hal. 177-178. Lihat Juga, Abd. Aziz, Filsafat Pendidikan Islam: Sebuah Gagasan Membangun Pendidikan Islam, (Surabaya: ELKAF, 2006), hal. 136. Muhaimin, Wacana Pengembangan Pendidikan Islam, Surabaya: PSAPM, 2004

Kunandar, Guru Professional: Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dan Persiapan Menghadapi Sertifikasi Guru, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2007

Oemar Hamalik, Proses Belajar Mengajar, Jakarta: Bumi Aksara, 2009

Trianto, Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik: Bagi Anak Usia Dini TK/RA dan Anak Usia Kelas Awal SD/MI, Jakarta: Kencana, 2011

Trianto, Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik, Jakarta: Prestasi Pustakakarya, 2012

Tianto, Mengembangkan Model Pembelajaran Tematik, Jakarta: Prestasi Pustakarya, 2012

Moch Ainin, Metodologi Penelitian Bahasa Arab, Malang: Hilal Pustaka, 2007

Sukardi, Metodologi PenelitianPendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2004

M.Nazir, Metode Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara, 2004

Lexy J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya, 1999

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2013

Suharsimi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta, 2002

Deddy Mulyana, Meodologi Penelitian Kualtatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2003

Nana Syaudih Sukmadinata, Metodologi Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2008




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v7i2.3332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PIONIR: Jurnal Pendidikan