KETERAMPILAN MENULIS ESSAI DALAM PEMBENTUKAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PRODI PGMI UIN AR-RANIRY BANDA ACEH

Silvia Sandi Wisuda Lubis

Abstract


Kemampuan menulis essai merupakan kemampuan penting dan strategis bagi mahasiswa. Melalui essai memungkinkan mahasiswa memberikan kontribusi positif terhadap permasalahan-permasalahan yang terjadi di masyarakat, antara lain dengan cara menuangkan ide-ide cemerlang yang dituangkan dalam tulisan essai. Essai juga dapat menumbuhkan jiwa kritis dan kreatif pada mahasiswa tanpa menimbulkan tindakan anarkis seperti yang sering terjadi di kalangan mahasiswa ketika menyampaikan aspirasi kepada pihak-pihak lain. Tujuan berpikir kritis sebenarnya untuk menilai suatu pemikiran , menaksir nilai bahkan mengevaluasi pelaksanaan atau praktek dari suatu pemikiran dan nilai tersebut. Kadang juga berpikir kritis menghasilkan ide – ide baru sehinga berpikir kritis erat hubunganya dengan berpikir kreatif. Karena ketika seseorang menghadapi suatu hal atau masalah, dalam menelaah, menganalisa atau mengkritisi hal tersebut maka diperlukan usaha berpikir kreatif untuk menentukan solusi yang tepat. Di zaman sekarang, dimana perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah berkembang sangat pesat, permasalahan hidup sosial semakin kompleks, untuk itu diperlukan pemikiran kritis untuk menanggapi itu semua. Pada tingkat mahasiswa sebagai pembentukan berpikir kritis bisa dilakukan dengan menulis essai. Karena dengan menulis essai, mahasiswa akan diminta untuk memberikan pandangannya terhadap sebuah persoalan.

Keywords


Menulis Essai, Berpikir Kritis

Full Text:

PDF

References


Adelstein, Michael E. and Jean G. Pival. 1976. The Writing Comitment. New York: Harcourt Brace Javanovich

Atmazaki. 2007. Ilmu Sastra: Teori dan Terapan. Padang : Universitas Negeri Padang Press

Gelb, I J. 1969. A Study of Writing. Chicago, London: The University of Chicago Press

Lado, Robert. 1979. Language Teaching. A Scientific Approach. Bombay-New Delhi: Tata Mc Graw Hill

Logan, Lillian. 1972. Creative Communication Teaching in The Language Arts. Toronto: Mc Graw Hill Ryerson Limited

Mc Mahan, Elizabeth and Susan Day. 1980. The Writers Rhetoric and Handbook. New York: Mc Graw-Hill Book Company

Morris, Alton. 1964. College English. New York: Harcourt Brace&World

Morsey, Royal J. 1976. Improving English Instruction. Chicago: Rand Mc Nally College Publishing Company

Peck, Matilda J and Morton J. Schultz. 1969. Teaching Ideas That Make Learning Fun. West Myack. N.J : Parker Publishing Company

Rahardi, Kunjana. 2005. Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga

Sapriya. 2012. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya

Siswanto, Wahyudi. 2016. Model Pembelajaran Menulis Cerita. Bandung : Refika Aditama

WS, Hasanuddin. 1969. Drama karya dalam Dua Dimensi Kajian Teori Sejarah dan Analisis. Bandung: Angkasa

http://pasca.tp.ac.id/site/pengembangan-kemampuan-berpikir-kritis-dan-kreatif-dalam-pembelajaran. (Diakses pada tanggal 25 Juli 2017 pukul 11.00 WIB)




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v6i2.3338

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PIONIR: Jurnal Pendidikan