KETERAMPILAN MENULIS ESSAI DALAM PEMBENTUKAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PRODI PGMI UIN AR-RANIRY BANDA ACEH
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v6i2.3338Keywords:
Menulis Essai, Berpikir KritisAbstract
Kemampuan menulis essai merupakan kemampuan penting dan strategis bagi mahasiswa. Melalui essai memungkinkan mahasiswa memberikan kontribusi positif terhadap permasalahan-permasalahan yang terjadi di masyarakat, antara lain dengan cara menuangkan ide-ide cemerlang yang dituangkan dalam tulisan essai. Essai juga dapat menumbuhkan jiwa kritis dan kreatif pada mahasiswa tanpa menimbulkan tindakan anarkis seperti yang sering terjadi di kalangan mahasiswa ketika menyampaikan aspirasi kepada pihak-pihak lain. Tujuan berpikir kritis sebenarnya untuk menilai suatu pemikiran , menaksir nilai bahkan mengevaluasi pelaksanaan atau praktek dari suatu pemikiran dan nilai tersebut. Kadang juga berpikir kritis menghasilkan ide – ide baru sehinga berpikir kritis erat hubunganya dengan berpikir kreatif. Karena ketika seseorang menghadapi suatu hal atau masalah, dalam menelaah, menganalisa atau mengkritisi hal tersebut maka diperlukan usaha berpikir kreatif untuk menentukan solusi yang tepat. Di zaman sekarang, dimana perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sudah berkembang sangat pesat, permasalahan hidup sosial semakin kompleks, untuk itu diperlukan pemikiran kritis untuk menanggapi itu semua. Pada tingkat mahasiswa sebagai pembentukan berpikir kritis bisa dilakukan dengan menulis essai. Karena dengan menulis essai, mahasiswa akan diminta untuk memberikan pandangannya terhadap sebuah persoalan.References
Adelstein, Michael E. and Jean G. Pival. 1976. The Writing Comitment. New York: Harcourt Brace Javanovich
Atmazaki. 2007. Ilmu Sastra: Teori dan Terapan. Padang : Universitas Negeri Padang Press
Gelb, I J. 1969. A Study of Writing. Chicago, London: The University of Chicago Press
Lado, Robert. 1979. Language Teaching. A Scientific Approach. Bombay-New Delhi: Tata Mc Graw Hill
Logan, Lillian. 1972. Creative Communication Teaching in The Language Arts. Toronto: Mc Graw Hill Ryerson Limited
Mc Mahan, Elizabeth and Susan Day. 1980. The Writers Rhetoric and Handbook. New York: Mc Graw-Hill Book Company
Morris, Alton. 1964. College English. New York: Harcourt Brace&World
Morsey, Royal J. 1976. Improving English Instruction. Chicago: Rand Mc Nally College Publishing Company
Peck, Matilda J and Morton J. Schultz. 1969. Teaching Ideas That Make Learning Fun. West Myack. N.J : Parker Publishing Company
Rahardi, Kunjana. 2005. Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Imperatif Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga
Sapriya. 2012. Pendidikan IPS Konsep dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya
Siswanto, Wahyudi. 2016. Model Pembelajaran Menulis Cerita. Bandung : Refika Aditama
WS, Hasanuddin. 1969. Drama karya dalam Dua Dimensi Kajian Teori Sejarah dan Analisis. Bandung: Angkasa
http://pasca.tp.ac.id/site/pengembangan-kemampuan-berpikir-kritis-dan-kreatif-dalam-pembelajaran. (Diakses pada tanggal 25 Juli 2017 pukul 11.00 WIB)
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).