IMPLEMENTASI KARAKTER TANGGUNG JAWAB DALAM PEMBELAJARAN PPKn MELALUI MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS)

Authors

  • Dian Nastiti

DOI:

https://doi.org/10.22373/pjp.v6i2.3342

Keywords:

Karakter Tanggung Jawab, STAD, PPKn

Abstract

Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) diharapkan dapat mengembangkan karakter yang kuat pada siswa. Karakter bertanggungjawab, disiplin, memiliki moral dan budi pekerti yang baik dalam masyarakat. Kegiatan pembelajaran perlu mengembangkan kreativitas siswa, aktivitas siswa, menciptakan kondisi menyenangkan dan menantang, bermuatan nilai, dan menyediakan pengalaman belajar yang beragam. Sehubungan hal tersebut maka diperlukan model pembelajaran yang menyenangkan/joyfull learning dan menanamkan karakter pada siswa dalam proses pembelajaran. Salah satunya dengan cara menggunakan model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD). Tujuan artikel ini, mendeskripsikan implementasi karakter tanggung jawab dalam pembelajaran PPKn melalui model STAD (Student Team Achievement Divisions) di sekolah. Metode penulisan makalah ini menggunakan metode studi literatur didukung oleh jurnal penelitian yang relevan. Implementasi karakter tanggung jawab dapat dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran PPKn melalui kegiatan pembelajaran yang dilakukan mulai dari tanggung jawab dalam kegiatan tanggung jawab untuk memecahkan masalah topik pembelajaran, tanggung jawab membantu sesama anggota kelompok untuk menyelesaikan tugas dan menguasai materi pembelajaran.

References

Budimansah, Dasim. (2009). Inovasi Pembelajaran Project Citizen. Program Studi Kewarganegaraan, UPI.

Chotimah & Dwitasari. (2009). Strategi-strategi pembelajaran untuk penelitian tindakan kelas. Malang: Surya Pena Gemilang Publishing

Fajar, Arnie. (2004). Portofolio dalam pembelajaran IPS. Bandung: Rosda.

Gunawan, H. (2012). Pendidikan karakter konsep dan implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hamalik, Oemar. (2013). Dasar-dasar perkembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdikarya.

Komalasari, K & Didin, S. (2017). Pendidikan karakter konsep dan aplikasi living values education. Bandung: Refika Aditama.

Lickona, Thomas. (2013). Pendidikan karakter panduan lengkap mendidik siswa menjadi pintar dan lebih baik. Bandung: Nusa Media.

Pramono. (2015). Integritas pendidikan karakter dalam pembelajaran di SMK pertanian (integration of character education in learningin agricultural vocational high school). Agromedia. 33(2)

Rusman. (2012). Model-model pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Predana Media Grup.

Sharan, Shlomo. (2009). Handbook of cooperative learning. Yogyakarta: Imperium.

Siti, Julaiha. (2014). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran. Dinamika ilmu. 14 (2)

Sudrajat, Ajat. (2011). Mengapa pendidikan karakter?.Jurnal Pendidikan Karakter. 1(1)

Warsono & Hariyanto. 2012. Pembelajaran aktif teori dan asesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Downloads

Published

2017-12-17

Issue

Section

Artikel