IMPLEMENTASI KARAKTER TANGGUNG JAWAB DALAM PEMBELAJARAN PPKn MELALUI MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS)
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v6i2.3342Keywords:
Karakter Tanggung Jawab, STAD, PPKnAbstract
Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) diharapkan dapat mengembangkan karakter yang kuat pada siswa. Karakter bertanggungjawab, disiplin, memiliki moral dan budi pekerti yang baik dalam masyarakat. Kegiatan pembelajaran perlu mengembangkan kreativitas siswa, aktivitas siswa, menciptakan kondisi menyenangkan dan menantang, bermuatan nilai, dan menyediakan pengalaman belajar yang beragam. Sehubungan hal tersebut maka diperlukan model pembelajaran yang menyenangkan/joyfull learning dan menanamkan karakter pada siswa dalam proses pembelajaran. Salah satunya dengan cara menggunakan model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD). Tujuan artikel ini, mendeskripsikan implementasi karakter tanggung jawab dalam pembelajaran PPKn melalui model STAD (Student Team Achievement Divisions) di sekolah. Metode penulisan makalah ini menggunakan metode studi literatur didukung oleh jurnal penelitian yang relevan. Implementasi karakter tanggung jawab dapat dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran PPKn melalui kegiatan pembelajaran yang dilakukan mulai dari tanggung jawab dalam kegiatan tanggung jawab untuk memecahkan masalah topik pembelajaran, tanggung jawab membantu sesama anggota kelompok untuk menyelesaikan tugas dan menguasai materi pembelajaran.References
Budimansah, Dasim. (2009). Inovasi Pembelajaran Project Citizen. Program Studi Kewarganegaraan, UPI.
Chotimah & Dwitasari. (2009). Strategi-strategi pembelajaran untuk penelitian tindakan kelas. Malang: Surya Pena Gemilang Publishing
Fajar, Arnie. (2004). Portofolio dalam pembelajaran IPS. Bandung: Rosda.
Gunawan, H. (2012). Pendidikan karakter konsep dan implementasi. Bandung: Alfabeta.
Hamalik, Oemar. (2013). Dasar-dasar perkembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdikarya.
Komalasari, K & Didin, S. (2017). Pendidikan karakter konsep dan aplikasi living values education. Bandung: Refika Aditama.
Lickona, Thomas. (2013). Pendidikan karakter panduan lengkap mendidik siswa menjadi pintar dan lebih baik. Bandung: Nusa Media.
Pramono. (2015). Integritas pendidikan karakter dalam pembelajaran di SMK pertanian (integration of character education in learningin agricultural vocational high school). Agromedia. 33(2)
Rusman. (2012). Model-model pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Predana Media Grup.
Sharan, Shlomo. (2009). Handbook of cooperative learning. Yogyakarta: Imperium.
Siti, Julaiha. (2014). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran. Dinamika ilmu. 14 (2)
Sudrajat, Ajat. (2011). Mengapa pendidikan karakter?.Jurnal Pendidikan Karakter. 1(1)
Warsono & Hariyanto. 2012. Pembelajaran aktif teori dan asesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).