IMPLEMENTASI KARAKTER TANGGUNG JAWAB DALAM PEMBELAJARAN PPKn MELALUI MODEL STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISIONS)

Dian Nastiti

Abstract


Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn) diharapkan dapat mengembangkan karakter yang kuat pada siswa. Karakter bertanggungjawab, disiplin, memiliki moral dan budi pekerti yang baik dalam masyarakat. Kegiatan pembelajaran perlu mengembangkan kreativitas siswa, aktivitas siswa, menciptakan kondisi menyenangkan dan menantang, bermuatan nilai, dan menyediakan pengalaman belajar yang beragam. Sehubungan hal tersebut maka diperlukan model pembelajaran yang menyenangkan/joyfull learning dan menanamkan karakter pada siswa dalam proses pembelajaran. Salah satunya dengan cara menggunakan model pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions (STAD). Tujuan artikel ini, mendeskripsikan implementasi karakter tanggung jawab dalam pembelajaran PPKn melalui model STAD (Student Team Achievement Divisions) di sekolah. Metode penulisan makalah ini menggunakan metode studi literatur didukung oleh jurnal penelitian yang relevan. Implementasi karakter tanggung jawab dapat dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran PPKn melalui kegiatan pembelajaran yang dilakukan mulai dari tanggung jawab dalam kegiatan tanggung jawab untuk memecahkan masalah topik pembelajaran, tanggung jawab membantu sesama anggota kelompok untuk menyelesaikan tugas dan menguasai materi pembelajaran.

Keywords


Karakter Tanggung Jawab, STAD, PPKn

Full Text:

PDF

References


Budimansah, Dasim. (2009). Inovasi Pembelajaran Project Citizen. Program Studi Kewarganegaraan, UPI.

Chotimah & Dwitasari. (2009). Strategi-strategi pembelajaran untuk penelitian tindakan kelas. Malang: Surya Pena Gemilang Publishing

Fajar, Arnie. (2004). Portofolio dalam pembelajaran IPS. Bandung: Rosda.

Gunawan, H. (2012). Pendidikan karakter konsep dan implementasi. Bandung: Alfabeta.

Hamalik, Oemar. (2013). Dasar-dasar perkembangan kurikulum. Bandung: Remaja Rosdikarya.

Komalasari, K & Didin, S. (2017). Pendidikan karakter konsep dan aplikasi living values education. Bandung: Refika Aditama.

Lickona, Thomas. (2013). Pendidikan karakter panduan lengkap mendidik siswa menjadi pintar dan lebih baik. Bandung: Nusa Media.

Pramono. (2015). Integritas pendidikan karakter dalam pembelajaran di SMK pertanian (integration of character education in learningin agricultural vocational high school). Agromedia. 33(2)

Rusman. (2012). Model-model pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sanjaya, Wina. (2006). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Jakarta: Predana Media Grup.

Sharan, Shlomo. (2009). Handbook of cooperative learning. Yogyakarta: Imperium.

Siti, Julaiha. (2014). Implementasi pendidikan karakter dalam pembelajaran. Dinamika ilmu. 14 (2)

Sudrajat, Ajat. (2011). Mengapa pendidikan karakter?.Jurnal Pendidikan Karakter. 1(1)

Warsono & Hariyanto. 2012. Pembelajaran aktif teori dan asesmen. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v6i2.3342

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PIONIR: Jurnal Pendidikan



View My Stats

View My Stats


Indexed By:

 


PIONIR: Jurnal Pendidikan
P-ISSN 2339-2495
E-ISSN 2549-6611

Publised by Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter