PEMBINAAN MORAL SISWA MELALUI AKTUALISASI PRILAKU AGAMA
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v5i2.3355Keywords:
Pembinaan Moral dan Aktualisasi Prilaku AgamaAbstract
Model Pembelajaran Prilaku Agama (MAPA) memiliki beberapa komponen, yaitu: tujuan, materi, metode dan evaluasi. Tujuan MAPA adalah agar peserta didik memiliki aqidah yang benar, dapat melakukan cara-cara beribadah dengan benar sesuai dengan tuntunan agama, memiliki akhlak/moral Islami, baik akhlak terhadap Allah, akhlak terhadap Rasulullah, akhlak terhadap diri sendiri, maupun akhlak terhadap sesama manusia. Materi yang diajarkan dalam MAPA adalah: akidah akhlak, al-Qur’an hadits, fiqih, Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dan lain-lain. Metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran MAPA adalah: metode pembiasaan, metode keteladanan, metode hiwar (dialog), metode tanya jawab, diskusi, demontrasi, ceramah, pemberian tugas, kerja kelompok, dan lain-lain. Dan evaluasi dapat dikembangkan dalam MAPA adalah: mengamati akidah melalui tingkat intensitas ibadah, mengamati tingkat pelaksanaan ibadah, tingkat kesesuaian pelaksanaan ibadah dengan tuntunan agama Islam, dan mengamati apakah peserta didik berakhlak mulia, termasuk akhlak terhadap Allah, diri sendiri, masyarakat dan alam tempat ia hidup.References
Udin Syaefuddin Sa’ud, Inovasi Pendidikan, Bandung: Alfabeta, 2014.
Basyiruddin Usman M, Metodologi Pembelajaran Agama Islam, Jakarta: Ciputat Press, 2002.
James Mac Lellan, Phillosophy of Education, Englewood Cliffs: Frentice Hall, 1976.
Jusnimar Umar, “Aktualisasi Prilaku Keberagamaan Remajaâ€, Tesis, Bandung: Pascasarjana UPI, 2006.
Mastuhu, Memberdayakan Sistem Pendidikan Islam, Jakarta: Logos Wacana Ilmu, 1999.
Qodri Azizy A, Pendidikan Untuk Membangun Etika Sosial, Jakarta: Aneka Ilmu, 2003.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: Sinar Grafika, 2006.
Said Agil Husin Al-Munawar, Aktualisasi Nilai-Nilai Qur'ani dalam Sistem Pendidikan Islam, Ciputat: Ciputat Press, 2005
Tilaar HAR, Beberapa Agenda Reformasi Pendidikan Pendidikan Nasional Dalam Perspektif Abad 21, Magelang: Indonesia Tera, 1999.
William K. Frankena, Ethics, Englewood Cliffs: NJ Prentice Hall, 1973.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).