PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI ERA GLOBALISASI DALAM MENUMBUHKAN SEMANGAT NASIONALISME
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v5i2.3362Keywords:
PKn, Globalisasi, Nasionalisme.Abstract
Pertumbuhan sains dan teknologi yang semakin moderen akhir akhir ini menuntut moralitas dan paham nasionalisme yang tinggi, sebab ilmu dan pengetahuan yang tidak dibarengi dengan tingkat nasionalisme dan moralitas yang tinggi menyebabkan pendidikan khususnya pendidikan kewarganegaraan (PKn) kehilangan keutamaannya sebagai wadah yang humanis. Tidak sedikit orang memiliki pengetahuan kewarganegaraaan yang baik dan prestasi yang gemilang secara formal akademik tetapi tidak memberikan keuntungan yang bermakna dalam lingkungan masyarakatnya, bahkan menjadi penyakit masyarakat yang sangat membahayakan bagi keberadaan budaya dan nilai-nilai kemanusiaan karena semangat nasionalismenya dan moralitasnya rendah. Pengaruh Negatif globalisasi Tidak sedikit kasus amoral terjadi yang dilakukan oleh anak-anak usia sekolah maupun oleh para intelektual, baik melalui siaran televisi maupun media masa. Bagaimana seorang anak membunuh ayahnya maupun ibunya sendiri, kecanduan obat-obat terlarang, minum-minuman keras, bunuh diri dan lain sebagainya. Hal ini menggambarkan bahwa pendidikan yang dilakukan selama ini belum menyentuh ranah kesadaran siswa.References
Arifin, Muzayyin, 2010, Filsafat Pendidikan Islam,Jakarta: PT Bumi Aksara.
Djiwandono, J. Soedjati. 2000. “Globalisasi dan Pendidikan Nilai†dalam Sindhunata (Ed), Menggagas Paradigma Baru Pendidikan: Demokratisasi, Otonomi, Civil Society, Globalisasi.Yogyakarta: Kanisius.
Fuad Amsari. 1995. “Pengajaran PKn di Indonesia: Perspektif Sosio Historisâ€. Makalah. Disampaikan dalam Seminar Nasional Pendidikan PKn di Perguruan Tinggi Umum di Yogyakarta tanggal 14-15 Oktober 1995.
Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.
Tilaar, H.A.R. 2007. Mengindonesia Etnisitas dan Identitas Bangsa Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta
Zakiya Daradjat, Al-Abrasyi, M. Athiyah. 1987. Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam. Terj. oleh Bustami A.Ghani. dan Djohar Bahry. Jakarta: Bulan Bintang.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).