PERAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN DI ERA GLOBALISASI DALAM MENUMBUHKAN SEMANGAT NASIONALISME

Hafidh Maksum

Abstract


Pertumbuhan sains dan teknologi yang semakin moderen akhir akhir ini menuntut moralitas dan paham nasionalisme yang tinggi, sebab ilmu dan pengetahuan yang tidak dibarengi dengan tingkat nasionalisme dan moralitas yang tinggi menyebabkan pendidikan khususnya pendidikan kewarganegaraan (PKn) kehilangan keutamaannya sebagai wadah yang humanis. Tidak sedikit orang memiliki pengetahuan kewarganegaraaan yang baik dan prestasi yang gemilang secara formal akademik tetapi tidak memberikan keuntungan yang bermakna dalam lingkungan masyarakatnya, bahkan menjadi penyakit masyarakat yang sangat membahayakan bagi keberadaan budaya dan nilai-nilai kemanusiaan karena semangat nasionalismenya dan moralitasnya rendah. Pengaruh Negatif globalisasi Tidak sedikit kasus amoral terjadi yang dilakukan oleh anak-anak usia sekolah maupun oleh para intelektual, baik melalui siaran televisi maupun media masa. Bagaimana seorang anak membunuh ayahnya maupun ibunya sendiri, kecanduan obat-obat terlarang, minum-minuman keras, bunuh diri dan lain sebagainya. Hal ini menggambarkan bahwa pendidikan yang dilakukan selama ini belum menyentuh ranah kesadaran siswa.

Keywords


PKn, Globalisasi, Nasionalisme.

Full Text:

PDF

References


Arifin, Muzayyin, 2010, Filsafat Pendidikan Islam,Jakarta: PT Bumi Aksara.

Djiwandono, J. Soedjati. 2000. “Globalisasi dan Pendidikan Nilai†dalam Sindhunata (Ed), Menggagas Paradigma Baru Pendidikan: Demokratisasi, Otonomi, Civil Society, Globalisasi.Yogyakarta: Kanisius.

Fuad Amsari. 1995. “Pengajaran PKn di Indonesia: Perspektif Sosio Historisâ€. Makalah. Disampaikan dalam Seminar Nasional Pendidikan PKn di Perguruan Tinggi Umum di Yogyakarta tanggal 14-15 Oktober 1995.

Tampubolon, Saur. 2014. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erlangga.

Tilaar, H.A.R. 2007. Mengindonesia Etnisitas dan Identitas Bangsa Indonesia. Jakarta : Rineka Cipta

Zakiya Daradjat, Al-Abrasyi, M. Athiyah. 1987. Dasar-dasar Pokok Pendidikan Islam. Terj. oleh Bustami A.Ghani. dan Djohar Bahry. Jakarta: Bulan Bintang.




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v5i2.3362

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PIONIR: Jurnal Pendidikan



View My Stats

View My Stats


Indexed By:

 


PIONIR: Jurnal Pendidikan
P-ISSN 2339-2495
E-ISSN 2549-6611

Publised by Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter