TAHAP PENGETAHUAN DAN PELAKSANAAN PAKEM GURU BAHASA ARAB MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) DI ACEH
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v6i1.3364Keywords:
PAKEM, Pengetahuan, Pelaksanaan, Madrasah Ibtidaiyah, Pengajaran dan PembelajaranAbstract
Studi ini menguji tingkat pengetahuan dan penerapan PAKEM di antara guru bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah di Provinsi Aceh. Studi ini menerapkan desain penelitian survei yang melibatkan 208 guru bahasa Arab di Madrasah Ibtidaiyah dari tiga kota di Provinsi Aceh. Instrumen tes dan kuesioner diberikan kepada responden, dan statistik deskriptif dipekerjakan menganalisis data. Temuan menunjukkan bahwa guru bahasa Arab memiliki tingkat pengetahuan PAKEM yang baik dan tingkat implementasi PAKEM yang tinggiReferences
Ab. Halim Tamuri, Isu-isu dalam amalan pengajaran guru-guru pendidikan Islam di sekolah rendah dan menengah. Prosiding Wacana Pendidikan Islam Peringkat Kebangsaan Siri ke-4. Fakulti Pendidikan: Universiti Kebangsaan Malaysia, 2005.
Abdul Majid. Perencanaan Pembelajaran Mengembangkan Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2011.
Asmady Idris dan Balakrishnan Parasuraman, Peranan seorang tenaga akademik dan kaedah pengajaran-pembelajaran di institusi pengajian tinggi. Prosiding Strategising Teaching and in the 21 st Century. Vol.3, 2000.
Carlsen, W. S. Domains of teacher knowledge. Dlm Gess-Newsome, J. & Lederman, N. G. (Peny.). Examining Pedagogical Content Knowledge. Netherlands: Kluwer Academic Publishers, 1999.
Departemen Pendidikan Nasional, Standar Pengembangan Kelompok Kerja Guru (KKG) dam Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP). Jakarta: Direktorat Profesi Guru, 2008.
Hamdi bin Ishak, Ab. Halim Tamuri, Rosadah binti Abdul Majid, Amalan pengajaran guru dalam pengajaran dan pembelajaran pendidikan Islam di Sekolah Kebangsaan Pendidikan Khas (Masalah pendengaran). Journal of Islamic and Arabic Education 4(2), 2012.
Hesy Herlianika, Pelaksanaan KTSP pada pengembangan pembelajaran TIK di SMP Negeri Se-Kabupaten Pamekasan. Skripsi. Universitas Negeri Malang, 2011.
Ibrahim Bafadal. 2006. Pentingnya peningkatan kemampuan profesional guru Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Inovatif, Vol. 1 (2).
Joyce dan Weil, Models of Teaching, second edition, Englewood Cliffs, NJ: Prentice-Hall, 1980.
Maaruf, Z, Implementasi Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan (PAKEM) untuk Pendidikan Sains, Jurnal Geliga 3, 2009, 2.
Lisa Agustina, Hubungan antara pengetahuan pelaksanaan kurikulum KTSP dengan kesediaan dan tekanan kerja pada guru mata pelajaran ekonomi. Tesis Sarjana Universiti Kebangsaan Malaysia, 2011.
Moh. Ainin, Pembelajaran bahasa Arab berbasis kompetensi dan kontekstual. Bahasa dan Seni 35(1), 2017.
Nanang Priatna. Apa Mengapa PAKEM. http://file.upi.edu/ Direktori/FPMIPA/ Apa_Mengapa_PAKEM.pdf.
Rusman, Model-model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme. Jakarta: Raja Grafindo, 2010.
Sarimah Ismail, Mohaimin Tabrani dan Rohana Hamzah. Kekangan aplikasi pengajaran koperatif di sekolah rendah. http://www.medc.com.my, 2011.
Sukardi Ilhamuddin, H.M.S. Hubungan kompetensi pedagogik dengan efektifitas hasil pembelajaran. Equilibrium Vol. 4 No. 8, 2008.
Tukumin dan Salamah, Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model PAKEM dengan Menggunakan Alat Peraga Murah (APM) pada Siswa Kelas VI SDN Kedungpucang Bener Purworejo Tahun Pelajaran 2008/2009, Jurnal Sosialita, 2011.
Umi Nadiha Mohd Nor, Zamri Mahamod dan Jamaludin Badusah. Penerapan kemahiran generik dalam pengajaran guru bahasa Melayu sekolah menengah. Jurnal Pendidikan Bahasa Melayu. Vol. 1, bil. 2, 2011.
Zulfahmi, Indikator Pembelajaran Aktif dalam Konteks Pengimplementasian Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan (PAKEM), Jurnal Al-Ta’lim, Jilid I, Nomor 4, 2013.
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).