PENGEMBANGAN TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS QANUN ACEH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI SE-ACEH BESAR

Wilda Ayu Niswati

Abstract


Artikel ini mendeskripsikan strategi pengembangan tematik yang ada pada kurikulum 2013 dengan azaz penyelenggaraan pendidikan yang terdapat pada qanun Aceh dan mengintegrasikannya kedalam jaringan tema, serta mendeskripsikan hasil validasi dari ahli materi, ahli qanun, dan guru pendidikan agama Islam yang ada di MI se-Aceh Besar terhadap pengembangan tematik integratif yang berbasis qanun Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Research and Development yang dikembangkan oleh Gall dan Borg. Penelitian ini menggunakan sepuluh langkah yaitu: studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk, uji validitas, revisi uji validitas, uji pengguna terbatas, revisi uji pengguna terbatas, uji lapangan luas, revisi uji lapangan luas, dan produk akhir. Pengembangan tematik integratif ini di mulai dengan menetapkan mata pelajaran yang akan dipadu, mempelajari materi pokok dari setiap mata pelajaran yang sudah ditetapkan, menentukan tema dengan mengkolaborasikan antara tema kurikulum 2013 dengan nilai qanun Aceh, dan menarik jaringan tema. Menurut ahli qanun, ahli materi dan guru pendidikan agama Islam MI kelas IV yang menjadi validasi dalam penelitian ini, kedelapan tema yang dikembangkan valid dan layak digunakan tanpa revisi. Kedelapan tema tersebut, yaitu: Mesjid Tempat Ibadahku, Indahnya Kedamaian, Serakah Membawa Celaka/Petaka, Indahnya Persaudaraan, Bersatu dalam Perbedaan, Manusia Berhati Mulia, Budaya Kerja Keras, dan Ikhlas Membawa Berkah.

Keywords


Tematik Integratif; Qanun Aceh; Pendidikan Agama Islam; MI.

Full Text:

PDF

References


Arifin Zainal (2013). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Arikunto Suharsimi (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.

Amri Sofan (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Barizi Ahmad (2011). Pendidikan Integratif : Akar Tradisi & Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam. Malang : UIN-Maliki Press.

Darimi, I. (2015). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Pembelajaran. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 5(2), 309-324.

Darmawan Deni (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Darmadi Hamid (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Diperbanyak Oleh Dinas Pendidikan Nanggroe Aceh Darussalam. Qanun Aceh Nomor 5 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan.

Endang Mulyani (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Projek Pendidikan Kewirausahaan untuk Meningkatkan Sikap, Minat, Prilaku Wirausaha, dan Prestasi Belajar Siswa SMK Cakrawala. E-Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Negri Yogyakarta. Vol. 1 (33).

Hajar Ibnu (2014). Panduan Lengkap Kurikulum Tematik untuk SD/MI. Jogjakarta : Diva Press.

Husamah dan Setyaningrum Yanur (2013). Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi : Panduan Merancang Pembelajaran untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Hidayat Sholeh (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Irwandi (2012). Pelaksanaan Model Pembelajaran Tematik Bagi Siswa Tunagrahita Ringan di SLB Hikmah Reformasi Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. Vol. 1 (2).

Jailani, J. (2017). Penerapan Ijtihad Al-maqasidy Al-jama'iy Dalam Legislasi Hukum Jinayat Di Aceh. Istinbath: Jurnal Hukum Islam IAIN Mataram, 16(1), 112-127.

Jiwa, N. Dantes’ A.A.I.N. Marhaeni (2013). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Tematik Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas IV Gugus Empat di Kecamatan Gianyar. E-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol. 3.

Karli Hilda (2010). Penerapan Pembelajaran Untuk Mengembangkan Keterampilan Proses Sains di SD. Jurnal Pendidikan Penabur. No. 14.

_________ (2009). Pembelajaran Tematik dan Pembelajaran Fragmented di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Penabur. No. 13.

Khaeruddin dan Junaedi Mahfud (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP: Konsep dan Implementasinya di Madrasah. Yogyakarta: Madrasah Development Center bekerja sama dengan Pilar Media.

Khoiru Lif Ahmadi dan Amri Sofan (2014). Pengembangan dan Model Pembelajaran Tematik Integratif. Jakarta : Prestasi Pustaka karya.

Majid Abdul (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Mamat, Munir Abdul, Suwendi, Akar Taufiq Asep, dan Asro Hasani (2005). Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Tematik. Jakarta : Dirjen Kelembagaan Agama Islam, Depag RI.

Mulyoto (2013). Strategi Pembelajaran di Era Kurikulum 2013. Jakarta : Prestasi Pustaka.

Mulyadi (2010). Fiqih Islam. Darussalam : UIN Press.

Mulyasa (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Moleong Lexy J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Prastowo Andi (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktis. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.

Perundang-Undangan Tentang Kurikulum Sistem Pendidikan Nasional 2013 (2013). Yogyakarta : Pustaka Yustisia.

Pohan Rusdin (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Banda Aceh : ar-Rijal Institute.

Rusman (2013). Desain Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA dan Anak Usia Awal SD/MI. Cet. II. Jakarta : Kencana-Prenada Media Group.

Safriadi, S., Darimi, I., & Siswanto, I. (2015). Strategi Pembinaan Religiusitas Anak dalam Keluarga. TAKAMMUL: Jurnal Studi Gender dan Islam serta Perlindungan Anak, 4(2), 1-11.

Sa’adun Akbar dkk (2009). Pengembangan Model Pembelajaran Tematik untuk Kelas 1 dan Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 19 (2).

Siswanto (2010). Model Pengembangan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Tadris. Vol. 5 (2).

Subana, Moersetyo Rahadi dan Sudrajat (2000). Statistik Pendidikan. Bandung : Pustaka Setia.

Sugiyono (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Setyosari Punaji (2013). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.

Sukandi (2003). Belajar Aktif dan Terpadu. Surabaya: Duta Graha Pustaka.

Trianto (2013). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta : Kencana.

Tim Pengembang PGSD. 1996/1997. Pembela¬jaran Terpadu D2 PGSD dan S2 Pendidi-kan Dasar. Jakarta: Depdik.

Widyastono Herry (2013). Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah dari Kurikulum 2004, 2006, ke Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara.

Wijaya Muksin (2012). Pengembangan Model Pembelajaran e-Learning Berbasis Web dengan Prinsip e-Pedagogy dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Penabur. Vol. 19 (11).

Wanto (2012). Jurnal Manajemen Pendidikan : Supervisi Pembelajaran Tematik Pada Guru di SD Negeri Donorojo 1 Pacitan. Jurnal Pendidikan. Vol. 7 (1).




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v6i1.3398

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PIONIR: Jurnal Pendidikan



View My Stats

View My Stats


Indexed By:

 


PIONIR: Jurnal Pendidikan
P-ISSN 2339-2495
E-ISSN 2549-6611

Publised by Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter