PENGEMBANGAN TEMATIK INTEGRATIF BERBASIS QANUN ACEH PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MI SE-ACEH BESAR
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v6i1.3398Keywords:
Tematik Integratif, Qanun Aceh, Pendidikan Agama Islam, MI.Abstract
Artikel ini mendeskripsikan strategi pengembangan tematik yang ada pada kurikulum 2013 dengan azaz penyelenggaraan pendidikan yang terdapat pada qanun Aceh dan mengintegrasikannya kedalam jaringan tema, serta mendeskripsikan hasil validasi dari ahli materi, ahli qanun, dan guru pendidikan agama Islam yang ada di MI se-Aceh Besar terhadap pengembangan tematik integratif yang berbasis qanun Aceh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Research and Development yang dikembangkan oleh Gall dan Borg. Penelitian ini menggunakan sepuluh langkah yaitu: studi pendahuluan, perencanaan, pengembangan produk, uji validitas, revisi uji validitas, uji pengguna terbatas, revisi uji pengguna terbatas, uji lapangan luas, revisi uji lapangan luas, dan produk akhir. Pengembangan tematik integratif ini di mulai dengan menetapkan mata pelajaran yang akan dipadu, mempelajari materi pokok dari setiap mata pelajaran yang sudah ditetapkan, menentukan tema dengan mengkolaborasikan antara tema kurikulum 2013 dengan nilai qanun Aceh, dan menarik jaringan tema. Menurut ahli qanun, ahli materi dan guru pendidikan agama Islam MI kelas IV yang menjadi validasi dalam penelitian ini, kedelapan tema yang dikembangkan valid dan layak digunakan tanpa revisi. Kedelapan tema tersebut, yaitu: Mesjid Tempat Ibadahku, Indahnya Kedamaian, Serakah Membawa Celaka/Petaka, Indahnya Persaudaraan, Bersatu dalam Perbedaan, Manusia Berhati Mulia, Budaya Kerja Keras, dan Ikhlas Membawa Berkah.References
Arifin Zainal (2013). Konsep dan Model Pengembangan Kurikulum. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Arikunto Suharsimi (2009). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.
Amri Sofan (2013). Pengembangan & Model Pembelajaran dalam Kurikulum 2013. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Barizi Ahmad (2011). Pendidikan Integratif : Akar Tradisi & Integrasi Keilmuan Pendidikan Islam. Malang : UIN-Maliki Press.
Darimi, I. (2015). Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru PAI dalam Pembelajaran. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 5(2), 309-324.
Darmawan Deni (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Darmadi Hamid (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Diperbanyak Oleh Dinas Pendidikan Nanggroe Aceh Darussalam. Qanun Aceh Nomor 5 Tahun 2008 Tentang Penyelenggaraan Pendidikan.
Endang Mulyani (2014). Pengembangan Model Pembelajaran Berbasis Projek Pendidikan Kewirausahaan untuk Meningkatkan Sikap, Minat, Prilaku Wirausaha, dan Prestasi Belajar Siswa SMK Cakrawala. E-Jurnal Fakultas Ekonomi Universitas Negri Yogyakarta. Vol. 1 (33).
Hajar Ibnu (2014). Panduan Lengkap Kurikulum Tematik untuk SD/MI. Jogjakarta : Diva Press.
Husamah dan Setyaningrum Yanur (2013). Desain Pembelajaran Berbasis Pencapaian Kompetensi : Panduan Merancang Pembelajaran untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Hidayat Sholeh (2013). Pengembangan Kurikulum Baru. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Irwandi (2012). Pelaksanaan Model Pembelajaran Tematik Bagi Siswa Tunagrahita Ringan di SLB Hikmah Reformasi Padang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Khusus. Vol. 1 (2).
Jailani, J. (2017). Penerapan Ijtihad Al-maqasidy Al-jama'iy Dalam Legislasi Hukum Jinayat Di Aceh. Istinbath: Jurnal Hukum Islam IAIN Mataram, 16(1), 112-127.
Jiwa, N. Dantes’ A.A.I.N. Marhaeni (2013). Pengaruh Implementasi Pembelajaran Tematik Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas IV Gugus Empat di Kecamatan Gianyar. E-Jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Penelitian dan Evaluasi Pendidikan. Vol. 3.
Karli Hilda (2010). Penerapan Pembelajaran Untuk Mengembangkan Keterampilan Proses Sains di SD. Jurnal Pendidikan Penabur. No. 14.
_________ (2009). Pembelajaran Tematik dan Pembelajaran Fragmented di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Penabur. No. 13.
Khaeruddin dan Junaedi Mahfud (2007). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP: Konsep dan Implementasinya di Madrasah. Yogyakarta: Madrasah Development Center bekerja sama dengan Pilar Media.
Khoiru Lif Ahmadi dan Amri Sofan (2014). Pengembangan dan Model Pembelajaran Tematik Integratif. Jakarta : Prestasi Pustaka karya.
Majid Abdul (2014). Pembelajaran Tematik Terpadu. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Mamat, Munir Abdul, Suwendi, Akar Taufiq Asep, dan Asro Hasani (2005). Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran Tematik. Jakarta : Dirjen Kelembagaan Agama Islam, Depag RI.
Mulyoto (2013). Strategi Pembelajaran di Era Kurikulum 2013. Jakarta : Prestasi Pustaka.
Mulyadi (2010). Fiqih Islam. Darussalam : UIN Press.
Mulyasa (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Moleong Lexy J. (2007). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.
Prastowo Andi (2014). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Tinjauan Teoritis dan Praktis. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.
Perundang-Undangan Tentang Kurikulum Sistem Pendidikan Nasional 2013 (2013). Yogyakarta : Pustaka Yustisia.
Pohan Rusdin (2007). Metodologi Penelitian Pendidikan. Banda Aceh : ar-Rijal Institute.
Rusman (2013). Desain Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA dan Anak Usia Awal SD/MI. Cet. II. Jakarta : Kencana-Prenada Media Group.
Safriadi, S., Darimi, I., & Siswanto, I. (2015). Strategi Pembinaan Religiusitas Anak dalam Keluarga. TAKAMMUL: Jurnal Studi Gender dan Islam serta Perlindungan Anak, 4(2), 1-11.
Sa’adun Akbar dkk (2009). Pengembangan Model Pembelajaran Tematik untuk Kelas 1 dan Kelas 2 Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian Pendidikan. Vol. 19 (2).
Siswanto (2010). Model Pengembangan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Tadris. Vol. 5 (2).
Subana, Moersetyo Rahadi dan Sudrajat (2000). Statistik Pendidikan. Bandung : Pustaka Setia.
Sugiyono (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Setyosari Punaji (2013). Metode Penelitian Pendidikan & Pengembangan. Jakarta : Kencana Prenadamedia Group.
Sukandi (2003). Belajar Aktif dan Terpadu. Surabaya: Duta Graha Pustaka.
Trianto (2013). Desain Pengembangan Pembelajaran Tematik Bagi Anak Usia Dini TK/RA & Anak Usia Kelas Awal SD/MI. Jakarta : Kencana.
Tim Pengembang PGSD. 1996/1997. Pembela¬jaran Terpadu D2 PGSD dan S2 Pendidi-kan Dasar. Jakarta: Depdik.
Widyastono Herry (2013). Pengembangan Kurikulum di Era Otonomi Daerah dari Kurikulum 2004, 2006, ke Kurikulum 2013. Jakarta : Bumi Aksara.
Wijaya Muksin (2012). Pengembangan Model Pembelajaran e-Learning Berbasis Web dengan Prinsip e-Pedagogy dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Pendidikan Penabur. Vol. 19 (11).
Wanto (2012). Jurnal Manajemen Pendidikan : Supervisi Pembelajaran Tematik Pada Guru di SD Negeri Donorojo 1 Pacitan. Jurnal Pendidikan. Vol. 7 (1).
Downloads
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).