URGENSI CALON GURU SEKOLAH DASAR DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS
DOI:
https://doi.org/10.22373/pjp.v7i2.3854Keywords:
PendidikanAbstract
Salah satu tujuan pembelajaran matematika di sekolah diharapkan mengacu pada pemecahan masalah. Sehingga pemecahan masalah perlu diajarkan dalam proses pembelajaran di sekolah dasar. Tujuan diberinya pemecahan masalah agar calon guru mampu menghadapi masalah dalam pembelajaran matematika dan juga terlatih dan berpengalaman dalam menyelesaikan masalah di kehidupan sehari-hari. Matematika adalah dasar dalam proses pengembangan ilmu, adapun tujuan diberikannya mata pelajaran matematika di sekolah dasar adalah 1) memahami konsep matematika secara kongkrit; 2) memberikan penalaran matematika yang jelas; serta menghargai kegunaan matematika dalam kehidupan sehari-hari sehingga menimbulkan rasa ingin tahu dan juga memotivasi untuk mempelajari matematika. Urgensi calon guru sekolah dasar ialah masih sangat susah menyederhanakan pembelajaran matematika dalam penanaman konsep dan juga mengaitkan dalam kehidupan sehari-hari. Hal ini disebabkan karena tidak terfokusnya proses pembelajaran matematika secara konsep tetapi dituntut untuk menjadi guru kelas yang serba bisa. Sehingga pemahaman akan konsep matematika secara baik pun akan setengah-setengah.
Kata Kunci : Urgensi Calon Guru SD, Pemecahan Masalah Matematis
Downloads
Additional Files
Published
Issue
Section
License
- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).