INTEGRASI ILMU DALAM KURIKULUM SEKOLAH ISLAM TERPADU DI ACEH (Studi Kasus SD IT Aceh Besar dan Bireuen)

Rafidhah Hanum

Abstract


Aceh telah melakukan reformasi pendidika Islam yang dikotomi dengan penerapan kurikulum integrase berbasil al-Qur’an dengan tidak lupa mengakomodasi kuriulum pendidikan Nasional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui model integrasi ilmu dalam kurikulum di SD IT Aceh Besar dan Adzkiya Bireuen, untuk mengetahu implementasi model integrasi ilmu dalam kurikulum di SD IT Aceh Besar dan Adzkiya Bireuen, dan untuk mengetahu kelebihan dan kelemahan integrasi ilmu dalam kurikulum di SD IT Aceh Besar dan Adzkiya Bireuen. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan telaah dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1). Model integrasi ilmu dalam kurikulum SD Islam Terpadu di Aceh Besar dan Bireuen adalah mengarah kepada model purifikasi-connected karena dilihat dari konsep kurikulum, konsep tujuan, konsep materi sampai pada konsep proses pembelajaran serta evaluasi yang dilaksanakan serta purifikasi (penyucian) yang berusaha menyelenggarakan pendidikan yang sesuai dengan nilai dan normal Islam secara kaffah dan commitment dalam menjaga dan memelihara ajaran Islam dalam segala aspek kehidupan. 2). Implementasi model integrasi ilmu dalam pembelajaran di SD Islam Terpadu di Aceh Besar dan Bireuen dimulai dengan tahap perencanaan: penyusunan silabus, RPP dan buku siswa. Tahap pelaksanaan dan Tahap evaluasi. 3). Kelebihan dan kekurangan model integrasi ilmu dalam kurikulum SD Islam Terpadu di Aceh Besar dan Bireuen adalah sebagai berikut: a. Kelebihannya adalah: (1) siswa lebih mendekatkan dan mendalami seluk-beluk pengetahuan al-Qur’an, (2) penanaman al-Qur’an sejak dini kepada siswa, (3) siswa lebih termotivasi dalam belajar, (4) menumbuh kembangkan kebanggaan siswa terhadap Islam dan al-Qur’an, (5) senantiasa mencintai al-Qur’an dan menambah keimanan dalam mentauhidkan Allah Semata. b. Kekurangannya adalah: (1) kesulitan guru dalam menyeleksi ayat al-Qur’an yang sesuai dengan materi, (2) keterbatasan kemampuan guru dalam menafsirkan ayat al-Qur’an atau Hadits, (3) keterbatasan waktu dalam persiapan materi berbasis al-Qur’an pada setiap harinya, (4) pembelajaran integrasi al-Qur’an (fahmul Qur’an) sulit dijalankan dengan maksimal oleh guru yang belum training.


Keywords


Integrasi Ilmu, Kurikulum, Sekolah Islam Terpadu

Full Text:

PDF

References


Abuddin Nata dkk, Integrasi Ilmu Agama dan Ilmu Umum, (Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2005)

Baharuddin dkk, Dikotomi Pendidikan Islam: Historisatas dan Implikasi pada Masyarakat Islam, (Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2011)

Haradi Nawawi, Metodologi Penelitian Sosial, (Yogyakarta: UGM-Press, 1987)

Hidayah Nur Wahid (pengantar), Pedoman Jaringan Sekolah Islam Terpadu, (Jakarta: JSIT Indonesia 2006)

Lexi. J. Moleong, Metode Penelitian Kualitatif, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2008)

M. Ariffin, Filsafat Pendidikan Islam, (Jakarta: Bumi Aksara, 1996)

Mattew B. Miles dan A. Michael Huberman, Analisis data Kuaitatif, (Jakarta: UI Pers, 1992)

Mujjiburrahman dkk, Pendidikan Berbasis Syari’at Islam, (Banda Aceh: Dinas Syariat Islam, 2011)

Nana Syaodah Sukmadinata, Metode Penelitian Pendidikan, (Bandung: PT Remaja Rosda Karya, 2005)

Rusdin Pohon, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Banda Aceh: Ar-Rijal Institute, 2007), hlm. 4 Pengarang, 1999)

S. wojowasito, Kamus Bahasa Indonesi dengan Ejaan yang di sempurnakan menurut Pedoman Lembaga Bahasa Nasional, Edisi Revisi, (Malang: C.V)

Saifullah Idris, Kurikulum dan Perubahan Sosial Analisis Sintesis atas pemikiran Ibn Khaldun dan Jonh Dewey, (Banda Aceh: Lembaga Naskah Aceh, 2013)

Suharismi Arikunto, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, (Jakarta: Bina Aksara 1985)

Suharismi Arikunto, Prosedur penulisan, Suatu Pendekatan Praktik, Cet. XIII, (Jakarta: Rinela Cipta, 2006)

Warul Walidin AK, Konstelasi Pemikiran Pedagogik Ibnu Khaldun Perspektif Pendidikan Modern, cet II (Edisi Revisi), (Banda Aceh: Taufiqiyyah sa’adah, 2005)




DOI: http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v8i1.4586

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 PIONIR: Jurnal Pendidikan



View My Stats

View My Stats


Indexed By:

 


PIONIR: Jurnal Pendidikan
P-ISSN 2339-2495
E-ISSN 2549-6611

Publised by Prodi PGMI FTK UIN Ar-Raniry Banda Aceh


This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

 

Flag Counter